Sunday, March 24, 2019

Apa yang harus dilakukan setelah lulus sekolah ? Sma / Smk ?

Anda yang kebetulan masuk kedalam postingan ini, tentunya anda memiliki masalah yang sama dengan para pembaca lain yang membaca artikel ini. Pada dasarnya, banyak orang yang merasa bingung ketika mereka baru lulus dari yang namanya sekolah. Apalagi jika latar belakang keluarga tidaklah terlalu menonjol dan orang tua tidak terlalu peduli dengan anaknya. Tentunya hal ini akan menjadi sesuatu yang berat.

Apa yang harus dilakukan setelah lulus sekolah ? Sma / Smk ?

Rencana setelah lulus sma / smk memang cukup menyulitkan bagi sebagian orang. Banyak orang, atau anggap saja para remaja ini yang merasa kesulitan didalam menentukan kelanjutan nasib hidupnya. Misalnya anda bingung didalam memilih untuk melanjutkan ke jenjang kuliah atau malah memilih untuk langsung bekerja. Dan parahnya banyak juga yang memilih pilihan yang ketiga, yakni adalah nganggur 😂.

Nah, pertanyaannya adalah. "Mau kemanakah anda setelah lulus sekolah ?", Sudahkah anda memiliki rencana dan langkah nyata untuk melanjutkan hidup anda ?, Untuk terjun ke dunia masyarakat luas ?. Tentunya hanya anda sendiri dan Tuhan lah yang mengetahui segala isi hati anda.



Nah, maka dari itu, langsung saja. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan sesaat setelah lulus sekolah sma / smk yang mungkin dapat menjadi referensi bagi anda.

# Rencana setelah lulus sekolah sma dan smk

1. Jadi pengacara

Pengacara yang dimaksud disini adalah "Pengangguran Banyak Acara". Yap, jadi setelah lulus sekolah, daripada bingung ngak jelas. Mendingan nganggur dulu untuk beberapa bulan atau maksimal selama satu tahun.

Tentunya menganggur disini bukan hanya diisi dengan kegiatan yang unfaedah saja ya. Namun, isilah waktu menganggur anda dengan cara lebih dalam lagi dalam mengenali diri anda sendiri. Dalam artian anda harus banyak merenung dan berpikir, apakah kiranya yang hati kecil anda inginkan ?. Apakah anda ingin bekerja ?, Kuliah ?, Atau malah ingin berbisnis sesuai hobi yang disukai ?. Intinya instropeksi dulu sajalah, pikirkan diri sendiri dan orang-orang disekitar anda. Misalnya seperti orang tua dan keluarga.

2. Kuliah

Bagi anda yang berasal dari kalangan keluarga menengah ke atas. Tentunya pilihan yang paling umum setelah lulus sekolah sma sederajat adalah dengan cara berkuliah. Ya, walaupun sebenarnya banyak para sarjana yang menganggur di luar sana. Akan tetapi, saya rasa jika tujuan atau niat anda untuk berkuliah sudah benar. Pastinya anda akan menjadi calon penerus generasi bangsa yang sangat dibutuhkan bagi negara ini. Dan bukan malah nanti menjadi seorang sarjana nganggur yang membesarkan gengsinya semata.

3. Bekerja

Jika anda memiliki jiwa yang kuat. Anda ingin langsung mencicipi hasil keringat anda sendiri. Tentunya, pilihan yang paling tepat adalah bekerja. Dengan bekerja maka anda akan mendapatkan sejumlah uang dari bayaran gaji yang ada. Nah, dari uang gaji inilah sedikit banyak keinginan anda di dunia ini dapat terpenuhi. Dan tentunya anda dan orang disekeliling anda dapat menjadi bahagia jika anda memang niat bekerja untuk mencari rejeki yang halal, baik dan berkah.


4. Berbisnis

Bagi anda yang tidak suka dengan yang namanya aturan yang ketat. Tidak suka dengan aturan yang mengikat. Anda berjiwa lepas dan bebas. Maka saya rasa berbisnis ini cukup cocok dengan anda. Yang penting, pikirkan saja berbagai ide bisnis yang ada. Kalau perlu musyawarah bareng teman dan keluarga, untuk menentukan bisnis apa yang kiranya dapat menghasilkan dan dapat berjalan lancar sampai beberapa tahun mendatang.

Dengan ini, maka saya rasa hidup anda juga akan menjadi lebih bahagia. Karena anda menjadi boss sendiri didalam usaha atau bisnis yang anda jalankan. Walaupun usaha kecil-kecilan sekalipun, yang penting hasil ada, waktu luang juga banyak. Tentunya, kebebasan semacam ini sangat baik bagi anda.

5. Menikah 😂

Nah, ini pilihan dari sekian banyak pilihan yang seringkali dipilih oleh banyak orang didesa, Khususnya bagi para anak gadis. Dan tentunya banyak orang tua yang menyetujui dengan pernikahan anaknya yang masih remaja ini.

Ya, jika dipikir-pikir, memang lebih baik menikah lah, daripada berpacaran dan ujung-ujungnya malah zina. Yang jelas, kedua belah pihak, yakni suami dan istri dan juga orang tua dan keluarga masing-masing harus sadar diri dengan keputusan yang diambilnya. Agar nantinya, tidak terjadi berbagai kekerasan didalam rumah tangga, perceraian dini, dan sebagainya. Karena kurangnya kedewasaan didalam berpikir / pemikiran, dan sebagainya.

Yap, begitulah beberapa rencana atau kegiatan yang sering dilakukan oleh para remaja yang baru lulus sekolah sma, smk dan sederajat baik di desa dan di kota. Cukup sekian dulu, semoga bermanfaat . . .

Apa yang harus dilakukan setelah lulus sekolah ? Sma / Smk ?
4/ 5
Oleh

Leave your comment