Saturday, March 23, 2019

Arti dan perbedaan antara pvp dan pve dalam game online, mmorpg, fps, dll

Didalam game online, khususnya pada game-game yang berbasis mmorpg dan segala jenis game online yang mengedepankan fitur multiplayer. Sebut saja seperti game fps online, game moba, game strategi semacam membangun kerajaan dan sebagainya. Pasti ada beberapa fitur didalam game tersebut yang masih berhubungan dengan yang namanya pvp dan juga pve.

Arti dan perbedaan antara pvp dan pve dalam game online, mmorpg, fps, dll

Nah, pada dasarnya kedua hal ini. Yakni pvp dan pve memiliki sebuah kesamaan, yakni sama-sama beradu atau bertarung di dalam sebuah arena pertarungan. Perbedaan antara pvp dan pve ini, hanya terletak pada pemeran yang ikut serta didalam battle yang ada di dalam game tersebut.

Nah, pada dasarnya berikut pengertian dari PVP dan PVE didalam game online :

1. Apa itu PvP ?

Pada dasarnya pvp ini merupakan singkatan dari Player Vs Player. Jadi mudahnya arti pvp didalam game adalah sebuah duel atau pertarungan, maupun pertandingan yang melibatkan orang asli didalamnya. Yakni melibatkan dua orang pemain game atau lebih.



Misalnya jika didalam game mmorpg, didalam arena pvp. Kita sebagai player akan berhadapan dengan pemain game lain, guna untuk menguji skill dan build status yang kita miliki. Sehingga didalam pertarungan pvp tersebut, kita dapat melihat pihak player mana yang lebih kuat.

Dan Pvp tidak mesti hanya diikuti oleh dua player yang saling serang begitu saja. Semisal guild war, war separty, dll. Saya rasa ini juga masih masuk kedalam kategori pvp.

2. Apa itu PvE ?

Kebalikan dari pvp yang melibatkan duel antar player. Maka pve, atau juga singkatan dari Player versus environment melibatkan selain pemain asli atau player didalam suatu duel atau pertandingan yang ada.

Jadi mudahnya didalam suatu battle pve didalam game online. Maka anda selaku pemain game atau player, akan dihadapkan dengan npc, ai atau bot yang akan berkompetisi atau beradu skill dengan anda.


Jadi begitulah adanya. Didalam pertandingan pve ini, lawan dari anda bukanlah pemain asli atau player lain. Melainkan sebuah sistem yang dibuat oleh para game dev dan programmer game yang ada. Atau bisa dibilang disaat bertarung anda sedang melawan npc / ai didalam game.

Nah, begitulah pengertian dan perbedaan antara pvp dan juga pve didalam game online. Pada dasarnya letak perbedaannya hanya ada pada player asli dan juga npc saja. Untuk kesulitan pertarungannya, semuanya kembali kepada build dan skill yang anda miliki. Dan untuk pertarungan pve sendiri, tentunya ada tingkat kesulitan khusus didalam menghadapinya. Misalnya seperti mode easy, normal, hard, nightmare dan sebagainya.

Cukup sekian dulu pembahasan mengenai arti atau pengertian dari pvp dan pve ini. Semoga bermanfaat . .. .

Artikel terkait

Arti dan perbedaan antara pvp dan pve dalam game online, mmorpg, fps, dll
4/ 5
Oleh

Leave your comment