Thursday, April 4, 2019

Arti ngabuburit saat puasa dalam bahasa sunda, indonesia dan bahasa gaul

Bulan puasa sudah semakin dekat, dan tentunya kegiatan semisal ngabuburit ini akan semakin sering dilakukan oleh orang-orang di indonesia. Nah, mungkin anda sering mendengar istilah ngabuburit ini disaat bulan puasa. Khususnya pada pembicaraan yang ada di media sosial, di acara televisi dan di berbagai media lainnya. Banyak kita temui orang-orang yang menggunakan istilah ngabuburit ini.

Arti ngabuburit saat puasa dalam bahasa sunda, indonesia dan bahasa gaul

Nah, sebenarnya apasih arti dari kata ngabuburit ini ?. Untuk selengkapnya simak saja di bawah ini.

# Arti ngabuburit dalam bahasa sunda

Didalam bahasa sunda, dari sumber yang saya baca di internet. Banyak yang mengatakan, asal dari kata ngabuburit ini berasal dari kata "burit". Yang artinya kurang lebih adalah senja, jelang petang, sore hari dan juga waktu menjelang maghrib.



Jadi bisa dibilang, kegiatan ngabuburit saat bulan puasa ini sama saja artinya dengan melakukan berbagai kegiatan menunggu berbuka. Misalnya seperti jalan-jalan dan sebagainya sampai menjelang waktu maghrib / berbuka.

Tapi, menurut saya sih. Jika ngabuburit hanya diisi dengan jalan-jalan sampai sore hari dan sejenisnya, Saya rasa hal ini cukup unfaedah. Karena di saat bulan ramadan tiba, Harusnya hari-hari disaat berpuasa lebih bagus jika diisi dengan berbagai jenis ibadah yang dapat menambah pahala. Dan bukannya malah diisi dengan kegiatan semisal jalan-jalan, main game, tiduran dan sejenisnya.

# Arti ngabuburit dalam bahasa indonesia dan jawa

Burit didalam bahasa indonesia, Dapat diartikan juga sebagai bagian belakang. Dan buritan dapat diartikan sebagai bagian belakang kapal. Nah, kata burit ini, saya rasa selain didalam bahasa indonesia. Di Dalam bahasa jawa juga ada istilah buritan yang biasanya menunjukkan sesuatu yang berhubungan dengan pekarangan belakang rumah. Atau di bagian kebun, sawah, bukit belakang rumah dan sebagainya.

Contoh penggunaannya misalnya seperti, "Andi kae mau menganan neng mburitan kono" 😁. Monggo di koreksi jika salah, karena bahasa jawa juga sangat luas. Karena beda provinsi, beda juga logat dan gaya bahasanya.


Nah, dari sini maka sudah jelas. Kata ngabuburit yang artinya melakukan kegiatan untuk menunggu waktu magrib tiba itu asalnya dari bahasa sunda gan. Jadi bisa dibilang arti ngabuburit dalam bahasa manapun, entah itu bahasa gaul dan sejenisnya. Asalkan masih berhubungan dengan bulan puasa. Pasti artinya yaitu saja. Yakni "Melakukan berbagai jenis kegiatan disela menunggu waktu berbuka tiba".

Yap, sekian dulu pembahasan mengenai ngabuburit ini. Jangan lupa untuk mampir lagi di blogbiasa.com ini. Semoga bermanfaat .. .

Arti ngabuburit saat puasa dalam bahasa sunda, indonesia dan bahasa gaul
4/ 5
Oleh

Leave your comment