Wednesday, April 3, 2019

Arti posesif, teman, pacar, pasangan, orang tua, cowok-cewek posesif

Kata posesif sangat erat sekali dengan hubungan antar manusia. Misalnya didalam masalah pertemanan, persahabatan, percintaan, dan lain sebagainya. Sebagai contoh, banyak kita temui berbagai tipe orang yang sering dibicarakan. Yakni misalnya seperti cowok posesif, cewek posesif, teman posesif dan sebagainya.

Arti posesif, teman, pacar, pasangan, orang tua, cowok-cewek posesif

Bahkan Di berbagai media, di internet, di berita, di media sosial banyak sekali para netizen dan orang-orang yang membicarakan tentang posesif ini. Dan tak jarang juga banyak para remaja dan orang-orang yang memposting status mengenai pasangannya yang terlalu posesif.

Nah, sebenarnya apasih posesif itu ?. Apakah posesif ini merupakan sifat dan sikap yang baik ?. Atau malah berlebihan dan berbahaya buat hubungan seseorang ?. Untuk jawaban selengkapnya simak saja penjelasannya di bawah ini.

# Arti kata posesif menurut KBBI

Didalam KBBI sendiri, didalam kamus besar bahasa indonesia. Kata posesif ini memiliki arti yang kurang lebih adalah "bersifat merasa menjadi pemilik", dan juga "Memiliki sifat cemburu".



Jadi bisa dibilang, jika ada cowok-cewek atau pasangan yang posesif. Berarti si dianya mudah merasa cemburu dengan kelakuan si pasangannya tersebut. Hal ini juga berlaku didalam hubungan pertemanan atau juga persahabatan. Dan saya rasa sebatas cemburu memang wajar dan wajib dilakukan. Hal ini untuk mencegah yang namanya perselingkuhan, hilangnya rasa cinta, dan sebagainya.

Namun, jika sudah masuk kedalam tahap lanjut, misalnya terlalu posesif / over posesif. Tentunya hal ini sangatlah berbahaya bagi hubungan. Karena jika pasangan terlalu posesif, tentunya segala gerak-gerik dan tingkah laku seseorang akan menjadi seperti dibatasi. Bahkan hanya sekedar menyapa teman lawan jenis, atau sekedar chat dengan teman di media sosial saja sudah dicurigai yang tidak-tidak 😂.

Akibat dari tingkah laku si pasangan yang over posesif tadi. Maka hubungan percintaan tentunya akan menjadi tidak nyaman. Dan cenderung akan mengarah ke perpecahan dan kecurigaan berlebihan yang sama sekali tidak mendasar.

# Arti kata posesif didalam bahasa inggris

Didalam bahasa inggris, kata posesif ini sebut saja sebagai "possessive". Didalam google translate dan didalam kamus bahasa inggris. Kata possessive ini sendiri memiliki arti, "demanding someone's total attention and love". Atau didalam bahasa indonesia dapat berarti sebagai "Menuntut perhatian dan cinta total dari seseorang".

Jadi dari pengertian yang tersebut diatas dapat disimpulkan, bahwa sifat dan sikap posesif ini adalah sebuah pola pikir yang pada dasarnya menyatakan bahwa si dia adalah milik saya. Kamu orang jangan macam-macam sama si dia, kalau tidak lo semua harus berurusan dengan aing 😂. Senggol dikit, baku hantam kita mank.


# Teman yang posesif

Didalam kasus pertemanan dan persahabatan. Dapat kita jumpai dimana ada seorang teman akrab anda yang merasa risih ketika anda memiliki teman baru yang kiranya dapat berpotensi menggantikan kehadiran dirinya sendiri. Sehingga mereka akan melakukan berbagai tindakan yang aneh, yang sekiranya menunjukkan rasa cemburu. Rasa takut akan kehilangan teman atau sahabat seperti anda.

Biasanya mereka menunjukkan sikap seperti berhati-hati atau curiga terhadap orang baru yang mendekati anda. Merasa risih atau kesal jika ada teman baru yang belum dikenal dan mencoba dekat dengan anda. Pokoknya mereka takut tergantikan posisinya sebagai teman baik anda, sebagai sahabat anda, atau juga sebagai satu-satunya teman akrab anda.

# Orang tua yang posesif

Orang tua yang posesif cenderung menunjukkan berbagai gejala seperti orang tua yang overprotective dan otoriter. Mereka orang tua yang seperti ini selalu khawatir berlebihan dengan anda, selalu curiga dengan teman dan lingkungan pergaulan anda.

Pokoknya mereka merasa takut jika anda terjerumus kedalam lingkungan yang salah, namun tidak seperti orang tua yang lainnya. Mereka lebih nampak terlalu over didalam menilai dan mendidik anda. Sehingga nantinya gerak-gerik anda akan dibatasi semaksimal mungkin. Pokoknya apa-apa kata orang tua dah, segala opini yang anda buat akan ditolak mentah-mentah. Walaupun sebenarnya anda benar sekalipun, tapi tetap saja orang tua akan bersikap seperti penguasa dan memiliki anda sepenuhnya. Dan tentunya orang tua juga merasa tidak percaya pada anda dan teman-teman anda.

Ya, begitulah pengertian atau arti dari kata posesif. Termasuk didalamnya mengenai pasangan yang posesif, teman posesif dan juga orang tua yang posesif. Pada dasarnya posesif dalam hubungan ini dapat berarti sebuah perasaan ingin memiliki secara berlebihan. Sehingga bukannya rasa sayang dan cinta saja yang hadir, malah ditambah rasa cemburu, curiga dan kelakuan mendominasi yang terlalu berlebihan. Cukup sekian dulu ya gan, semoga bermanfaat . .

Artikel terkait

Arti posesif, teman, pacar, pasangan, orang tua, cowok-cewek posesif
4/ 5
Oleh

Leave your comment