Monday, May 6, 2019

4 Tips & cara agar nasi bungkus / kotak tidak cepat basi

Puasa-puasa ngomongin makanan, asli gg adminnya ya. Yak, karena saya lagi kepikiran dengan nasi bungkus. Maka dari itu, saya putuskan saja untuk membuat artikel mengenai nasi bungkus, nasi kotak dan sebangsanya 😋.

4 Tips & cara agar nasi bungkus / kotak tidak cepat basi

Ya, pada dasarnya apabila anda tidak pandai dalam hal bungkus-membungkus. Dalam hal ini khususnya mengenai nasi bungkus dan juga nasi kotak. Tentu hal ini akan menjadi sebuah masalah yang besar. Karena jika anda teledor dan salah dalam menata nasi dan lauk yang ada. Apalagi jika anda membeli nasi bungkus / kotak sembari menunggu waktu berbuka tiba. Tentu hal ini akan sangat menjengkelkan jika nasi yang akan anda makan menjadi basi dan tidak bisa dimakan lagi.

Maka dari itu, berikut ini saya jabarkan beberapa tips singkat untuk memperpanjang usia nasi bungkus / nasi kotak. Sehingga nantinya tidak cepat menjadi basi, alias jadi awet gan.



# Cara membungkus nasi agar tidak cepat basi

1. Pisahkan antara nasi dan lauk

Yap, cara yang ampuh untuk mencegah basinya nasi bungkus dan juga nasi kotak adalah dengan cara memisahkan antara nasi dengan lauk pauk yang ada. Karena jika nasi dan lauk pauk, serta sayuran dicampur sedemikian rupa. Dan nasi bungkus atau nasi kotak tersebut dibiarkan dalam waktu yang cukup lama. Katakan sajalah satu sampai tiga jam, dan dalam kondisi tertutup. Maka hal ini akan mempercepat proses kadaluarsanya nasi tersebut.

Hal ini terjadi karena uap air dari nasi dan lauk yang panas tidak dapat keluar. Sehingga embun yang dihasilkan dari uap air akan menetes kembali ke nasi. Dan dari lembabnya suhu udara yang ada. Sehingga akan memancing pertumbuhan bakteri yang ada. Dan dari sini, maka proses pembusukan akan terjadi dengan cepat. Dan nasipun nantinya akan menjadi cepat basi.

2. Dinginkan nasi

Cara yang lain untuk menjaga keawetan dari nasi bungkus dan nasi kotak agar tidak cepat basi. Adalah dengan cara mendinginkan terlebih dahulu nasi yang akan dibungkus tersebut. Jika anda tidak mau makan nasi yang dingin, dan anda ngotot untuk menunggu waktu berbuka sambil membawa nasi kotak / bungkus 😂. Maka sebaiknya, anda memberikan sedikit ruang, memberikan udara, atau memperlancar sirkulasi udara pada nasi dan lauk yan ada. Agar nantinya nasi tersebut dapat bertahan lebih lama, alias tidak cepat basi lagi.

3. Jangan menutup kotak / bungkusan dalam kondisi nasi dan lauk yang panas dalam waktu yang lama

Seperti apa yang tersebut diatas. Jika makanan apapun itu juga, terutama nasi dan lauk pauk dibiarkan dalam tempat tertutup dalam kondisi yang panas. Semisal nasi kotak, nasi bungkus atau juga nasi dalam rice cooker. Maka hal ini tentu akan mempercepat proses basinya nasi tersebut. Maka dari itu, jika anda membuka usaha nasi kotak, usahakan untuk membuat jalur sirkulasi udara yang lancar pada kotak nasi tersebut. Misalnya dengan cara melubangi box atau kotak nasi yang ada.

Dan untuk nasi bungkus, cukup pisahkan saja antara nasi dan lauk pauknya. Dengan ini maka nasi bungkus akan menjadi sedikit lebih awet, daripada nasi bungkus yang dicampur aduk dengan lauknya sekaligus.


4. Cepat-cepat makan nasi dan lauknya

Seperti yang sudah tersebut diatas. Jika anda ingin nasi bungkus dan nasi kotaknya tidak basi. Saran saya sih, jika anda baru membeli nasi bungkus dan juga nasi kotak, misalnya habis beli nasi di warung, warteg, resto dan sebagainya. Maka langsung cepat-cepat saja untuk dimakan saat itu juga.

Dengan ini, maka resiko nasi yang basi. Semisal nasi uduk, sego pecel, nasi padang, dan segala jenis menu yang ada tidak akan menjadi basi. Hal ini terjadi, karena nasi dan lauk pauk tersebut sudah menghilang kedalam perut anda sendiri 😂.

Cukup sekian dulu gan, saya sudah tidak kuat untuk menulis lagi. Karena saya jadi ikut terbayang pesona nasi bungkus dan juga nasi kotak 🤤. Btw, Selamat menjalankan ibadah puasa bagi para pembaca semuanya, Semoga bermanfaat....

4 Tips & cara agar nasi bungkus / kotak tidak cepat basi
4/ 5
Oleh

Leave your comment