Tuesday, May 7, 2019

8 Cara agar nasi di rice cooker tidak cepat basi, bau dan kering

Untuk menyimpan nasi agar tidak cepat basi sebenarnya cukuplah mudah. Nah, pada kasus ini yakni tentunya nasi didalam rice cooker. Terkadang ada saja kasus dimana nasi yang didiamkan didalam rice cooker cepat sekali menjadi basi. Walaupun nasi itu sudah dihangatkan sekalipun, eh entah mengapa ya begitu jadinya, yakni cepat menjadi basi.

8 Cara agar nasi di rice cooker tidak cepat basi, bau dan kering

Hal ini tentu tidak terjadi begitu saja. Pastilah ada berbagai penyebab yang dapat menyebabkan nasi menjadi cepat basi. Diantaranya misalnya, berikut berbagai penyebab yang seringkali membuat nasi di rice cooker cepat menjadi basi.

# Penyebab nasi di rice cooker menjadi cepat basi

1. Panci rice cooker yang kotor.
2. Sendok / centong nasi yang tidak bersih.
3. Nasi terpapar berbagai jenis zat asing (misalnya ketumpahan kuah masakan).
4. Sirkulasi udara dalam rice cooker tersumbat / tidak lancar.
5. Mati listrik.
6. Dan lain sebagainya.



Nah, begitulah beberapa penyebab yang biasanya menyebabkan nasi di rice cooker dan variannya semisal magic jar atau magic com menjadi cepat basi. Untuk mengatasi agar nasi di rice cooker agar tidak cepat menjadi basi. Sebaiknya anda melakukan beberapa tips dan trik di bawah ini.

# Cara agar nasi tidak cepat basi, bau dan kering di rice cooker

1. Dinginkan dan pindahkan nasi

Cara yang pertama adalah dengan cara memindahkan nasi dari panci yang ada di rice cooker. Cari wadah khusus buat menaruh nasi, dan letakkan nasi di wadah tersebut. Nah, dengan ini maka nasi akan bertahan lebih lama. Nasi yang dingin ini akan bertahan lebih lama dibandingkan dengan nasi yang terus-terusan dihangatkan di dalam rice cooker yang ada penghangatnya (magic jar).

Yang jelas, untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan percepatan basinya nasi. Anda harus memperhatikan kebersihan wadah nasi dan juga sendok atau centong untuk mengambil nasi.

2. Pastikan sirkulasi udara dalam rice cooker berjalan dengan baik

Jika rice cooker ridak rajin dibersihkan. Biasanya jalur uap air yang ada didalam rice cooker akan terhambat oleh gumpalan-gumpalan lendir yang asalnya dari uap air proses pemasakan nasi ini. Dan jika dibiarkan begitu saja, maka hal ini akan memancing pertumbuhan bakteri. Dan otomatis nasi yang ada di rice cooker nantinya akan menjadi cepat basi. Maka dari itu, menjaga kebersihan rice cooker juga sangat penting demi menjaga keawetan atau ketahanan nasi yang anda masak.

3. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan rice cooker

Panci rice cooker juga harus rajin anda cek kebersihannya. Jangan anda biarkan ada kerak nasi yang masih menempel pada panci rice cooker. Karena hal ini dapat membuat kualitas pemasakan nasi menjadi buruk. Dan dapat memicu tumbuhnya bakteri yang dapat membuat nasi menjadi cepat basi.

4. Jaga kebersihan sendok nasi

Kebersihan sendok nasi atau juga centong nasi juga berpengaruh kepada ketahanan nasi tersebut. Jika sendok yang anda pakai untuk mengambil nasi sudah terkontaminasi dengan banyak bakteri. Sebut saja misalnya jika sendoknya kotor dan tidak terawat. Maka hal ini tentu akan mempengaruhi percepatan kadaluarsanya, atau pembusukan nasi yang ada di rice cooker. Dalam artian nanti nasi akan menjadi cepat basi.


5. Aduk-aduk nasi yang sudah matang

Untuk menjaga sirkulasi udara yang ada didalam nasi. Pastikan anda sudah pas didalam menakar kadar air dan juga jumlah beras yang dipakai. Agar nantinya, nasi yang sudah matang tidak menjadi terlalu kering atau juga menjadi terlalu lengket dan lembek.

Jika nasi sudah matang dan pas sesuai selera. Jangan lupa aduk-aduk nasi agar nantinya nasi tidak menjadi menggumpal dan sirkulasi udara dapat berjalan dengan lancar. Dengan ini, maka resiko basi pada nasi dapat diturunkan. Sehingga nanti nasi akan menjadi lebih awet dan tidak mudah menjadi basi.

6. Hati-hati agar jangan sampai nasi tertumpah benda asing

Jika nasi tertumpah dengan benda asing, semisal ketumpahan sambal, kuah masakan dan sebagainya. Maka hal ini juga dapat membuat nasi menjadi cepat basi. Jadi anda harus bisa mengendalikan diri anda sendiri. Jangan sampai karena tergesa-gesa mengambil nasi, eh malah kuah masakan sampai tumpah kedalam nasi. Tentu hal ini akan sangat merugikan bagi anda sendiri.

7. Perhatikan indikator penghangat nasi dan penutup rice cooker

Jangan sampai anda lupa menutup tutup rice cooker jika penghangat di rice cooker masih hidup. Karena hal ini dapat menyebabkan nasi menjadi cepat kering. Jika anda lalai dalam menutup rice cooker dalam kondisi penghangat nasi yang masih hidup. Maka jangan heran nantinya jika nasi yang ada akan menjadi kering kerontang, kaku dan mengeras.

8. Perhatikan jaringan listrik di rumah anda

Jika listrik tiba-tiba mati, dan rice cooker masih dalam kondisi tertutup. Apalagi jika nasi sudah matang dan penghangat nasi masih hidup. Maka hal ini dapat menyebabkan uap air menetes kembali kedalam nasi. Akibatnya tentu nasi akan menjadi lembab dan akhirnya nasi menjadi cepat basi.

Untuk mengatasi masalah ini, jika listrik di rumah anda sedang mati atau ada gangguan. Sebaiknya cepat buka penutup rice cooker, agar uap air dan sirkulasi udara yang ada dalam nasi dapat berjalan dengan baik. Sehingga nantinya nasi tidak menjadi cepat basi.

Yap, begitulah ke-8 cara agar nantinya nasi yang ada didalam rice cooker tidak menjadi bau, cepat basi dan menjadi kering. Cukup sekian dulu, semoga bermanfaat . . .

# Baca juga :

4 Tips & cara agar nasi bungkus / kotak tidak cepat basi

8 Cara agar nasi di rice cooker tidak cepat basi, bau dan kering
4/ 5
Oleh

Leave your comment