Tuesday, May 21, 2019

8 bahaya / Efek main game di hp terlalu lama

Bermain game di hp / smartphone apapun jenisnya, baik itu game offline maupun game online. Pastinya jika dilakukan secara berlebihan, atau tiap hari, tiap jam selalu bermain game. Sehingga nantinya akan banyak waktu yang terbuang hanya gara-gara bermain game. Tentu hal ini akan menimbulkan dampak negatif atau dampak buruk bagi siapa saja yang memainkan game tersebut.

8 bahaya / Efek main game di hp terlalu lama

Akibat dari bermain game di hp terlalu lama, dapat dirasakan oleh siapa saja. Tidak peduli itu jika dia adalah anak-anak, remaja, pemuda, pria-wanita, tua-muda, segala usia. Pastinya jika sudah berlebihan didalam memainkan game, apalagi sampai kecanduan main game. Tentu hal ini akan sangat berbahaya, bagi siapapun juga.

# Efek main game di hp terlalu lama

1. Banyak waktu yang terbuang sia-sia

Sudah jelas adanya, jika dalam kurun waktu sehari anda terus-terusan saja diam didepan layar hp. Sebut saja misalnya 16 jam main game di hp terus-terusan. Maka hal ini tentu akan berdampak buruk pada anda. Karena akan ada banyak waktu yang terbuang sia-sia, dan banyak kesempatan emas di luar sana yang anda lewatkan begitu saja.

Misalnya seperti kesempatan untuk bekerja, belajar dan juga beribadah. Jika setiap hari anda cuma main game saja. Tak heran, jangan sampai menyesal jika nantinya pekerjaan anda akan menjadi berantakan. Nilai ulangan dan ujian sekolah akan menjadi hancur-hancuran. Dan ibadah pun akan dengan mudahnya ditinggalkan. Tentu hal ini sangat berbahaya bagi siapa saja.



2. Menghabiskan uang

Berbagai jenis game baik itu game offline dan online. Ada beberapa diantaranya yang mengharuskan para pemainnya untuk membayarkan sejumlah uang, untuk dapat mengakses penuh segala fitur yang ada didalam game tersebut. Sebut saja mudahnya adalah game berbayar dan juga game online yang bersistem pay to win. Kesemuanya tentu akan dengan mudahnya menguras kantong anda.

Belum lagi bagi para gamer pc yang sering nongkrong di warnet game dan sejenisnya. Tentu biaya sehari-hari untuk ngewarnet tidak sedikit jumlahnya. Dan dari sinilah, akan ada banyak uang yang dihamburkan demi untuk mencapai kepuasan didalam bermain game.

3. Menganggu kesehatan fisik

Bermain game di hp, baik itu dengan cara duduk, berdiri, berbaring atau sambil tiduran. Kesemuanya jika dilakukan secara berlebihan. Hal ini tentu akan menganggu kesehatan fisik seseorang. Sebut saja yang mudah misalnya seperti rusaknya penglihatan, mata minus, nyeri sendi, berubahnya bentuk tulang belakang (bungkuk, dll). Dan masih banyak masalah lain yang ditimbulkan.

4. Menganggu kesehatan psikis / mental

Orang yang sudah kecanduan bermain game juga cenderung menunjukkan berbagai perilaku yang menyimpang. Sebut saja misalnya mereka akan mudah emosi, mudah marah, agresif, gelisah, dan cemas jika mereka tidak main game saja dalam kurun waktu beberapa jam. Atau juga misalnya disaat mereka diganggu saat main game, tentu akan ada banyak nama binatang dan berbagai jenis nama sampah yang mereka ucapkan.

5. Merasa panas, pusing dan mual

Karena lelahnya mata, karena pengaruh radiasi panasnya suhu hp / smartphone yang digunakan, Baik itu hp android, dan sebagainya. Hal ini dapat membuat seseorang menjadi merasa lelah, pusing dan mual. Jika hal ini terus berlanjut, tentu hal ini dapat meresahkan bagi diri anda sendiri.

Karena nantinya anda akan merasa kepanasan, pusing, mual dan sering pergi ke wc untuk buang air kecil. Dan tentunya nanti mata anda juga akan terasa panas dan tidak enak untuk melihat sesuatu.

6. Stres dan depresi

Bermain game sewajarnya memang dapat digunakan untuk mengusir rasa bosan, gabut, sedih dan sebagainya. Anggap saja game ini dapat menjadi sebuah sarana hiburan alternatif yang cukup menjanjikan.

Namun, jika anda malah terlena didalam kegiatan yang namanya main game. Anda malah kecanduan bermain game, dan menghabiskan banyak waktu untuk main game. Tentu hal ini bukannya bermanfaat dan bagus untuk menghibur diri anda. Yang ada malah nantinya kepala menjadi terasa pusing, pikiran menjadi kacau, stres, dan depresi.


7. Menjadi pribadi yang Asosial

Salah satu efek buruk dari kebanyakan main game hp yang cukup menakutkan adalah ini. Anda atau siapa saja yang sudah keasikan main game. Sudah asik sendiri, terlalu lama sendiri, terlena dengan yang namanya game. Lambat laun, tanpa anda sadari, anda akan mulai menjauh dari yang namanya kehidupan bermasyarakat.

Dan nantinya anda akan menjadi pribadi yang tertutup, suka mengurung diri dikamar, jarang bergaul dan bahkan tidak mau bergaul sama sekali. Alhasil jadilah anda menjadi pribadi yang asosial, bahkan mungkin nanti malah berevolusi jadi pribadi yang anti sosial ?. Sungguh sangat menyeramkan sekali bung.

8. Jones, pengangguran, sadboy, sadgirl

Ya, jika anda menjadi pribadi yang asosial. Pribadi yang tertutup, jarang bergaul dan suka asik sendiri dengan hp. Maka tidak heran nantinya anda akan kesulitan didalam berkomunikasi dan bermasyarakat. Akibatnya tentu hal ini akan berdampak buruk bagi diri anda sendiri dan orang yang ada di sekeliling anda.

Nantinya bisa jadi anda menjadi seorang jomblo permanen, pengangguran, sulit mencari kerjaan, dan akhirnya jadilah anda menjadi orang yang suka bersedih dan galau.

Hal ini tentu tidak berlaku bagi semua orang ya. Karena banyak juga yang karena game, orang-orang mendapatkan pasangan hidup. Misalnya karena suka mabar / main bareng di dalam game, maupun kopdar bertemu sesama gamer di dunia nyata.

Yap, cukup sekian dulu. Begitulah ke-8 efek buruk, dampak buruk, dampak negatif dari terlalu lamanya didalam memainkan game. Baik itu game offline dan game online, yang terutama tentu adalah game yang ada di hp / smartphone. Semoga bermanfaat . . .

# Baca juga :

Gejala, ciri, penyebab, dampak, akibat, dan cara mengatasi kecanduan bermain game online / offline (pc, mobile, android, konsol, ps, etc)
Arti f2w dan p2w dalam dunia game online
8 Suka duka bermain game mmorpg / game online
Cara berhenti bermain game & melupakan game online dengan mudah

Artikel terkait

8 bahaya / Efek main game di hp terlalu lama
4/ 5
Oleh

Leave your comment