Thursday, May 23, 2019

Arti, ciri, penyebab mager dan cara mengatasinya

Mager apakah ini ?, Apakah arti dari kata mager ini sama saja dengan memagari suatu tempat ?. Misalnya membuat pagar di halaman rumah dan sejenisnya ?. Hal ini memang benar adanya, mager didalam bahasa jawa, semisal mageri, dapat berarti juga membuat pagar perlindungan. Entah itu pagar dalam hal nyata semisal pagar kayu, besi, beton dan sebagainya. Atau mungkin juga pagar khayalan semisal pagar ghaib2an dan sejenisnya.

Arti, ciri, penyebab mager dan cara mengatasinya

Nah, kali ini kata mager yang dimaksud bukan arti dari kata mager yang seperti tersebut diatas. Yang saya maksud disini merupakan Arti kata mager didalam bahasa gaul.

# Apa itu mager ?

Singkatnya, kata mager ini merupakan kependekan kata, atau singkatan dari kata "Males gerak". Jika diartikan dalam bahasa yang mudah dimengerti, anggap saja mager ini sama saja males mau ngapa-ngapain, alias ngak mood, bete, dan sejenisnya.

Mager dapat melanda siapa saja dan kapanpun juga. Mager tidak terbatas pada aktivitas semisal duduk nyantai, nyender dan tiduran semata. Namun, segala jenis aktivitas harian atau rutinitas yang ogah-ogahan untuk dilakukan. Semisal didalam bekerja, belajar, bermain, dan sejenisnya, hal ini juga dapat disebut sebagai mager juga.



# Penyebab munculnya rasa mager

Banyak sekali hal yang dapat menyebabkan perasaan mager ini. Mulai dari hal yang berhubungan didalam diri, sampai pengaruh luar semisal lingkungan juga dapat membuat seseorang menjadi merasa mager. Nah, setidaknya ini dia hal yang sering membuat orang menjadi mager.

1. Pms

Biasanya, para wanita atau kaum hawa yang sedang atau sudah mengalami m. Mood mereka akan sering menjadi kacau. Tidak hanya emosi saja yang mudah meledak tanpa sebab. Perasaan malas alias mager ini juga seringkali melanda para wanita yang sedang mengalami fase pms ini.

2. Bosan

Rasa bosan juga dapat memicu munculnya rasa mager ini. Jika anda merasa bosan dan bingung dengan apa yang harus dikerjakan. Pastinya ujung-ujungnya anda akan merasa lelah, dan ujung-ujungnya ya tiduran, Mager ngak karuan.

3. Kelelahan

Kelelahan, baik itu karena rutinitas harian. Semisal karena kelelahan bekerja, menuntut ilmu dan sejenisnya. Atau mungkin juga karena mata lelah seharian nongkrong didepan layar hp, gadget, laptop dan sebangsanya. Hal ini juga dapat membuat seseorang untuk malas untuk melakukan apapun. Ya, dilogika sajalah, jika anda kelelahan, enaknya ya pasti setidaknya duduk sambil minum teh, ngopi atau tiduran.

4. Sedang sakit

Sakit semisal anemia, yang dapat menyebabkan orang menjadi merasa cepat lelah dan lemas. Hal ini juga dapat membuat orang menjadi merasa mager.

5. Badmood

Badmood yang tiba-tiba muncul juga dapat menyebabkan seseorang menjadi malas untuk melakukan sesuatu. Misalnya ketika anda sedang ingin berangkat ke event tertentu, eh disaat itu juga anda kepikiran sesuatu yang memperburuk mood anda. Tentunya hal ini juga dapat menyebabkan anda menjadi merasa malas untuk ngevent dan melakukan hal yang lainnya.

6. Banyak pikiran

Seperti yang sudah tersebut diatas. Banyak pikiran, kebingungan dan sebagainya juga dapat membuat seseorang menjadi mager. Bayangkan saja, jika anda mengerjakan soal mtk yang sangat sulit untuk dikerjakan. Jika anda tidak tahu apa lagi yang harus diperbuat, ujung-ujungnya pasti anda menyerah dan mager juga.


7. Kebiasaan menunda-nunda pekerjaan

Menunda-nunda pekerjaan juga dapat membuat orang menjadi mager. Semakin anda lama didalam menunda sesuatu yang akan anda kerjakan. Maka semakin malas pula anda ingin melakukan kerjaan yang sudah anda rencanakan. Jadi bergegaslah didalam melakukan sesuatu, kalau bisa sekarang dilakukan, ya kerjakan saja. Jangan ditunda-tunda terus-terusan.

8. Kehidupan yang monoton

Rutinitas hidup yang begitu-begitu saja juga dapat membuat seseorang menjadi cepat merasa bosan. Dan dari rasa jenuh, bete, dan bosan inilah maka perasaan mager akan mulai bermunculan.

9. Orang yang pemalas

Jikalau ada seseorang yang emang dasarnya pemalas. Pastinya setiap saat yang ada didalam pikiran atau benaknya pastilah berbagai cara untuk bermalas-malasan. Misalnya seperti tidur, ngayal, bengong, dan sejenisnya. Jadi jika hal ini benar adanya, pantas saja jika orang tersebut sering merasa mager.

# Ciri-ciri orang yang mager

Untuk ciri-ciri dari orang yang mager sendiri cukup mudah untuk dikenali. Diantaranya misalnya seperti :

1. Rasa malas
2. Tidak ada motivasi untuk melakukan kegiatan apapun
3. Bawaannya pengen tidur, berbaring dan males-malesan
4. Ogah-ogahan
5. Dan sebagainya

Ya, begitulah arti atau definisi dari mager, beserta penyebab dan ciri-ciri dari orang yang mager. Untuk berbagai tips dan cara untuk mengatasi dan menghilangkan kebiasaan mager ini. Anda dapat membacanya pada link artikel dibawah ini. Cukup sekian dulu, semoga bermanfaat . .

# Baca juga :

8 Cara mengatasi & menghilangkan mager (malas gerak) yang paling ampuh

Artikel terkait

Arti, ciri, penyebab mager dan cara mengatasinya
4/ 5
Oleh

Leave your comment