Thursday, May 9, 2019

Apa itu meta / metagame ? Arti meta dalam game mmo, moba, mobile legend, aov, dll

Meta satu kata berjuta makna, beda bidang beda juga artinya. Misalnya seperti metadata, berarti merupakan sebuah informasi dasar yang terdapat dalam sebuah benda atau program komputer. Yang memberitahukan berbagai jenis informasi data mengenai benda atau program yang ada. Begitu juga ada yang namanya tag meta dalam html, yang bertujuan untuk memberikan informasi khusus pada suatu halaman situs. Misalnya seperti meta description, yang berisi mengenai intisari atau garis besar info yang ada pada suatu situs atau halaman situs.

Apa itu meta / metagame ? Arti meta dalam game mmo, moba, mobile legend, aov, dll

Nah, didalam dunia game ada juga yang namanya istilah meta. Terutama dalam game online yang bernuansa rpg dan juga strategi. Semisal seperti game mmorpg dan juga game MOBA. Langsung saja berikut penjelasannya . . .

# Kepanjangan kata META dalam game

Didalam game atau game online, kata meta merupakan kependekan kata atau singkatan dari "Most Effective Tactic Available". Atau jika diterjemahkan kedalam bahasa indonesia, dapat berarti sebagai "Taktik paling efektif yang tersedia".



# Arti meta dalam game mmorpg, moba, dll

Didalam game online, semisal seperti game mmo. Meta sering digunakan dalam sebuah event semisal pvp yang melibatkan satu party antar player, taktik untuk meraid bos yang paling efektif, taktik untuk menyelesaikan dungeon yang efektif dan sebagainya. Misalnya parti yang efektif terdiri atau beranggotakan seorang tanker / paladin, dps semisal warrior, berseker, atau juga assassin, seorang healer / priest, finisher atau damage dealer semisal mage, dan tukang debuff atau support semisal seperti thief, dancer, enchanter, dan sebagainya.

Sedangkan didalam game moba dan sejenisnya. Meta seringkali ditujukan kepada karakter atau hero yang paling bisa diandalkan pada update atau patch terbaru yang ada didalam game. Misalnya seperti berbagai hero yang mendapatkan buff pada updetan atau patch terbaru. Maka hero tersebutlah yang dapat diartikan sebagai hero meta pada versi patch yang terbaru. Sedangkan pada patch yang terdahulu, jika ada hero meta yang di nerf pada updetan terbaru. Maka hero tersebut otomatis sudah keluar dari yang namanya metagame.


Misalnya didalam game mobile legend, aov, dan sejenisnya. Di setiap season yang ada, atau setiap beberapa bulan sekali. Pasti ada saja updetan terbaru yang ada didalam game. Misalnya adanya hero baru, balancing hero dan sejenisnya. Dan dari sinilah hero meta akan bermunculan.

Begitu juga berbagai jenis hero yang sering di pick oleh para player pro yang sudah sering ikut turnamen. Bisa dikatakan, jika hero tersebut dapat diandalkan, dan banyak dipakai oleh banyak orang. Hero tersebut juga dapat disebut sebagai hero meta.

Misalnya saja jika hero Arthur di aov, dan hero Alucard di mobile legend di buff dalam patch terbaru. Dan hero tersebut sangat berguna dan bermanfaat dalam tim. Maka otomatis kedua hero tersebut sudah masuk kedalam hero meta saat ini.

Ya, begitulah sedikit penjelasan mengenai singkatan dan arti dari kata meta dalam game. Cukup sekian dulu, semoga bermanfaat...

# Baca juga :

Apa itu arti buff, debuff dan nerf di dalam game online (mmorpg, moba) - mobile legends, aov, dota, dll
Arti skill AOE, CC, Burst damage, Dps, damage dealer pada game online, rpg, moba, aov, mobile legends, dll
Arti f2w dan p2w dalam dunia game online
Pengertian game rpg, jrpg, mmorpg, vrmmorpg, dmmorpg, arpg dan trpg

Apa itu meta / metagame ? Arti meta dalam game mmo, moba, mobile legend, aov, dll
4/ 5
Oleh

Leave your comment