Wednesday, May 15, 2019

9 Cara agar tidak haus dan lapar saat puasa

Yang namanya puasa, pastilah wajar jika seseorang akan mengalami yang namanya rasa haus dan lapar. Apalagi bagi anda yang bekerja seharian di luar atau bekerja dilapangan. Tentu puasa ini akan menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi anda. Akan tetapi, untuk kuat puasa seharian agar tidak terasa itu yang namanya haus dan lapar. Tentunya harus ditempuh dengan berbagai jenis cara yang efektif. Cara tersebut tentu masih dalam batas yang wajar, dalam artian tidak berlebih-lebihan sampai membatalkan puasa. Semisal kumur-kumur saat wudhu sambil nelan air keran 😂.

9 Cara agar tidak haus dan lapar saat puasa

Nah, langsung saja. Berikut beberapa tips dan cara agar kuat puasa seharian.

# Cara agar tidak haus dan lapar saat puasa

1. Niat

Yang namanya puasa pastilah harus diawali dengan niat gan. Tanpa niat, maka puasa anda tentu tidak akan sah dan menjadi sia-sia semata. Selain niat untuk berpuasa, semisal puasa di bulan ramadan. Tentunya anda haruslah memiliki iman yang kuat.

Karena jika iman anda sangatlah tipis, setipis lembaran tisu kertas. Tentu nantinya puasa ini akan menjadi sesuatu hal yang berat. Berbeda halnya jika iman anda sangatlah kuat. Puasa ini malah menjadi sebuah kenikmatan, puasa menjadikan seseorang menjadi lebih bahagia. Karena mereka dapat lebih mendekatkan diri kepada Tuhannya. Dan tentunya, rasa haus dan lapar ini nantinya tidak akan begitu terasa.



Lagipula hakikat dari puasa tidaklah hanya menahan haus dan lapar semata. Karena jika kita hanya menahan lapar dan haus saja, dan jika kita tidak menjaga pola pikir, sikap, tutur kata dan perilaku. Tentulah puasa kita sama sekali tidak ada nilainya. Cuma dapat haus dan lapar doang, sedangkan pahalanya bisa jadi zonk bin ludes.

2. Bersyukur

Dengan mensyukuri apa yang ada. Dengan melihat kebawah, dengan mensyukuri nikmat yang Allah berikan kepada kita. Misalnya dihari-hari sebelum puasa, kita dapat makan dan minum dengan lancar. Diberikan kesehatan, tempat bernaung yang aman, keluarga yang bahagia dan sebagainya. Tentunya puasa nanti tidak akan menjadi beban. Dan malah menjadi sesuatu yang membahagiakan.

3. Makan sahur

Salah satu kebaikan didalam sahur tentunya dihari-hari saat berpuasa. Anda akan terhindar dari yang namanya rasa lapar dan dahaga yang amat sangat. Dalam artian, dengan makan sahur, nantinya tenaga anda akan lebih banyak terisi dibandingkan jika anda tidak makan sahur saat berpuasa.

Jadi, saran saya sih jika anda tidak ingin merasa haus dan lapar saat berpuasa. Ya jangan lupa, untuk terus makan sahur saat sebelum berpuasa di siang harinya.

4. Makan sahur yang seimbang

Menu makan sahur juga berpengaruh didalam keberlangsungan puasa anda di siang harinya. Jika anda sahur asal-asalan saja, misalnya hanya minum seteguk air saja. Maka tentu hal ini akan sangat berbeda halnya dengan orang yang sahur dengan makanan yang seimbang. Semisal ada nasinya ada lauk pauknya, ada sayur nya, dan diiringi dengan minum air putih secukupnya. Apalagi jika makanan sahur anda memiliki serat yang cukup. Tentu hal ini akan lebih mengenyangkan, dan lebih lama didalam menahan rasa lapar di siang harinya.

5. Tidak terfokus pada rasa haus dan lapar

Jika anda sedang berpuasa, maka beraktivitas saja seperti biasanya. Jangan terlalu terfokus dengan rasa lapar dan haus. Apalagi sampai anda tidur seharian, mager dan tidak melakukan apa-apa. Karena justru hal ini akan membuat rasa haus dan lapar anda akan menjadi semakin terasa.

Jadi, lakukanlah aktivitas anda seperti biasanya. Karena nanti juga tubuh anda akan beradaptasi dengan kondisi yang ada. Sehingga, nantinya cuma modal makan sahur saja. Anda akan kuat itu dengan yang namanya berpuasa. Dan anda tidak akan lagi merasakan yang namanya haus dan lapar. Alias biasa-biasa saja.

6. Berpikiran positif

Jika disaat berpuasa anda banyak sekali pikiran, stres, berprasangka buruk terus, berpikiran negatif dan sebagainya. Maka hal ini nanti akan menjadikan anda menjadi semakin merasa haus dan lapar. Karena pada dasarnya rasa stres dapat meningkatkan asam lambung. Yang dapat menyebabkan rasa lapar dan yang parah ya sakit maag dan sejenisnya.


Maka dari itu, nikmati hidup anda. Jangan terlalu banyak pikiran, atur pola pikir dan hidup anda. Jangan sampai anda terus terjebak dalam stres yang berkepanjangan, aplagi disaat bulan puasa tiba.

7. Kurangi porsi pekerjaan berat

Disaat bulan puasa tiba, jika anda mampu untuk mengurangi porsi pekerjaan anda. Ya kurangi saja, jangan bekerja terlalu keras dan berat. Perbanyak ibadah saja dulu saat dibulan puasa. Dengan ini, semisal mengurangi bekerja terus di lapangan dan sejenisnya. Maka rasa haus dan lapar juga tidak akan lagi terasa berat.

8. Hindari pembicaraan yang sia-sia

Banyak bicara terutama disaat anda berpuasa, apalagi sampai berdebat dan berbicara panjang lebar yang tidak jelas dan unfaedah. Hal ini tentu akan memicu munculnya rasa haus atau dahaga.

Maka dari itu saran saya sih, kurang-kurangi perkataan yang tidak berguna disaat anda berpuasa. Agar nantinya anda tidak merasa cepat haus / dahaga.

9. Menjaga penglihatan, penciuman dan pendengaran

Disaat anda berpuasa, janganlah anda melihat berbagai acara masak-masak dan sejenisnya di televisi atau di internet. Dan anda jangan juga keliling pasar sambil melihat banyak makanan yang dijajakan disana. Apalagi sampai anda menelan ludah karena mencium aroma masakan yang enak dipinggir jalan ?. Karena hal seperti ini dapat memicu rasa haus dan lapar anda.

Jadi hindarilah berbagai kondisi yang semacam ini, yakni dekat dengan makanan dan minuman yang enak disaat anda sedang berpuasa. Karena hal ini dapat memicu munculnya rasa haus dan lapar.

Yap, cukup sekian dulu. Begitulah ke-9 tips agar anda tidak merasa haus dan lapar disaat berpuasa. Dan agar anda dapat menahan rasa haus dan lapar seharian disaat berpuasa. Semoga bermanfaat . . .

Artikel terkait

9 Cara agar tidak haus dan lapar saat puasa
4/ 5
Oleh

Leave your comment