Monday, May 13, 2019

Arti anime ova, oav, ona, oad dan oda serta perbedaannya

Anime atau bisa juga disebut sebagai kartun jepang, memiliki banyak format penayangan yang berbeda-beda. Ada anime yang disiarkan langsung di berbagai stasiun televisi, ada yang disiarkan melalui media internet, dan ada juga yang dirilis dalam bentuk dvd sepaket dengan perilisan manga, game dan sejenisnya. Nah, dari jenis penayangan dan bentuk video animasi ini, maka lahirlah berbagai istilah dalam dunia anime. Yang biasanya disebut sebagai OVA, ONA, OAD, dan juga ODA.

Arti anime ova, oav, ona, oad dan oda serta perbedaannya

# Apa itu OVA ?

OVA merupakan kependekan kata atau singkatan dari "Original Video Animation". Yang dapat diartikan kedalam bahasa indonesia sebagai "Animasi Video Asli".

Jadi pada dasarnya OVA ini merupakan sebuah series anime yang tidak tayang di televisi. Dalam artian anggap saja sebagai anime bonus, anime filler yang menceritakan berbagai topik atau tema lain yang tidak ada hubungannya dengan jalan cerita dalam anime yang ada di tv. Atau juga OVA dapat berisi seputar pembahasan lain yang menyangkut dengan karakter yang ada di anime. Misalnya seperti masa lalu atau latar belakang karakter yang ada dalam series anime. Dan biasanya Anime OVA dirilis dalam bentuk Cd, dvd dan sejenisnya. Singkatnya, anime OVA ini tidak tayang di acara tv yang resmi.



Perlu diketahui juga, anime OVA ini dapat juga disebut sebagai OAV. Yang pada dasarnya OAV adalah singkatan dari "Original Animated Video". Sehingga dengan ini, maka Antara OVA dan OAV pada dasarnya secara arti bahasanya tidak ada bedanya, yang membedakan cuma letak huruf dan singkatan katanya saja 😂.

- Contoh judul anime OVa : Non Non Biyori: Okinawa e Ikukoto ni Natta, One punch man : road to hero, dan sebagainya.

# Apa itu ONA ?

ONA merupakan kependekan kata, atau singkatan dari "Original Net Animation". Atau dalam bahasa indonesia dapat diartikan sebagai "Animasi Net Asli ? 😂".

Ya, anggap saja mudahnya ONA ini adalah sebuah series anime yang penayangannya tidak melalui stasiun televisi, melainkan dirilis dan ditayangkan pertama kali melalui media internet. Misalnya dirilis diberbagai situs streaming yang ada, baik itu didalam situs official atau situs resmi studio pembuat anime. Maupun diberbagai situs video sharing yang lainnya, misalnya seperti di youtube, crunchyroll, dan sebagainya.

# Apa itu OAD ?

OAD merupakan singkatan kata, atau kependekan dari kata "Original Animation DVD". Jadi, pada dasarnya berbagai jenis anime OVA yang di rilis dan dijual dalam bentuk DVD, maka otomatis anime OVA tersebut juga sama saja artinya dengan anime OAD ini.

Akan tetapi, jangkauan atau cakupan dari anime OAD ini cukup luas. Tidak hanya berhubungan dengan anime OVA yang berasal dari series anime dan manga yang terkenal saja. Dan bisa saja berasal dari anime yang dibuat oleh perorangan atau sekolompok individu yang membuat anime originalnya sendiri. Misalnya anime original yang dijual dalam bentuk dvd yang ada di acara event anime, semisal acara event comicket dan sejenisnya.


# Apa itu ODA ?

Eits, oda yang dimaksud disini bukan nama mangaka one piece ya. Oda disini merupakan singkatan dari "Original Digital Animation". Dan pada dasarnya arti dari kata ODA ini hampir mirip dengan anime OAD. Dan biasanya anime ODA ini merupakan anime bonus yang dirilis sepaket dengan manga, maupun game. Hal ini dijadikan sebagai bonus dari pembelian manga atau game yang ada. Jadi bentuknya ya sama saja dengan anime ova dan oad, misal dirilis dalam bentuk dvd dan sejenisnya.

# Perbedaan antara OVA, ONA dan OAD

Dari ketiga istilah yang populer dalam dunia perfilman anime atau kartun jepang ini. Pada dasarnya ketiganya memiliki perbedaan mendasar yang terdapat dalam bentuk perilisan, penayangan dan isi cerita yang ada.

Dimana, anime OVA seringkali dirilis dalam bentuk dvd, dan tidak ditayangkan di tv. Dan anime ONA selalu dirilis dan ditayangkan pertama kali di internet. Kemudian, yang terakhir adalah OAD yang bisa jadi berisi anime asli buatan perorangan yang tidak terkait dengan berbagai jenis anime yang terkenal di luar sana.

Ya bisa dibilang ketiganya memiliki kesamaan, yakni sama-sama anime asli atau anime original. Cuma bedanya terletak pada itu tadi, yakni pada jenis perilisan, penayangan dan cerita yang ada. Anggap saja ceritanya berisi cerita filler, cerita original, dan sejenisnya.

Yap, begitulah adanya. Berbagai arti dan perbedaan antara anime ova, ona dan oad. Cukup sekian dulu, semoga bermanfaat . .

# Baca juga :

Apa itu BD ? Arti anime BD, perbedaan anime BD dan biasa / TV

Arti anime ova, oav, ona, oad dan oda serta perbedaannya
4/ 5
Oleh

Leave your comment