Monday, May 27, 2019

Kenapa orang pendiam banyak disalahkan dan diidentikan dengan pelaku kejahatan ?

Entah mengapa di masyarakat kita, di tengah-tengah kehidupan mayoritas masyarakat indonesia. Dan sudah sering kejadian di berbagai media berita yang ada. Baik itu di media cetak, media elektronik (berita di tv), dan media berita online lainnya. Banyak disebutkan pelaku kejahatan yang dalam tanda kutip "Orangnya padahal pendiam", dan berbagai jenis variannya.

Kenapa orang pendiam banyak disalahkan dan diidentikan dengan pelaku kejahatan ?

Hal ini seolah menggiring opini publik, bahwa mayoritas orang pendiam itu dapat berpotensi melakukan tindakan kejahatan yang berbahaya. Padahal sebenarnya jika kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, banyak kita temui para penjahat dan sebangsanya didominasi oleh orang-orang yang bisa dibilang tidak pendiam. Sebut saja sebagai orang yang urakan dan ugal-ugalan.



Hal ini tentu sangat menyakitkan bagi sebagian orang pendiam yang ada di luar sana. Karena banyak diantara orang yang pendiam ini didominasi oleh orang-orang introvert, orang yang cerdas, orang yang bijaksana dan berpengetahuan. Mereka berpikir terlebih dahulu sebelum berbicara dan bertindak, serta tidak suka ikut campur dengan masalah orang lain. Misalnya seperti tukang gosip dan sejenisnya.

Nah, dari sinilah saya iseng membuat artikel atau postingan ini. Karena saya sendiri bisa dibilang sebagai orang yang pendiam, dan cukup merasa risih dengan berbagai berita yang ada di media yang kelihatannya selalu saja menyebutkan intro berita dengan mendeskripsikan pelaku tindak kejahatan yang padahal orangnya pendiam dan sejenisnya 🤔. Hal ini tentu dapat menggiring opini publik, dan membuat masyarakat malah tambah mengucilkan orang yang pendiam, orang introvert dan sejenisnya.


Padahal orang pendiam menurut saya sangat banyak sekali jenisnya. Tidak mungkin semua orang pendiam itu didominasi oleh orang-orang yang sakit jiwa, depresi, mengalami gangguan mental dan sebagainya. Banyak diantara orang pendiam itu yang baik hati, cerdas, lembut hatinya, dan baik akhlaknya. Namun, ya gitu karena sebagian orang pendiam cukup misterius, dan sedikit jumlahnya dibandingkan dengan masyarakat indonesia yang didominasi dengan orang yang supel, dan pandai bergaul. Sehingga akhirnya membuat stereotipe dimasyarakat yang membuat orang yang pendiam ini terlihat tidak normal / tidak baik dimata mereka.

Mungkin, teman-teman sekalian para pembaca ada yang mengalami kejadian yang serupa ?. Pernah melihat headline berita yang isinya mayoritas diisi oleh pelaku kejahatan yang pendiam ?. Jika memang benar adanya, coba utarakan pendapat anda di kotak komentar.

Artikel terkait

Kenapa orang pendiam banyak disalahkan dan diidentikan dengan pelaku kejahatan ?
4/ 5
Oleh

Leave your comment