Wednesday, May 29, 2019

19 Ciri-ciri teman yang jahat / tidak baik

Tidak semua manusia itu baik ya, dan faktanya juga banyak yang jahat gan. Termasuk didalam pergaulan sehari-hari, sebut saja namanya adalah teman. Teman yang dimaksud disini tentu adalah teman yang munafik, teman palsu, teman yang merusak dan dapat berpotensi menusuk anda dari belakang. Teman model begini tentunya sangat berbahaya dan wajib untuk diwaspadai.

19 Ciri-ciri teman yang jahat / tidak baik

Ya, pada dasarnya ciri-ciri khusus dari teman yang jahat ini cukup sulit untuk dikenali bagi sebagian orang. Karena faktanya, yang namanya teman yang munafik dan bermuka dua. Pastinya mereka memiliki banyak topeng, alias pandai berakting, pandai berbohong, memiliki banyak alibi dan juga rahasia busuk yang ada didalam dirinya.

# Fakta dibalik teman yang jahat

Yang jelas, yang namanya teman yang buruk bin jahat. Pastinya mereka akan selalu membawa pengaruh buruk bagi diri anda sendiri, maupun bagi teman-teman lain dan orang lain yang ada di sekeliling mereka. Sebut saja mereka ini seperti virus ganas yang siap menularkan berbagai penyakit buruk kepada orang-orang disekelilingnya.



# Tahap awal mengenali teman yang baik dan jahat

Untuk membedakan antara teman yang baik dan jahat, secara mudahnya dapat anda lihat dari penampilan fisik dan juga lingkungan pergaulannya. Jadi, buang jauh-jauh itu yang namanya pepatah "dont judge book by its cover". Lah, emangnya anda bisa tahu isi hati seseorang ?. Tentunya anda tidak tahu bukan ?. Jadi, ya wajar saja, yang namanya penampilan dan lingkungan pergaulan itu sangat penting untuk menilai sisi baik dan buruk seseorang.

Ya mudahnya saja, jika anda berteman dengan penjual minyak wangi. Pastinya anda juga akan ikut ketularan menjadi wangi. Dan begitu juga jika anda berteman dengan maling, walaupun anda ngak ikut-ikutan maling. Pastinya nanti nama anda akan ikut menjadi buruk juga. Sebut saja anda dicurigai sebagai maling sama orang lain.

Yap, pada intinya, untuk menilai secara kasat mata, seseorang itu adalah orang yang baik atau tidak. Coba saja anda perhatikan beberapa hal di bawah ini :

1. Cara bicaranya

Banyak sekali cara bicara atau gaya nada bicara seseorang. Semuanya tergantung dari lingkungan tempat tinggal dan juga sifat si orangnya itu sendiri. Contoh mudahnya, jika ada orang yang suka berkata kotor, sering misuh-misuh kalau ngomong, suka membanggakan diri dan sombong. Sudah jelas, orang tersebut bukanlah orang yang baik. Dan tidak perlu ditanya-tanya lagi.

2. Tingkah lakunya

Orang yang matanya jelalatan misalnya, atau juga orang yang suka menganggu orang lain. Misalnya suka mencari masalah, suka ngegosip, suka ngerusuh dan ikut campur urusan orang lain. Nah, ini juga salah satu contoh ciri teman yang buruk.

3. Lingkungan pergaulannya

Yang namanya manusia cenderung berkumpul dan membuat komunitas sesuai dengan apa yang disenanginya. Kesimpulannya adalah, Orang yang jahat atau teman yang jahat, lingkungan pergaulannya juga tidak sehat. Misalnya suka nongkrong di tempat yang remang-remang, suka tawuran, dan sebagainya.

4. Teman akrabnya

Sama seperti yang tersebut diatas. Selain lingkungan pergaulan, lihat juga siapa teman akrab dari orang yang akan anda jadikan sebagai teman. Jika teman akrab dari orang yang anda kenal, misalnya adalah seorang pencuri, preman, dan sejenisnya. Maka, ya jauhi saja orang yang semacam ini. Takutnya nanti anda dapat terjerumus ke hal yang tidak-tidak.


5. Penampilannya

Orang yang baik, misalnya selalu menjaga aurot / pakaiannya nya. Mereka bertutur kata atau berbicara dengan lembut dan santun. Pandai menjaga perasaan orang lain dan sebagainya. Hal ini berbeda dengan orang yang jahat, misalnya selalu umbar aurot, bangga dengan perilaku maksiat, bangga dengan kejahatan yang pernah ia lakukan. Dan sejenisnya...

Contoh mudahnya mereka memposting aibnya sendiri di facebook, wa dan berbagai jenis forum, grup, komunitas yang ada di internet dan sosial media. Misalnya ngaku pernah melakukan tindakan yang buruk yang ini dan itu.

# Ciri umum teman yang jahat

Untuk ciri-ciri umum dari teman yang buruk bin jahat ini sangat banyak sekali gan. Contoh mudahnya adalah seperti :

1. Tidak suka melihat anda senang atau berbahagia (mudah iri berlebihan kepada anda).
2. Membicarakan keburukan anda dibelakang (nggosipin anda).
3. Tidak pandai menjaga rahasia, suka membeberkan aib temannya.
4. Suka memanfaatkan anda.
5. Suka memanas-manasi anda (tukang pamer).
6. Tukang kompor (suka memperkeruh suasana).
7. Sering berbohong dan ingkar janji.
8. Suka membuat keributan.
9. Suka membully.
10. Pura-pura tidak kenal dengan anda pada situasi dan kondisi tertentu.
11. Sering ngutang dan minta bantuan dengan anda, tapi si dianya tidak mau dimintai bantuan.
12. Suka ngedrama.
13. Suka ngegosip.
14. Sering bercanda berlebihan, sampai menjurus ke penghinaan, sarkas kepada anda, dan sejenisnya.
15. Berperilaku buruk, misal seperti suka kekerasan, berkata kotor, minum-minuman, dan sejenisnya.
16. Tidak sopan terhadap orang tua.
17. Egois, semaunya sendiri.
18. Tidak terlalu peduli dengan anda.
19. Sering berkhianat, pura-pura lupa dan sejenisnya.
20. Dan masih banyak yang lainnya.

Yap, Begitulah kiranya beberapa ciri atau tanda dari teman yang jahat. Teman yang berpotensi dapat merusak diri anda. Teman yang dapat menjerumuskan anda kejurang kehancuran. Cukup sekian dulu pembahasan kali ini, jangan lupa untuk sering mampir ke blogbiasa.com ini. Semoga bermanfaat . . .

# Baca juga :

6 Ciri-ciri teman penghianat yang mudah dikenali
5 Ciri-Ciri teman yang ada maunya
5 Ciri-ciri dari teman palsu / fake friend
12 Ciri-ciri teman munafik, bermuka dua, suka menusuk dari belakang

Artikel terkait

19 Ciri-ciri teman yang jahat / tidak baik
4/ 5
Oleh

Leave your comment