Wednesday, June 26, 2019

7 Fakta unik dibalik lucid dream (mimpi sadar)

Lucid dream atau mimpi sadar ini memang cukup unik dan menarik. Berbeda dari mimpi biasa yang sering dialami oleh kebanyakan orang. Lucid dream ini, didalamnya seseorang akan mengalami banyak pengalaman unik yang berbeda dari mimpi yang biasanya. Hal ini terjadi karena didalam lucid dream ini, seseorang sadar tentang segala apa yang terjadi didalam mimpi tersebut.

7 Fakta unik dibalik lucid dream (mimpi sadar)

Untuk selengkapnya berikut beberapa fakta unik dan mengejutkan didalam mimpi sadar / lucid dream :

1. Berbeda dari mimpi biasa

Seperti yang sudah tersebut pada intro diatas. Didalam lucid dream ini, kita menyadari segala sesuatu yang terjadi didalamnya. Kita sadar bahwasanya kita sedang bermimpi dan mengalami mimpi. Dan segala kejadian yang ada didalamnya hanyalah mimpi semata, alias tidak nyata. Dan dari sini kita dapat menikmati jalannya mimpi, baik itu kita mengikuti alur mimpi yang ada, maupun kita dapat membuat alur cerita sendiri didalam mimpi yang ada.



2. Kita adalah sang sutradara

Didalam dunia mimpi, didalam lucid dream. Kita dapat membuat apa saja yang kita imajinasikan menjadi nyata adanya. Semuanya tergantung dari seberapa kuat tingkat kesadaran, tingkat imajinasi, dan kreativitas yang kita punya.

Kita didalam lucid dream ini adalah sang sutradara. Kita dapat menentukan scene atau latar belakang cerita mimpi yang ada. Menentukan suasana, skenario, pemeran dan segala serba-serbi yang lainnya.

3. Dunia imajinasi yang luas tanpa batas

Seperti yang sudah tersebut diatas. Keasikan bermain lucid dream / LD, tergantung dari seberapa besar pengalaman yang sudah kita dapat di dunia nyata. Dalam artian, misalnya anda pernah melihat dan merasakan tempe secara langsung di dunia nyata. Maka didalam mimpi, anda pun dapat mewujudkan bentuk dan rasa tempe sesuai dengan yang pernah anda lihat dan rasakan di dunia nyata.

Hal ini akan sedikit berbeda jika anda tidak pernah melihat, mendengar atau merasakan sesuatu yang ingin anda wujudkan. Karena nanti pasti jadinya akan sedikit abstrak, sesuai dengan penggambaran imajinasi saat itu yang ada. Atau sesuai dengan bayangan imajinasi yang anda punya. Misalnya anda ingin minum jus alpukat, karena anda belum pernah merasakannya. Jadinya agak aneh deh jusnya, misal berasa kayak jeruk, dll.


4. Fungsi panca indra dapat berjalan dengan baik

Nah, seperti yang sudah tersebut diatas juga. Didalam mimpi, didalam lucid dream, kita masih bisa menggunakan fungsi panca indra yang ada. Tingkat kesensitifan panca indra tergantung dari seberapa besar tingkat kesadaran anda.

Jadi, jika anda memiliki kesadaran yang lumayan didalam mimpi. Maka anda dapat juga merasakan berbagai sensasi yang sama seperti yang ada di dunia nyata. Misalnya merasakan hembusan angin, merasakan dinginnya air yang membasahi wajah, merasakan nikmatnya makanan, mendengarkan alunan lagu alam yang merdu, dan lain sebagainya.

5. Sarana hiburan dan edukasi yang bermanfaat

Yap, didalam lucid dream ini bisa dibilang merupakan sarana hiburan yang murah meriah. Karena hanya bermodalkan tidur saja, kita dapat merasakan yang namanya dunia impian. Dunia yang penuh imajinasi dan kreativitas.

Dari sini kita dapat memanfaatkan mimpi sebagai sarana hiburan, maupun sebagai sarana edukasi. Misalnya latihan melakukan sesuatu, contohnya misal latihan beladiri, latihan naik motor, dll. Tapi ya hasilnya pastinya agak zonk gan, karena cuma mimpi sih 🤣.

6. Semua orang dapat melakukan lucid dream

Yap, lucid dream ini sudah banyak dialami oleh banyak orang di dunia dari berbagai generasi dan masa. Baik itu tua dan muda, semuanya banyak yang sudah merasakan yang namanya fenomena mimpi sadar ini. Dan tentunya, banyak juga tips dan trik untuk memperoleh yang namanya lucid dream ini. Alias, untuk bermimpi sadar dapat ditempuh dengan jalan latihan.

7. Lucid dream memiliki durasi yang cukup singkat

Durasi mimpi sadar atau lucid dream berlangsung cukup singkat. Biasanya terjadi hanya dalam hitungan menit saja. Semisal antara 4-7 menit, dan yang paling lama misal antara 20-30 menit. Namun jangan khawatir, karena saya rasa untuk ukuran waktu di dunia mimpi agak berbeda dengan di dunia nyata. Bisa jadi anda hanya bermimpi selama 5 menit, tapi anda serasa sudah merasakan mimpi selama seharian, dan begitupula sebaliknya.

Nah, begitulah 7 fakta unik yang ada didalam lucid dream ini. Cukup sekian dulu pembahasan lucid dream di blogbiasa.com kali ini. Jangan lupa untuk terus mampir ke blog ini ya !?. Semoga bermanfaat . . .

# Baca juga :

Apa itu lucid dream ? apa pengertian lucid dreaming ?
Proses dan penyebab terjadinya lucid dream (sains dan ghaib)
Cara melakukan lucid dream tanpa sleep paralysis
Apakah melakukan lucid dream itu berbahaya ?

Artikel terkait

7 Fakta unik dibalik lucid dream (mimpi sadar)
4/ 5
Oleh

Leave your comment