Friday, June 28, 2019

Apa itu Anti Hero ? Arti anti-hero dalam anime, manga, novel, komik, film, dll

Didalam sebuah kisah atau cerita yang ada didalam novel, film, anime, manga, maupun komik. Ada itu sebuah istilah yang bernama "Anti hero". Nah penokohan karakter anti hero ini cukup unik dan menarik dan banyak digemari oleh banyak orang di dunia.

Apa itu Anti Hero ? Arti anti-hero dalam anime, manga, novel, komik, film, dll

Sebagai contoh didalam film dan komik marvel misalnya, kita mengenal sosok anti-hero yang sudah cukup terkenal, yaitu Deadpool. Di film dan komik dc juga ada karakter anti-hero semisal catwoman. Dan di dalam anime, manga dan light novel ada juga karakter antihero yang cukup terkenal, semisal seperti lelouch, vegeta, guts, Light yagami, dan sejenisnya.

Nah, dari berbagai contoh karakter anti-hero yang tersebut diatas tentunya kita sudah mengetahui sedikit banyak gambaran mengenai karakter dan sifat para anti-hero ini. Untuk selengkapnya mari kita simak penjelasan mengenai pengertian anti hero di bawah ini.

# Apa itu anti hero ?

Anti-hero didalam bahasa inggris sendiri dideskripsikan sebagai sesosok hero atau pahlawan yang memiliki sedikit sifat dan sikap atau kriteria yang ada pada hero / pahlawan umumnya. Semisal seperti sifat yang baik, heroik, jujur, adil, suka menolong, membela kebanaran, condong berbuat kebaikan, layaknya seorang saint dan sejenisnya lah.



Nah, dari sini dapat ditarik sebuah kesimpulan, bahwa sesosok anti hero ini adalah orang yang memegang idealismenya sendiri. Mereka cenderung bersifat netral, memiliki ketertarikan pada sesuatu menurut prinsipnya sendiri, tidak terikat pada aturan, memiliki sense of justice yang tidak begitu banyak, dan cenderung bersifat urakan dan ugal-ugalan. Tidak seperti kebanyakan pahlawan atau hero lainnya yang suka menolong atau membantu orang dengan senang hati dan tanpa pamrih.

# Perbedaan antara karakter anti hero dan villain

Villain dan anti hero, kedua karakter ini seringkali saling berhubungan antara satu sama yang lainnya. Namun, keduanya sama sekali berbeda. Karena pada dasarnya para villain ini merupakan sekumpulan penjahat, karakter jahat yang hobi buat kerusakan dimana-mana. Atau sebut saja mudahnya sebagai karakter antagonis.


Sedangkan kebalikannya, antihero ini masih masuk kedalam karakter protagonis. Mereka sesekali mungkin bertindak jahat atau melakukan kejahatan, namun tidak untuk menghancurkan sehancur-hancurnya ala karakter antagonis macam villain ini. Mereka juga memiliki sisi baik dari hero, yakni akan melakukan tindak kebaikan yang sesuai dengan prinsip hidup dan idealismenya sendiri.

Ya, anggap saja yang membedakan antara villain dan anti-hero ini terletak pada peran karakter yang ada. Yakni antara si antagonis dan si protagonis. Cukup simpel begitu saja.

Nah, begitulah gan sedikit arti dan penggambaran dari sifat dan karakter anti hero ini. Nah, dari sini mungkin anda dapat juga menyebut para karakter anti hero sebagai pahlawan yang tidak baik :v 😂. Cukup sekian dulu, semoga bermanfaat . ..

# Baca juga :

Arti mc dan heroine dalam anime, manga, novel & bahasa gaul ala netizen
Arti canon, non canon & filler dalam anime dan manga
Pengertian & perbedaan antara film Horror dan Thriller, beserta contohnya

Apa itu Anti Hero ? Arti anti-hero dalam anime, manga, novel, komik, film, dll
4/ 5
Oleh

Leave your comment