Sunday, June 30, 2019

Apa itu roleplay (RP) ? Cara bermain & istilah dalam roleplay & roleplayer

Akhir-akhir ini dunia roleplay sudah mulai memudar. Entah apa sebabnya, yang jelas dunia roleplay sudah mulai musnah. Tidak seperti beberapa tahun yang lalu, tepatnya tahun 2011 keatas. Yang mana pada tahun tersebut, banyak sekali anak-anak dan para remaja yang aktif bermain roleplay di dunia maya, khususnya di berbagai media sosial yang ada.

Apa itu roleplay (RP) ? Cara bermain & istilah dalam roleplay & roleplayer

Pada sekitar tahun 2011-2016 an kebawah, banyak sekali yang namanya fanfic dan juga roleplayer yang aktif di dunia maya. Sekarang semuanya sudah memudar dan hampir musnah, tergerus oleh berbagai jenis game online modern yang sudah menjamur diberbagai gadget dan smartphone yang ada.

Seingat saya dulu, banyak sekali member di grup dushi, dukre dan sejenisnya yang memainkan permainan roleplay ini. Tapi, ya semenjak naruto tamat, dunia roleplay di grup dushi (dunia shinobi) dan dukre (dunia kreasi) sudah menghilang layaknya ditelan bumi 😭.

Dan pada tahun 2018 keatas, mulai deh banyak bermunculan nak rp atau pemain roleplay yang bernuansa bucin. Anggap saja roleplay yang dimainkan bernuansa romansa, dan drama terus.

Yap, cukup sekian dulu basa-basinya, kali ini langsung saja mari kita bahas mengenai seluk beluk dunia roleplay ini. Ya, walaupun admin sendiri belum pernah ikut main roleplay, alias cuma bisa baca komenan dan menikmati saja 🤣 -silent reader. Tapi, setidaknya saya tahulah apa itu yang namanya roleplay, roleplayer dan berbagai istilahnya.



# Apa itu Roleplay (RP) ?

Role play secara bahasa, jika diterjemahkan dari bahasa inggris ke bahasa indonesia memiliki arti "Permainan peran". Tidak seperti video game rpg dan sejenisnya yang menggunakan media video game untuk memainkan game yang ada. Roleplay menggunakan media sosial dan sejenisnya untuk memainkan game yang ada. Sebut saja misalnya berbagai jenis grup roleplay di facebook, instagram, line, wa, twitter dan sebagainya.

Didalam memainkan game, seorang pemain roleplay, atau sebut saja roleplayer melakukan berbagai jenis quest atau misi yang diberikan oleh ketua grup roleplay, maupun seseorang yang memulai plot game roleplay tersebut (gm, moderator, admin, etc).

Misalnya yang pertama menulis status untuk bermain roleplay menentukan aturan dan plot untuk bermain. Kemudian para member diharuskan untuk mengikuti peraturan yang ada, dengan jalan memainkan berbagai jenis peran yang ada.

Misalnya ada yang jadi naruto, sasuke, dll. Kemudian sesuai dengan imajinasi, masing-masing member grup rp diberikan misi atau melakukan berbagai percakapan yang sesuai dengan aturan yang sudah ditentukan. Misalnya nulis komentar berbagai jurus ninjutsu sambil saling adu argumen sesuai dengan imajinasi yang ada.

Dan nantinya, dari berbagai percakapan sesuai peran yang dimainkan oleh para member RP. Seorang ketua, gm atau admin yang memulai game roleplay akan memberikan sejumlah nilai / exp guna untuk menentukan level dan tingkat dari para member yang ikut bermain roleplay.

- Inti dari game roleplay

Ya, pada intinya game roleplay ini sama saja dengan memainkan peran sesuai karakter yang diinginkan. Dan kemudian sambil dibumbui dengan elemen permainan ala game rpg maupun elemen khayalan lainnya. Semisal ngayal jadi artis kpop, ngayal jadi karakter anime, dll. Yang nantinya, didalam game roleplay ini imajinasi dan kata-katalah yang menjadi penentu kemenangan.

# Karakter yang digunakan dalam roleplay

Karakter yang digunakan dalam permainan roleplay sangat bervariasi. Entah itu dari anime dan manga, semisal grup dushi yang menggunakan karakter dan latar tempat dari anime naruto. Maupun juga dari berbagai jenis karakter fiksi lainnya. Semisal dari film, novel, dan sebagainya.

Namun, terkadang ada juga karakter asli yang dibuat sendiri oleh para member grup yang tidak ada didalam anime, film maupun manga yang dijadikan bahan untuk bermain roleplay. Dan biasanya nak dukre (dunia kreasi) yang sering memainkan game ini. Maupun generasi baru nak roleplay, semisal nak kpop dll yang menggunakan sang idola sebagai karakter untuk bermain roleplay.


# Istilah-istilah didalam permainan roleplay (Rp)

Banyak sekali istilah-istilah yang terbentuk didalam permainan roleplay ini. Diantaranya misalnya seperti :

1. Plot

Plot merupakan aturan dasar untuk memainkan game roleplay ini. Anggap saja plot didalam game roleplay ini sama saja artinya dengan peristiwa dan latar kejadian yang menentukan jalannya game roleplay.

Plot cerita didalam game roleplay dapat direncanakan sebelum memulai permainan. Dalam artian jalan cerita atau story line game roleplay sudah ditentukan sebelumnya. Namun terkadang banyak juga yang mengembangkan cerita sendiri sesuai dengan selera masing-masing individu, yang tidak terikat dengan plot utama permainan. Hal ini tentu mengandalkan imajinasi dan respon cepat para pemain roleplay / roleplayer.

Nah, plot sendiri di dalam roleplay terdiri dari banyak genre. Sebut saja misalnya seperti :

A. Canon : plot cerita sesuai dengan jalan cerita dari tema cerita yang diambil untuk bermain roleplay. Mudahnya, plotnya sesuai dengan yang sudah ada didalam anime, manga, film, atau novel resmi yang dibuat oleh author.

B. Fluffy

Plot cerita berisi banyak hal yang membuat orang jadi diabetes. Dalam artian plot cerita penuh dengan hal yang bernuansa kekawaiian, romantis, unyu-unyu, fuwa fuwa, lucu, nuansa kebersamaan dan sejenisnya.

C. Action

Ya, namanya juga action gan. Pastinya banyak aksi dan pertarungan seru didalam kata-kata yang dituliskan didalam game roleplay ini.

D. R

R = Rating, batasan usia yang cocok untuk memainkan dan menikmati rp. Misalnya R+(angka), dimana angka menandakan umur para peserta dan penikmat rp.

2. IC (in Character)

Pengambilan peran sesuai dengan sifat dan karakter asli dari tokoh yang digunakan dalam permainan rp. Anggap saja sifat, sikap, perilaku, kepribadian, ciri dan karakter sama persis dengan tokoh yang ada didalam anime, manga, film, novel, cerita, dll yang dijadikan bahan roleplay.

3. OOC (Out of Character)

Peran yang tidak sesuai dengan sifat dan karakter asli dari tokoh yang digunakan untuk bermain roleplay. Nah, hal ini juga menentukan baik dan buruknya skor nilai dalam permainan roleplay.

Misalnya didalam film ada tokoh yang namanya saske, dia orangnya sangat tampan dan pemberani. Eh, ketika kamu mengambil peran jadi saske, yang ada malah si saske jadi terkesan penakut, dan minderan. Kan jadi ngawur jadinya, nah ini salah satu contoh dari yang namanya OOC.

4. OC (Original Character)

Karakter asli buatan sendiri, yang mana segala jenis hal yang berhubungan dengan karakter dibuat dan diada-adakan sendiri oleh para roleplayer ini. Misalnya mulai dari nama, bentuk tubuh-wajah, latar belakang, sifat, karakter, dan sebagainya.

5. Backstories / Background

Masa lalu, atau penggambaran sosok karakter roleplay dari berbagai sisi dan sudut pandang. Anggap saja sebagai cerita asal mula munculnya karakter yang ada.

6. Mun / roleplayer / writer / author / owner

Nama pemain dan penulis dalam game roleplay (roleplayer). Baik itu nama asli, maupun nama pena atau samaran.

7. Muse

Muse artinya bukan tikus ya. Muse yang dimaksud disini adalah nama karakter yang dimainkan oleh seorang roleplayer. Atau anggap saja karakter mana yang kiranya menjadi inspirasi bagi para roleplayer untuk mengambil peran yang ada.

8. Mun Talk

Kata-kata atau pesan-pesan dari para mun atau pemain rp / roleplayer yang biasanya diselipkan didalam permainan rp ini. Dan biasanya kata-kata ini diberi tanda khusus, misalnya dengan tanda kurung dan sejenisnya. Contoh : (The end) {Mau makan dulu gan - Entar lanjut}.

9. Self RP

Karakter roleplay yang diambil dari berbagai sifat, kepribadian dan karakter asli dari para roleplayer / orang yang memainkan roleplay.

10. Self based

Sedikit banyak bercerita mengenai kehidupan asli dari penulis / roleplayer yang memainkan game roleplay ini. Entah itu keseharian roleplayer, pengalaman pahit, pengalaman menarik, dll.

11. Silent reader (Sr)

Pembaca yang diam dan tersembunyi, ikut melihat atau menikmati rp, namun tidak ikut bermain dan aktif didalam game roleplay.

12. Story line (SL)

Jalan cerita dari sebuah game roleplay. Jalan cerita yang mendasari berbagai plot dan peristiwa yang nantinya akan muncul didalam game roleplay.

13. SH & H

Sh = Semi hiatus (Vakum, tidak aktif ikut kegiatan roleplay dan sejenisnya dalam jangka waktu yang relatif singkat. Entah itu dua hari, seminggu, sebulan, dll)

H = Hiatus (Vakum, tidak aktif dalam kegiatan roleplay dalam waktu yang tidak ditentukan. Jangka waktunya bisa pendek, bisa juga panjang sampai berbulan-bulan dan bertahun-tahun)

14. Fanservice

Hal yang bernuansa anu, hal yang menyenangkan dan menarik minat / hati para pemain dan pembaca rp. Sehingga nantinya akan banyak pembaca dan para roleplayer lainnya yang ikut bergabung.

15. Daftar istilah lain yang berhubungan dengan rp nak anime n kpop

- Dushi : Dunia shinobi.
- Dukre : Dunia kreasi.
- Rp : Roleplay.
- Bestie : Teman dekat roleplayer, sahabat.
- Fams : Family, keluarga, dianggap seperti keluarga dalam roleplayer.
- Couple : Pasangan, pacar.
- Real life : Dunia nyata, kehidupan asli di dunia nyata.
- Dumay : Dunia maya.
- Leave : Berhenti main roleplay yang terkait.
- Pensi : Berhenti main roleplay untuk selamanya.
- Chara : Karakter, nama tokoh yang diperankan.
- Mc : Main character, karakter utama.
- Hero : Pahlawan.
- Heroine : Pahlawan wanita, biasanya couple pendamping mc atau hero.
- Ngeflame : Ngerusuh, berkata kotor dengan maksud memancing keributan.
- Basher : Tukang ngeflame, pencari keributan.
- Agency : Tempat artis bernaung, perusahaan penyaring, penampung dan penerbit artis.
- NC : Need couple (mencari pasangan).
- NNC : No need couple (ngak butuh pasangan).
- Fr : Friend request (permintaan pertemanan).
- Sfr : Send friend request / add friend.
- Cp : Cari pacar, cari pasangan.
- Lb : Like back.
- Lsb : Like, share, back.
- SS : ScreenShot.
- Fblb : Follow back like back.
- Lpm : Lapak promote.
- Fl : Friendlist / daftar teman.
- Dn : Done / selesai.
- Pb : Promote back.
- Hp : Help promote.
- Lrl : Leave real life (meninggalkan kehidupan dunia nyata).
- Nn : Nickname, nama panggilan.
- Fanbase : Perkumpulan Fans dari artis tertentu.
- Fandom : Fans kingdom, komunitas penggemar idol & artis kpop.
- Verif : Verifikasi / pengesahan.
- Ganchar : Ganti chara, ganti karakter.
- Oplas : Sama dengan ganchar.
- Mafia : penjahat, satu orang ngecheat punya banyak akun rp.
- Mainstream : Dah umum, sudah biasa.
- AntiMainstream : Ngak umum, berbeda dari yang lainnya.
- Noob : Cupu.
- Newbie : Pemula.
- Pro : Sudah ahli dibidangnya.
- dll

Yap, cukup sekian dulu pembahasan mengenai roleplay dan roleplayer di dunia maya. Begitulah kiranya pengertian, cara bermain dan berbagai jenis istilah yang ada didalam dunia roleplay. Semoga bermanfaat . . .

# Baca juga :

Apa itu pengertian fanfiction, fanfic, ff dan fanficcer ?
Pengertian game rpg, jrpg, mmorpg, vrmmorpg, dmmorpg, arpg dan trpg

Apa itu roleplay (RP) ? Cara bermain & istilah dalam roleplay & roleplayer
4/ 5
Oleh

Leave your comment