Tuesday, July 2, 2019

Apa itu Pulber ? Arti pulber di game online ml, ff, medsos, dan cara kerjanya

Beberapa waktu yang lalu, sekitaran pada tahun 2018an, saya sudah menulis artikel yang menjelaskan secara panjang lebar mengenai yang namanya Rekber. Nah, kali ini saya memutuskan untuk sedikit mengulas mengenai saudara sepupu dari yang namanya rekber ini, yakni sebut saja namanya "Pulber".

Apa itu Pulber ? Arti pulber di game online ml, ff, medsos, dan cara kerjanya

Nah, jika rekber sudah akrab dikalangan netizen yang sering jual beli barang dan transaksi secara online yang umumnya dalam jumlah yang cukup besar. Nah, saudaranya yang satu ini, yakni pulber biasanya hanya digunakan untuk transaksi online dalam jumlah yang relatif kecil. Terutama yang masih ada urusannya dengan dunia game dan media sosial. Misalnya seperti transaksi penjualan akun dan item didalam game. Sebagai contohnya misal adalah berbagai jenis game online yang berbasis mmorpg, moba, dan segala jenis game online yang memungkinkan adanya transaksi berbasis RMT (Real money trading).



# Apa itu pulber ?

Singkat cerita, arti dari kata pulber ini hampir sama dengan arti kata rekber. Dimana jika rekber merupakan singkatan dari "Rekening bersama", nah sedangkan pulber ini merupakan kependekan kata atau singkatan dari "Pulsa bersama". Jadi, sistem transaksi pulber dan rekber ini hampir mirip lah, 11 - 12 gitu gan.

Nah, jika anda bertanya, "Apa itu pulsa bersama ?". Jawabannya cukup simpel, namanya juga pulsa bersama, pastinya ada sesuatu yang bernuansa kebersamaan didalamnya 😂. Ya, mudahnya pulber atau pulsa bersama merupakan nama sebutan sebuah pihak yang menyediakan sebuah jasa sebagai penengah transaksi diantara penjual dan pembeli. Dalam kasus pulber ini biasanya transaksi yang sering dilakukan adalah jual beli barang didalam game. Misalnya jual beli item dan akun game online, sebut saja seperti game ml (mobile legend), aov (arena of valor), pubg, ff (free fire), toram, laplace m, coc dan segala jenis game online lainnya. Entah itu game di hp android maupun game pc.

Nah pertanyaan kedua adalah, "Apakah jasa pulber selalu berurusan dengan transaksi yang berhubungan dengan game ?". Jawabannya tentu adalah tidak, selain game, segala jenis transaksi online lainnya. Semisal jual beli barang, jual beli situs, akun media sosial (facebook - whatsapp / wa - ig / instagram - youtube - twitter - dll) dan sebagainya juga bisa menggunakan jasa pulber. Semuanya tergantung si penjual dan pembelinya saja. Mereka mau menggunakan jasa rekber untuk bertransaksi menggunakan uang nyata, atau ingin mendapatkan banyak pulsa dengan jasa pulber ?. Semuanya kembali ke pribadi masing-masing.


# Cara kerja jasa pulber (pulsa bersama)

Cara kerja dari pihak jasa rekber dan pulber ini hampir sama. Intinya pihak pulber ini sebagai penengah diantara proses transaksi online yang sedang terjadi. Yang mana didalam setiap transaksi, pastinya ada sejumlah pulsa jasa yang dibayarkan ke pihak pulber. Dan besaran biaya jasa tergantung dari kesepakatan yang sudah dibuat sebelumnya. Dan yang menanggung biaya jasa pulber, bisa dari pihak penjual, atau juga dari si pihak pembeli itu sendiri.

Untuk langkah-langkah mudah dari transaksi jasa pulber adalah seperti ini.

1. Pihak penjual dan pembeli sepakat untuk menggunakan jasa Pulber.
2. Mereka mengontak pihak pulber dan sepakat untuk membayarkan sejumlah uang fee (pulsa) didalam transaksi.
3. Pihak pembeli mengirimkan pulsa ke pihak pulber.
4. Pihak pulber mengontak pihak penjual bahwa pulsanya sudah ada ditangannya (si pulber).
5. Pihak penjual mengirim item atau barang yang di jual ke pihak pembeli.
6. Pihak pembeli mengonfirmasi ke pihak pulber bahwa barang yang diinginkannya sudah sampai dengan selamat dan sesuai dengan pesanan.
7. Pihak pulber mengirimkan pulsa ke pihak penjual.
8. Transaksi selesai.

Cara kerja jasa pulber (pulsa bersama)
Klik gambar untuk memperbesar

Nah, kurang lebih begitulah tahapan dari transaksi didalam jual beli yang melibatkan pihak pulber. Untuk lebih detailnya, mungkin anda bisa melihat gambar ilustrasi yang tertera seperti diatas.

# Keamanan transaksi dengan menggunakan jasa pulber

Nah, untuk masalah keamanan didalam transaksi. Tentunya anda selaku pihak penjual dan pembeli harus terlebih dahulu mengetahui. Jasa pulber mana yang trusted atau terpercaya. Jangan sampai nantinya anda salah pilih, dan ujung-ujungnya pulsa hilang karena kena tipu pihak pulber abal-abal.

Jadi intinya semua kembali ke tangan anda sendiri-sendiri. Jika anda sudah mengenal pihak pulber yang terpercaya. Maka, hal semacam penipuan pulsa dan hilangnya item atau akun game tidak akan pernah terjadi pada anda. Cukup sekian dulu, semoga bermanfaat . .. .

# Baca juga :

Apa itu rekber ? pengertian, keuntungan, contoh, cara kerja & daftar jasa rekber terpercaya

Apa itu Pulber ? Arti pulber di game online ml, ff, medsos, dan cara kerjanya
4/ 5
Oleh

Leave your comment