Monday, July 8, 2019

5 Cara agar kacamata tidak silau disaat terkena cahaya matahari, lampu kendaraan, dll

Menggunakan kacamata bagi sebagian orang memang sudah menjadi sebuah kebutuhan. Apalagi bagi mereka yang memiliki gangguan penglihatan. Semisal karena matanya minus karena sering main hp dan sejenisnya.

Nah, disaat anda keluar dari rumah di cuaca yang terik, terkadang kacamata yang anda pakai akan memunculkan sejumlah refleksi cahaya yang tidak diinginkan, Dalam artian jadi silau gan. Nah, hal ini tentunya sangat tidak nyaman bagi siapa saja yang menggunakan kacamata.

5 Cara agar kacamata tidak silau ketika berada di luar ruangan (siang hari)

Untuk mengatasi kacamata yang silau ini, sebaiknya anda mencoba berbagai cara yang tersebut dibawah ini.

# Cara membuat kacamata menjadi anti silau

1. Memilih lensa kacamata yang antisilau

Banyak jenis lensa kacamata yang dapat meredam cahaya refleksi yang dipancarkan oleh matahari dan berbagai sumber cahaya yang terang lainnya. Lensa kacamata tersebut misalnya seperti lensa berjenis adaptif, polarized dan juga lensa high definition. Ketiga jenis lensa ini memiliki berbagai fitur untuk mengatasi kilauan cahaya yang dirasa menganggu.



2. Melapisi lensa kacamata

Ada juga jenis pelapis lensa kacamata yang berguna untuk meredam kilauan cahaya matahari dan kilauan sumber cahaya yang terang lainnya. Pelapis lensa kacamata ini disebut juga sebagai pelapis anti-reflektif. Yang mana cara kerja dari pelapis ini adalah dengan cara mengurangi pantulan atau jumlah refleksi cahaya yang masuk kedalam lensa kacamata. Sehingga nantinya kacamata yang anda pakai akan menjadi lebih nyaman, dan tidak menjadi silau lagi jika terkena paparan cahaya matahari.

3. Memakai topi

Jika anda bepergian ditengah hari, disaat teriknya matahari. Maka ya jika anda memakai kacamata, usahakanlah anda untuk memakai topi yang memiliki bidang penampang / pelindung luar yang agak lebar. Semisal seperti topi cowboy, topi petani, topi sombrero, topi jerami dan sebagainya 🤣.

Dengan adanya topi tersebut, maka kilauan cahaya matahari akan terhalang oleh bayangan dari topi. Sehingga nantinya anda tidak merasa silau lagi saat berjalan dan beraktivitas di luar ruangan pada waktu siang hari.


4. Berjalan diantara bayangan

Ya, cara ini cukup gokil. Jika anda tidak mau silau ketika berjalan di luar ruangan. Maka, jika anda berkacamata, ya coba saja anda berjalan diantara bayang-bayang bangunan disekeliling kota. Misalnya berjalan disisi jalan pertokoan, berjalan diantara pepohonan dan sebagainya. Dengan ini tentunya kacamata yang tadinya silau akan menjadi normal kembali. Alias tidak silau lagi karena terhalang oleh bayangan berbagai tempat yang anda lewati.

5. Menunggu sampai malam hari

Jika anda sebegitu bencinya dengan cahaya kilauan, baik itu dari teriknya cahaya mentari. Maupun dari kilauan cahaya motor, mobil dan berbagai jenis kendaraan lainnya. Maka ya anda coba saja dulu untuk ngenolep di rumah. Tunggu sampai ada acara car free day di malam hari atau juga disaat ada peringatan hari raya nyepi. Dan disaat itulah saat yang tepat untuk keluar rumah tanpa ada kilauan cahaya yang menganggu.

Jika jalan ini yang anda tempuh, maka anda positif mengidap fobia terhadap cahaya. Anggap saja anda adalah seorang vampir di zaman modern 🤔😂. Karena anda benci dengan segala jenis kilauan cahaya. Termasuk didalamnya yakni cahaya cinta yang perlahan menyilaukan. Itulah mimpi kehidupan kedua. Mimpi itu darimana datangnya. Jawabnya ada di ujung langit. Ye, malah nyanyi...

Cukup sekian dulu pembahasan mengenai kacamata di blogbiasa.com ini. Jadi begitulah kiranya ke-5 cara yang cukup ampuh untuk mengatasi kacamata yang silau. Semoga bermanfaat . . .

# Baca juga :

Tips & Cara mengatasi agar lensa kacamata tidak cepat berembun
7 Cara gila atasi kacamata agar tidak melorot

5 Cara agar kacamata tidak silau disaat terkena cahaya matahari, lampu kendaraan, dll
4/ 5
Oleh

Leave your comment