Thursday, July 4, 2019

Apa itu Roleplayer ? Arti Roleplayer (RP) ?

Beberapa waktu yang lalu, saya sudah membahas sedikit banyak mengenai permainan roleplay dan segala serba-serbinya. Termasuk didalamnya mengenai berbagai istilah dan singkatan yang sering digunakan didalam game roleplay.

Apa itu Roleplayer ? Arti Roleplayer (RP) ?

Nah, mungkin bagi anda yang awam, roleplay dan roleplayer ini agak asing di telinga anda. Karena memang hanya sebagian orang saja yang memainkan game ini. Bisa dibilang kebanyakan dimainkan oleh anak-anak dan remaja era tahun 2011 keatas.



Nah, daripada anda makin bingung, langsung saja simak penjelasan mengenai roleplayer di bawah ini.

# Apa itu roleplayer ?

Roleplayer merupakan sebutan yang ditujukan kepada siapa saja yang memainkan game roleplay (rp). Ya, bisa dibilang siapa saja yang suka main game roleplay, maka si dia otomatis mendapat gelar sebutan "Roleplayer".

# Tugas seorang roleplayer ?

Seorang roleplayer tentunya memiliki tugas untuk memainkan peran didalam game roleplay yang ia mainkan. Peran itu bisa terdiri dari berbagai macam sumber yang ada. Entah itu mengambil dari tema anime dan manga jejepangan. Atau juga dari berbagai jenis novel, film, dan cerita fiksi. Dan banyak juga belakangan ini yang main roleplay dengan mengambil latar belakang kehidupan artis korea (kpop). Dan masih banyak yang lainnya.

Ya, pada dasarnya roleplay dapat diartikan sebagai "Permainan peran". Jadi roleplayer tugasnya ya memainkan peran. Begitu sih simpelnya.


# Bagaimanakah cara bermain game roleplay ?

Ada banyak versi dari yang namanya game roleplay ini. Misalnya yang mengambil tema anime dan manga. Ya didalam memainkan peran tentunya menggunakan chara atau karakter yang masih berhubungan dengan anime dan manga. Misalnya seperti menuliskan berbagai peran yang berisi saling adu jurus dan kekuatan yang ada didalam anime dan manga. Dan lain sebagainya, sesuai dengan plot dan story line yang ditentukan sebelumnya.

Ada juga yang lain lagi, misalnya seperti anak kpop yang mengambil peran. Atau memainkan game roleplay berlatar belakang kehidupan artis korea. Semisal memulai dari perjuangan menjadi artis dalam suatu agensi dan sebagainya. Jadi ya, mainnya saling promosi dan adu kebolehan skill yang berhubungan dengan artis korea / kpop. Misalnya seperti nyanyi, menarik perhatian, akting, perjodohan, dll.

# Tempat bermain game roleplay

Para roleplayer memainkan game roleplay menggunakan media sosial yang ada. Misalnya sebut saja seperti main game roleplay di grup facebook, line, twitter, wa dan sebagainya. Intinya saling berbagi kata dan bergabung dalam komunitas yang sama. Yakni komunitas nak rp (roleplay).

Ya intinya game roleplay ini mengandalkan imajinasi dan kata-kata didalam memainkan peran yang ada. Sehingga game rp ini cukup sulit dipahami bagi orang diluar komunitas roleplay yang ada. Karena game ini tidak menggunakan media semisal video game untuk memainkannya. Jadi ya gitu deh gan, semuanya hanya mengandalkan IMAJINASI.

Ya, saya rasa begitulah kiranya penjelasan mengenai dunia roleplay dan roleplayer ini. Cukup sekian dulu, semoga bermanfaat . . .

# Baca juga :

Apa itu roleplay (RP) ? Cara bermain & istilah dalam roleplay & roleplayer

Apa itu Roleplayer ? Arti Roleplayer (RP) ?
4/ 5
Oleh

Leave your comment