Sunday, July 7, 2019

Pengalaman buruk pakai earphone, headset, headphone dan bahayanya

Memakai earphone tentunya tidak ada masalah jika anda berhati-hati dan wajar dalam menggunakannya. Akan tetapi, jika anda sedikit ceroboh dan bahkan keseringan menggunakan earphone. Tentunya hal ini akan membuat anda mengalami masalah yang cukup serius. Terutama yang menyangkut dengan kesehatan telinga anda.

Pengalaman buruk pakai earphone, headset, headphone dan bahayanya

Nah, apapun jenis perangkat headset yang anda gunakan, baik itu earpods dan headphone sekalipun. Kesemuanya memiliki potensi bahaya yang sama halnya dengan penggunaan earphone. Nah, kebetulan saya memiliki sedikit pengalaman pahit mengenai hal yang bernama earphone ini. Dan saya harap para pembaca sekalian tidak ceroboh seperti apa yang saya lakukan. Dan terhindar dari mara bahaya yang ditimbulkan oleh earphone ini. Langsung saja berikut ceritanya . .. .

Beberapa minggu yang lalu. Saya agak sedikit ceroboh didalam menggunakan earphone. Pasalnya saya tidak mengecek volume audio disaat saya akan menggunakan earphone, karena memang lagi di mute audionya. Akibatnya sesaat saya memasang earphone, dan mendengarkan audio dari film yang saya lihat, kemudian saya mematikan mute audio di hp saya. Eh, tak tahunya volume audio hp saya ada dikisaran 40% keatas. Dan duar, dari sinilah masalah bermula.



Telinga saya menjadi agak sedikit bermasalah. Karena mendengarkan suara yang keras dari earphone. Dan alhamdullillah, telinga saya masih dalam kondisi yang baik-baik saja. Alias tidak sampai pecah gendang telinganya 😭. Yang jelas yang saya rasakan dari menggunakan earphone secara sembrono ini adalah.

1. Kepala jadi pusing, migrain selama beberapa hari.
2. Jika tidur dalam posisi miring, rasanya dibagian dalam telinga jadi cenat-cenut ngak karuan.
3. Telinga menjadi lebih sensitif dengan suara keras, jadi terasa sakit. Serasa seperti diketok-ketok gitu gan.
4. Dan yang jelas, entah darimana telinga saya jadi tinitus (sensasi mendengar suara nging...)

Nah, begitulah kiranya hal buruk yang dirasakan ketika salah dan ceroboh didalam menggunakan earphone ini. Hal ini terjadi karena jalan rambat suara dari earphone langsung masuk kelubang telinga tanpa ada ruang udara yang tersisa. Dan yang jelas karena suara audio yang keras juga gan.


Nah, dari sini saya harap para pembaca sekalian tidak akan mengalami masalah yang sama seperti saya. Jadi, saya harap bijaklah didalam menggunakan earphone. Saran saya adalah . .

# Tips aman pakai earphone

1. Jangan lupa mengecek volume suara sebelum memakai earphone.
2. Jangan terlalu dalam memasukkan earphone kedalam lubang telinga.
3. Jangan sampai ceroboh dan ketiduran sambil memakai perangkat earphone dan sejenisnya.
4. Yang jelas harus selalu waspada.

Nah, begitulah sedikit pengalaman dan tips yang sekiranya bermanfaat bagi para pembaca di luar sana. Semoga saya dan anda para pembaca dapat terhindar dari berbagai bahaya yang ditimbulkan dari kelupaan, ketidaktahuan dan kecerobohan. Dalam kasus ini tentunya didalam penggunaan earphone. Yap, Cukup sekian dulu, semoga bermanfaat . . .

Pengalaman buruk pakai earphone, headset, headphone dan bahayanya
4/ 5
Oleh

Leave your comment