Friday, July 5, 2019

7 Penyebab fps drop di hp android saat main game, browsing, streaming, dll

Fps drop di hp android cukup sering terjadi disaat kita sedang memainkan game, browsing maupun disaat streaming video. Hal ini terjadi bukan karena kebetulan semata. Karena pasti ada sebab atau penyebab yang menyebabkan game, dll yang kita mainkan menjadi drop fpsnya.

7 Penyebab fps drop di hp android saat main game, browsing, streaming, dll

Sebagai contoh misalnya diberbagai jenis game online, semisal game pubg, mobile legend, aov, free fire, honkai impact, dan sejenisnya. Atau juga diberbagai jenis game offline semisal pada game minecraft. Masalah fps drop ini saya kira sudah menjadi langganan bagi sebagian besar orang.

Hal ini pada umumnya, yakni fps drop yang ada di hp android, terjadi karena.....

# Penyebab fps drop di hp android

1. Hp kentang

Apapun jenis hp androidnya, entah itu apa mereknya. Baik itu samsung, oppo, huawei, xiaomi, asus, dll baik root atau non root. Jika versi hp yang anda miliki merupakan smartphone tier bawah, yang memiliki spesifikasi hardware yang rendah. Maka sudah pasti adanya, bahwa nantinya game dan segala jenis aktivitas online lainnya yang anda lakukan akan berujung pada lagging atau fps drop.



Hal ini terjadi karena baik cpu, gpu dan ram anda tidak mampu untuk menanggung segala proses data yang sedang berlangsung. Misalnya disaat main game, internetan, ngeyoutube dan sebagainya. Alhasil ya app dan game jadi sering ngelag, force close dan terkadang yang parah sampai bootloop.

2. Memori Ram yang sudah penuh

Memori ram yang sudah penuh dan jarang dibersihkan juga berperan penting dalam menurunkan performa permainan game yang ada di hp anda.

Jika ram sudah penuh, maka langsung saja dibersihkan. Karena jika tidak, nantinya game dan apl yang anda mainkan akan jadi ngelag, fps ngedrop dan sering force close.

3. Hp yang terlampau panas

Hp yang terlampau panas karena terus-terusan dimainkan juga dapat membuat fps game di hp android jadi menurun. Kalau anda tidak percaya, ya anda bisa membuktikannya sendiri 😂. Coba bandingkan main game di hp setrika ma hp yang normal. Dan bandingkan perbedaannya...

4. Ada gangguan sinyal

Aktivitas online semisal main game online, streaming video dan browsing juga akan terganggu jika koneksi internet anda mengalami gangguan atau tidak stabil. Jika koneksi internet lemot dan sinyal naik turun, otomatis ya ngegame jadi terganggu. Pada akhirnya nanti game online jadi drop fpsnya, jalannya patah-patah, dan jadi afk. Begitu juga disaat anda streaming video, pasti videonya ngak jalan-jalan dan loading terus-terusan.


5. Ada bug dalam game dan aplikasi

Ada juga sebab lain dari dropnya fps didalam sebuah game dan aplikasi yang anda mainkan. Misalnya anda memainkan versi beta atau mod dari sebuah game. Maka hal ini cukup wajar jika nanti akan terjadi bug dan error disaat anda memainkan game dan app yang ada. Dan salah satu error yang terjadi tentu adalah fps drop.

6. Kesalahan pengaturan pada game

Pengaturan game yang salah, penambahan banyak plugin, addons, shaders, dan segala jenis perangkat tambahan lainnya juga dapat membuat game yang anda mainkan menjadi ngelag. Dan fps nya pun akan cenderung melorot, turun sampai 1fps / detik 😂. -Hp lu kentang mz, ngak kuat vuat main gim hd + mod2an.

7. Server penuh / gangguan server

Jika ada masalah didalam server pihak ketiga, semisal server game online, server situs, server tempat streaming video, dll. Hal ini juga dapat membuat fps hp anda menjadi drop. Hal ini sama sekali tidak bisa anda atasi sendiri. Karena masalahnya ada di pusat penyedia layanan game dan app yang ada. Jadi satu-satunya cara untuk memperbaiki masalah ini ya dengan menunggu sampai semua masalah di server diperbaiki oleh pihak pengembang. -Tunggu saja sampai mt selesai gan.

Ya, saya rasa begitulah ke-7 hal yang sering membuat fps drop pada game dan aplikasi yang ada di hp android. Hal ini tentunya juga berlaku bagi game dan app di laptop / komputer. Cuma, ya biasanya yang paling para pc dan laptop jadi ngelag dan fps drop ngak karuan karena ada masalah virus, dll. Cukup sekian dulu, semoga bermanfaat . . .

# Baca juga :

8 Penyebab game lag di android dan cara mengatasinya
Apa itu FPS ? (Pengertian FPS dalam game dan juga genre game FPS)
5 Cara mengatasi lag dan menambah fps minecraft pe / mcpe android
7 Penyebab game online jadi lag, macet, patah-patah di hp android

Artikel terkait

7 Penyebab fps drop di hp android saat main game, browsing, streaming, dll
4/ 5
Oleh

Leave your comment