Sunday, August 25, 2019

Apa itu nijikon ?, Arti, pengertian, ciri, gejala nijikon

Bagi anda yang sering nongkrong di grup dan forum anime manga. Tentunya anda sering melihat berbagai postingan yang isinya tentang rebutan waifu, pamer waifu, dan juga terkadang ada orang yang jualan bantal guling / bantal peluk yang ada gambar animenya (dakimakura 抱き枕). Hal ini tentunya sudah masuk kedalam ciri dan gejala dari nijikon.

Apa itu nijikon ?, Arti, pengertian, ciri, gejala nijikon

# Apa itu nijikon ?

Jika anda bertanya apasih nijikon itu ?, Apa arti dari istilah kata nijikon didalam bahasa jepang. Maka beginilah jawabannya . . .

Nah, pada dasarnya nijikon (二次コン) ini bisa dibilang termasuk kedalam kategori penyakit psikologis 😂. Dan banyak sekali para otaku dan juga wibu yang memiliki penyakit nijikon ini.



Nijikon didalam bahasa jepang awal mulanya berasal dari istilah kata "二次元コンプレックス / Nijigen konpurekkusu". Atau jika diterjemahkan kedalam bahasa indonesia dapat diartikan sebagai 2D kompleks. Yakni adalah orang-orang yang hanya memiliki ketertarikan fisik maupun secara emosi terhadap gambar 2D.

Mereka para nijikon ini lebih mencintai dunia 2D, seperti pada cowok dan cewek didalam anime, manga, novel maupun game yang ada. Intinya mereka para nijikon ini tidak suka dan kehilangan minat dengan manusia yang masih satu spesies dengannya. Dan malah lebih menyukai cewek / cowok didalam dunia anime manga.

# Ciri-ciri dan gejala yang menandakan seorang nijikon

Untuk ciri-ciri dari nijikon ini sendiri cukup mudah untuk dikenali. Kuncinya hanya terletak pada ketertarikan pada dunia 2D saja. Untuk selengkapnya misalnya seperti yang tersebut di bawah ini.

1. Jomblo

Yap, kebanyakan para otaku yang menjadi nijikon. Mereka adalah orang-orang yang masih jomblo dan sengaja ngejomblo di dunia nyata. Mereka enggan untuk membuat hubungan serius dengan lawan jenisnya. Dan mereka sangat setia dengan waifu atau juga husbunya.

2. Punya waifu / husbu

Para nijikon pastinya memiliki satu atau dua karakter istri / suami 2D yang di sukainya. Mereka memiliki waifu atau juga husbu sebagai pengganti pasangan yang ada di dunia nyata. Menurut mereka karakter 2D lebih menarik daripada karakter 3D / sesama manusia.


Alasan klasik para nijikon untuk menyukai waifu / husbu 2d ini misalnya adalah.

- Pernah disakiti oleh lawan jenis di dunia nyata. (Trauma)
- Kecantikan dan ketampanan karakter 2D tidak ada taranya.
- Karakter 2D atau karakter anime mulus-mulus 😂.
- Dapat membangkitkan gairah dan semangat mereka. (Misalnya suara karakter anime yang imut, atau yang lainnya).
- Dan lain sebagainya . . .

3. Bernafsu pada karakter anime / 2D

Para nijikon juga memiliki nafsu terhadap karakter anime, manga, atau juga game. Maka dari itu, dikalangan para wibu otaku yang nijikon. Mereka seringkali melampiaskan nafsunya, atau mencari bahan 8@©0!_ dengan cara melihat anime dan juga manga hentong.

4. Tidak terlalu tertarik dengan manusia lainnya

Bagi mereka manusia asli, terutama lawan jenis tidak terlihat begitu menarik dan atraktif. Kecantikan mereka, ketampanan mereka, sifat mereka para manusia tidak bisa dibandingkan dengan kecantikan dan ketampanan para karakter 2D yang ada. Selain itu ada juga yang merasa jijik terhadap manusia yang lainnya. Misalnya karena baulah, banyak keringat lah, bentuk anunya yang kurang sempurnalah, munafiklah dan sebagainya.

Apa itu nijikon ?, Arti, pengertian, ciri, gejala nijikon

5. Memiliki banyak aksesoris yang berhubungan dengan anime dan manga

Para nijikon rela menghabiskan banyak uang hanya untuk membeli action figure dan juga berbagai aksesoris lain yang berhubungan dengan waifu atau juga husbandonya. Misalnya didalam kamarnya dipajang banyak poster waifu / husbu. Di motor atau mobil ditempeli stiker waifu / husbu. Bantal gulingnya pakai dakimakura bergambar waifu / husbu. Dan masih banyak yang lainnya. . .

6. Menghabiskan waktu untuk menonton anime / membaca manga

Sudah jelas adanya. Para nijikon pada dasarnya merupakan salah satu dari sekian banyak penyakit psikologis yang menjangkiti para otaku penggemar anime. Jadi sudah wajar adanya, bagi para nijikon ini. Di kesehariannya selalu diisi dengan berbagai aktivitas yang berhubungan dengan anime, manga dan juga game.

Nah, begitulah kurang lebih pengertian dan ciri-ciri serta gejala dari nijikon yang sering melanda para kaum otaku dan wibu di luar sana. Pertanyaannya sekarang adalah, apakah anda juga termasuk seorang nijikon 😂 ?...

# Baca juga :

Pengertian chuunibyou, ciri, gejala, jenis, contoh sindrom Chūnibyō
Apa itu arti waifu dan husbando dalam dunia perwibuan, dan otaku anime ?
Apa itu Hikikomori ? Ciri-ciri dan penyebab seseorang menjadi Hikikomori ?
19 Fakta anak anime, animers, wibu, otaku dan sejenisnya

Artikel terkait

Apa itu nijikon ?, Arti, pengertian, ciri, gejala nijikon
4/ 5
Oleh

Leave your comment