Saturday, August 24, 2019

Pengertian chuunibyou, ciri, gejala, jenis, contoh sindrom Chūnibyō

Chuunibyou, selain merupakan sebuah judul anime yang populer dimasanya. Yakni anime "Chuunibyou Demo Koi ga Shitai". Ternyata chuunibyou ini merupakan sebuah penyakit yang banyak melanda kaum wibu dan juga otaku penggemar anime. Bagi anda sendiri yang seorang otaku atau juga wibu, tentunya hal ini sudah tidak asing lagi. Karena mungkin saja anda sendiri juga setiap hari malah melakukan praktek ngechuuni ini 😂.

Pengertian chuunibyou, ciri, gejala, jenis, contoh sindrom Chūnibyō

Yap, kembali ke topik utama kita kali ini. Jadi Apakah kiranya pengertian atau arti dari chuunibyou ini ?. Untuk selengkapnya simak saja penjelasan di bawah ini.

# Sejarah awal mula munculnya istilah chuunibyou

Hikaru ijuin merupakan orang yang dianggap pertama kali menggunakan dan mempopulerkan istilah chuunibyou ini. Hal ini tepatnya terjadi pada tahun 1999 pada bulan november. Dimana hikaru ijuin pada acara radionya yang berjudul UP'S, ia menyatakan bahwa "Aku (hikaru ujin) sedang mengontrak chuunibyou dirinya sendiri". Dan dia kemudian membuka bagian di acaranya dan berkata "Apakah saya sakit ?, Oh itu hanya chuunibyou". Yang mana hal ini terjadi saat ia membaca "kasus" orang yang memanifestasikan chuunibyou.

Dan selanjutnya ijuin mendefinisikan tentang pengertian chuunibyou ini sebagai sebuah hal yang biasa dilakukan oleh anak-anak sekolah menengah kelas 2, atau juga anak sekolah kelas 8. Dan dari sinilah kepopuleran istilah chuunibyou mulai meroket dan terkenal sampai saat ini juga.



# Arti, pengertian dasar chuunibyou

Nah jika anda bertanya apa itu chunibyo ?, Maka inilah jawabannya. Pada dasarnya kata Chuunibyou berasal dari istilah 中 学校 二年 (chuugakkou ni-nen, "Tahun kedua sekolah menengah / kelas dua smp / kelas 8") dan 病 (byou, "sindrom"). Kedua istilah kata tersebut jika digabungkan maka akan memiliki sebuah makna "Sindrom tahun kedua sekolah menengah" atau juga "Sindrom kelas dua smp".

Nah, begitulah pengertian dasar dari istilah chuunibyou ini. Dan pada perkembangannya, istilah chuunibyou ini juga mengalami banyak evolusi. Misalnya seperti ada istilah baru mengenai sindrom anak kelas dua sma yang disebut sebagai kounibyou (高二 病), dan juga sindrom anak kelas dua sd atau yang sering disebut sebagai shounibyou (小 二 病).

# Pengertian umum chuunibyou

Seperti yang tersebut diatas. Pada dasarnya chuunibyou ini adalah sebuah sindrom atau penyakit yang dialami oleh anak kelas dua smp, yang mana mereka bertindak dengan cara memanifestasikan delusinya. Seolah mereka memiliki kekuatan khusus atau spesial yang tidak dimiliki oleh orang lain.

Dan didalam perkembangannya, istilah chuunibyou ini tidak dikhususkan lagi untuk menyebut anak kelas dua smp semata. Namun untuk orang lain, semisal para remaja sma, bahkan para pemuda dan orang dewasa sekalipun. Asal mereka menunjukkan berbagai ciri, gejala dan perilaku yang menandakan chuunibyou. Maka mereka juga dapat disebut mengidap sindrom chuunibyou ini. Dan hal ini biasanya terjadi pada para otaku penggemar anime dan manga.

# Ciri-ciri dan gejala perilaku chuunibyou

Banyak gejala yang menandakan orang sedang mengalami sindrom chuunibyou ini. Namun yang paling mencolok tentunya terletak pada cara bicara dan perilaku orang yang ngechuuni ini. Untuk selengkapnya berikut ciri-ciri orang yang mengalami sindrom kelas dua smp.

1. Berpikir bahwa dirinya memiliki kekuatan spesial / kekuatan khusus yang tidak dimiliki oleh orang lain. Biasanya mereka mengkhayalkan punya kekuatan hebat seperti berbagai karakter anime yang ada. Semisal bisa rasenggan, punya kekuatan mata yang hebat (sharinggan), dll.

2. Berkata-kata lebay, berlebihan, seolah dirinya merupakan orang pilihan, orang khusus yang memiliki kekuatan hebat. Biasanya sering menirukan perkataan karakter anime.

3. Bertindak atau berperilaku yang aneh, semisal seperti menutup mata sebelah kiri. Melakukan gestur tubuh yang dikira keren, dan sebagainya.

Pengertian chuunibyou, ciri, gejala, jenis, contoh sindrom Chūnibyō
Dark flame master

# Contoh perilaku chuunibyou

Sebagai contohnya anda dapat membayangkan karakter pada gambar yang ada diatas. Si dia melakukan gestur tubuh, dan raut wajah yang seperti demikian. Kemudian dia mulai berkata-kata seperti ini, "Kukukuku, hahahaha, sambutlah diriku yang mulia ini, raja dari segala raja, penguasa kegelapan yang abadi, penguasa kekuatan mata iblis yang dapat menggelapkan dunia, -DARK FLAME MASTER". 😈

Ya, begitulah sedikit gambaran contoh dari orang-orang yang mengalami sindrom chuunibyou.


# Berbagai macam jenis sindrom chuunibyou

Nah, sindrom chuunibyou ini pada dasarnya menurut delusi kekuatan yang ada, terbagi menjadi 4 bagian besar. Diantaranya adalah.

1. DQN (DQN 系, dokyun-kei)

Berpura-pura jadi anti sosial, atau juga berpura-pura jadi villain, jadi berandalan yang sok gue banget. Padahal sebenarnya dirinya sendiri tidaklah bersifat seperti demikian.

Para chuunibyou yang bertipe ini seringkali berlagak seperti penjahat. Sering mengarang cerita seolah dia adalah ketua gangster, sering terlibat perkelahian yang epic dan sebagainya. Misalnya mengkhayal jadi genji. Padahal semua tindakan dan cerita yang diutarakannya hanyalah sebuah fiktif belaka, alias boongan gan.

2. Subkultural / Hipster (サ ブ カ ル 系, sabukaru-kei)

Para chuunibyou yang bertipe seperti ini selalu bertindak anti-mainstream. Mereka berkata, dan berperilaku yang berbeda dari kebiasaan lingkungan pergaulan yang ada di sekitarnya.

Dan faktanya Orang-orang dari jenis ini tidak benar-benar menyukai subkultur itu sendiri, tetapi lebih berusaha untuk mendapatkan faktor "keren" dengan tidak memiliki minat yang sama dengan orang lain. Alias cuma berlagak sok cool doang.

Sebagai contoh misalnya ada orang yang berpura-pura dan bertindak seperti layaknya orang jepang, orang zaman abad pertengahan, berlagak jadi seperti bangsawan, berpura-pura jadi orang dari masa depan, jadi sok tahu dan sebagainya.

Pengertian chuunibyou, ciri, gejala, jenis, contoh sindrom Chūnibyō

3. Evil Eye (邪 気 眼 系, jakigan-kei)

Tipe yang ketiga ini sepertinya yang paling banyak. Yakni adalah para chuunibyou yang merasa didalam dirinya terdapat sebuah kekuatan hebat, kekuatan supernatural yang tidak dimiliki oleh orang lainnya. Kekuatan tersembunyi yang terpendam didalam dirinya.

Sebagai contoh misalnya seperti kekuatan mata iblis, kekuatan dari dalam 😂, kekuatan bloodline. Intinya tipe yang ketiga ini tipe delusi, suka mengkhayal yang aneh-aneh. Sebagai contoh adalah anak-anak dan orang yang ngaku-ngaku jadi anak indihome, eh indigo.

4. Denpa / denpa-kei

Dan yang terakhir ini merupakan para chuunibyou yang merasa seperti lone hero / pahlawan yang kesepian. Merasa dirinya sebagai seorang yang sendirian di dunia. Merasa tidak ada yang setara dengan kemampuan dirinya.

Misalnya mereka mengkhayal bahwa dirinya adalah seorang alien, atau juga jadi reinkarnasi dari orang di dunia lain (isekai), atau juga jadi seorang time traveller, dan sebagainya. Intinya mereka berperilaku seolah dirinya sendiri yang cuma tersisa di dunia ini. Sedangkan orang lain dianggap seperti orang asing.

Yup, cukup sekian dulu. Begitulah berbagai penjelasan mengenai pengertian chuunibyou, asal muasal munculnya kata chuunibyou, ciri dan gejala sindrom chuunibyou, contoh perilaku chuunibyou, dan juga berbagai macam jenis chuunibyou. Semoga bermanfaat . . .

# Baca juga :

7 penyakit psikologis yang melanda otaku penggemar anime
7 Persamaan & perbedaan manga, manhwa dan manhua
Ciri, Pengertian dan perbedaan anime seinen dan josei
Arti / Pengertian dan perbedaan anime shounen dan shoujo beserta contohnya

Artikel terkait

Pengertian chuunibyou, ciri, gejala, jenis, contoh sindrom Chūnibyō
4/ 5
Oleh

Leave your comment