Saturday, September 7, 2019

Efek membaca novel romantis ternyata berbahaya

Membaca novel, terutama yang memiliki genre romansa percintaan. Alias membaca novel romantis yang berisi tentang bucin dan cinta-cintaan. Hal ini dapat mengakibatkan sejumlah efek negatif atau dampak buruk bagi para penikmat dan pembacanya.

Efek membaca novel romantis ternyata berbahaya

Jika anda suka membaca cerita fiksi, novel dan cerpen yang bergenre cinta-cintaan. Hal ini mungkin saja dapat menjadi sarana hiburan yang murah meriah. Terutama bagi anda orang-orang introvert dan no life di luar sana. Tentunya membaca novel bergenre romansa dapat menjadi sarana pelipur lara bagi hati anda yang sedang dilanda duka. Misalnya karena ngejones berkepanjangan.

Namun, jika anda sudah kecanduan atau terlalu banyak membaca novel romantis ini. Maka akan ada banyak sekali dampak buruk yang menghantui anda. Diantaranya misalnya seperti . . .

# Efek negatif dari membaca novel romantis

1. Ekspektasi yang tidak sesuai dengan realita

Bisa dibilang latar tempat dan cerita dikebanyakan novel romansa hanyalah fiktif belaka. Cerita yang bertema tentang kepahlawanan dan percintaan. Semisal ada seorang pangeran tampan yang menyelamatkan putri cantik, atau ada gadis desa yang dilamar raja, dan sebagainya.



Hal ini dapat membuat seseorang menjadi terlalu banyak berharap agar dirinya dapat menjadi salah satu karakter yang ada didalam novel tersebut. Misalnya ingin dilamar pangeran tampan, atau juga ingin mendapatkan sesosok wanita idaman yang cantik jelita layaknya seorang putri bangsawan, dan sebagainya. Yang kenyataannya sangat sulit untuk didapatkan di kehidupan nyata.

2. Mempengaruhi pola pikir pembaca

Banyak hal yang salah dan dilebih-lebihkan didalam cerita novel romansa. Misalnya hal ini menyangkut tentang gambaran penulis terhadap perempuan, terhadap sistem politik, sistem pemerintahan, kerajaan, hubungan di masyarakat dan sebagainya.

Pandangan penulis ini, jika ditelan mentah-mentah oleh para pembaca. Maka hal ini dapat berbahaya dan mempengaruhi pola pikir serta perilaku para pembaca kedepannya.

3. Banyak berkhayal dan berdelusi

Seiiring bertambahnya jam baca anda didalam membaca novel romantis. Maka lambat laun anda akan hanyut didalamnya. Dan dari herbagai scene atau adegan cerita yang ada didalam novel. Nantinya hal ini akan berlanjut di dunia nyata dengan sejumlah khayalan dan delusi yang ada. Dan bahkan bisa saja sampai larut terbawa ke alam mimpi. Jika hal ini dibiarkan, tentunya dapat menganggu aktivitas anda sehari-hari.

4. Membuang banyak kesempatan dan waktu

Seperti apa yang tersebut diatas, jika anda sudah keasikan membaca novel dan sampai lupa waktu. Maka otomatis hal ini akan menguras banyak waktu luang anda. Anda akan banyak membuang-buang waktu dan kesempatan didalam hidup, gara-gara setiap hari dan setiap waktu terus membaca novel romantis.


5. Membuat orang menjadi malas

Jika anda sudah banyak membuang waktu dengan membaca novel, maka hal ini bisa disebut sebagai kemalasan yang nyata. Anda nantinya akan enggan mengerjakan pekerjaan lain, karena sudah terlena dan keasikan membaca novel romansa.

6. Memperbanyak dosa dan kesalahan

Didalam novel romantis biasanya banyak sekali adegan-adegan percintaan yang digambarkan sampai kelewat batas. Misalnya hal yang tabu semisal seperti adegan skidipapap hohohihe bin nganu 😂. Yang tentunya dapat membuat anda menjadi berdosa karena mengkhayalkan yang tidak-tidak.

Selain itu angan-angan anda untuk melakukan adegan seperti yang ada di novel. Jika anda benar-benar melakukannya di dunia nyata, kan bisa gawat jadinya. Apalagi sampai melakukan berbagai tindak kejahatan. Pokoknya berbahaya lah . . .

Yap, cukup sekian dulu. Begitulah kiranya dampak negatif atau efek buruk dari keseringan membaca novel romantis. Pada intinya membaca novel itu boleh-boleh saja, asal tahu genre, tempat dan waktunya. Semoga bermanfaat . .

# Baca juga :

4 Dampak negatif membaca novel bagi remaja dan semua usia
Apa itu visual novel ? dan apa itu game visual novel ?
Pengertian dan perbedaan novel wuxia, xianxia dan xuanhuan
5 Lightnovel dan webnovel genre isekai yang wajib dibaca

Artikel terkait

Efek membaca novel romantis ternyata berbahaya
4/ 5
Oleh

Leave your comment