Friday, September 6, 2019

4 Dampak negatif membaca novel bagi remaja dan semua usia

Bahan bacaan sangat berpengaruh kepada diri seseorang. Termasuk dalam hal ini adalah bacaan yang berupa cerita fiksi semacam cerpen dan juga novel. Besar kecilnya pengaruh novel, misalnya pengaruh novel bagi remaja. Tergantung dari jenis novel apa yang dibaca, dan berapa waktu lama membaca novel yang ada. Singkatnya semuanya tergantung dari genre dan juga durasi waktu membaca novel.

4 Dampak negatif membaca novel bagi remaja dan semua usia

Nah, selain manfaat atau dampak positif dari membaca novel. Tentunya efek buruk atau dampak negatif dari membaca novel ini juga dapat dirasakan siapa saja. Terutama bagi para remaja yang suka membaca novel bergenre fantasi maupun romansa (novel romantis). Kesemuanya memiliki sisi positif dan negatifnya.

Dan kebetulan kita kali ini akan membahas mengenai dampak buruk, atau efek negatif dari aktivitas membaca novel ini.

# Kerugian membaca novel, dampak buruk akibat keseringan baca novel

Nah, jika anda bertanya apa saja dampak negatif akibat keseringan membaca cerpen, novel maupun fanfic yang ada ?. Maka berikut inilah jawabannya.

1. Membuang banyak waktu

Nah, salah satu efek negatif dari membaca novel ini adalah terbuangnya banyak waktu hanya untuk membaca novel fiksi yang tidak terlalu berguna di kehidupan nyata. Alias hanya sebagai media hiburan semata.



Jika anda terbiasa membaca novel dalam jangka waktu yang lama. Maka anda akan banyak membuang waktu dan kesempatan lain yang bisa dikerjakan di dunia nyata. Selain itu, misalnya prestasi belajar anda juga bisa menurun. Karena banyak waktu luang yang disia-siakan hanya untuk membaca novel. Dan dari sini tentunya anda akan menjadi malas dan mager untuk mengerjakan sesuatu, karena sudah keasikan membaca novel.

2. Banyak mengkhayal

Didalam membaca novel memanglah dibutuhkan penghayatan dan juga daya imajinasi yang tinggi. Namun jika anda sudah terbiasa dan keterusan membaca novel. Maka hal ini akan berdampak dikehidupan nyata anda. Nantinya anda akan sering berkhayal menjadi salah satu tokoh karakter yang ada didalam novel, dan sejenisnya.

Misalnya jika anda membaca novel fantasi, maka anda akan berkhayal seolah memiliki kekuatan khusus seperti orang-orang yang terkena chuunibyou. Begitu juga bagi anda yang suka membaca novel romantis. Maka efek dari membaca novel romantis ini juga akan terbawa di dunia nyata. Misalnya anda berkhayal jadi tuan putri, jadi pangeran, jadi raja harem dan sebagainya.

3. Mengharapkan sesuatu yang tidak nyata

Karena keseringan mengkhayal, otomatis nanti anda akan banyak memikirkan hal yang tidak-tidak. Anda akan jadi keseringan berharap dan berandai-andai untuk mendapatkan sesuatu yang sama sekali tidak bisa digapai.

Misalnya anda ingin punya kekuatan super, ingin jadi kaya tanpa usaha, ingin pergi ke isekai, dan lain sebagainya. Intinya kebanyakan mengkhayal itu tidaklah baik gan.


4. Mempengaruhi pola pikir dan perilaku

Nah, jika anda keseringan membaca novel dengan genre yang sama. Atau mungkin anda sudah membaca berbagai jenis novel dari berbagai genre. Maka apa yang ditulis oleh sang novelis, secara sadar atau tidak, sedikit banyak akan mempengaruhi cara berpikir anda. Dan pada akhirnya anda akan meniru sedikit banyak pola pikir dan perilaku karakter yang ada didalam novel.

Sebagai contoh misalnya jika anda selalu saja membaca novel fantasi yang karakter utamanya suka nipu, con master, cunning mc, licik dan banyak siasatnya. Maka percaya atau tidak, lama-kelamaan anda akan meniru gaya bicara, pola pikir dan perilaku karakter kesukaan anda tersebut.

Kurang lebih begitulah, sedikit banyak efek negatif dari membaca novel bagi remaja dan semua orang. Pada intinya sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik, jadi pandai-pandailah dalam mengatur waktu. Termasuk didalamnya tentu disaat membaca novel maupun karya fiksi lainnya. Agar nantinya anda tidak merasakan kerugian dari keseringan baca novel ini. Semoga bermanfaat . .

# Baca juga :

Pengertian dan perbedaan Novel, Webnovel (WN) dan Light novel (LN)
Pengertian dan perbedaan novel wuxia, xianxia dan xuanhuan
5 Lightnovel dan webnovel genre isekai yang wajib dibaca
Arti dan macam jenis POV (sudut pandang) dalam novel, cerita fiksi, manga, film, dll

Artikel terkait

4 Dampak negatif membaca novel bagi remaja dan semua usia
4/ 5
Oleh

Leave your comment