Wednesday, April 19, 2017

Pengertian dan perbedaan Novel, Webnovel (WN) dan Light novel (LN)

Yup sobat yang biasa-biasa saja 😂. Kali ini mari kita membahas mengenai novel, web novel dan juga light novel. Ketiga jenis karya sastra ini perlahan tapi pasti mulai kembali booming di jagat maya. Terutama dikalangan anak muda dan remaja otaku wibu, tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan istilah isekai dan juga xianxia. Karena kedua genre novel fantasi tersebutlah yang di dekade ini banyak digemari oleh kebanyakan pemuda di seluruh dunia.

Pengertian dan perbedaan Novel, Webnovel (WN) dan Light novel (LN)

# Pengertian Novel

Novel adalah sebuah karya satra atau karya tulis yang berisi dan menceritakan tentang kehidupan tokoh utama atau karakter utama dan orang-orang di sekelilingnya. Cerita di dalam novel sangat panjang dan kompleks, karena menceritakan sesuatu atau kejadian yang ada di dalam cerita dengan sangat mendetail. Bisa dibilang diceritakan secara lengkap sampai keakar-akarnya. Misalnya didalam novel dituliskan tentang latar belakang karakter, latar tempat kejadian, suasana disekitar karakter dan sebagainya.

Isi cerita didalam sebuah novel tentunya sangatlah bervariasi, alur dan tema yang ada didalam sebuah novel bervariasi sesuai dengan apa saja yang dituliskan oleh para novelis (pengarang novel) tersebut. Bisa saja novel bercerita tentang romansa percintaan, peperangan, balas dendam, fantasi, perjuangan, dan lain sebagainya.



# Pengertian webnovel

Webnovel (WN) adalah sebuah novel yang ditulis dan dipublikasikan melalui dunia maya atau melalui sebuah situs di internet. Jadi singkatnya webnovel ini merupakan novel yang diterbitkan secara khusus di internet. Contoh dari situs yang menyediakan layanan webnovel ini misalnya adalah seperti qidian internasional atau webnovel.com, syosetu dan juga munpia.

Nah, Cerita di dalam webnovel pada intinya sama saja dengan cerita yang ada di dalam novel yang dipublikasikan atau dijual di dunia nyata. Hanya saja web novel di publikasikan di internet dan dapat dibaca oleh khalayak ramai secara gratis, namun ada juga yang berbayar. Sedangkan kebanyakan novel yang diterbitkan di dunia nyata harus membayar terlebih dahulu baru bisa membaca isi novelnya (harus membeli novelnya dahulu).

Pada umumnya tema web novel yang terkenal di negara-negara asia banyak yang mengambil tema fantasy. Contohnya seperti website syosetu di jepang yang terkenal dengan novel-novel isekainya, misalnya saja re:zero, overlord, dan lainnya. Dan ada juga qidian di china yang menyajikan novel xianxia, wuxia dan xuanhuan yang sangat menarik untuk dibaca. Dan ada juga web munpia di korea yang terkenal dengan novel bertema vrmmorpg, kiamat, dan game nya.

# Pengertian Light novel

Nah setelah Webnovel (wn), ada juga yang namanya Light novel (LN). Langsung saja, Apakah Light novel itu ?, Pada dasarnya Light novel adalah sebuah novel ringan yang berisi kurang lebih 50 ribu-60000 kata. Yang dipasarkan atau mengambil target pembaca untuk para remaja dan pemuda.



Tema cerita yang ada di dalam Light novel cukup mudah dipahami dan enak dibaca dikalangan pemuda, misalnya saja ada Ligth novel overlord, konosuba, tate no yuusha, Tensei Shitara Slime Datta Ken, dll yang sangat terkenal di jepang dan diseluruh dunia. Sampai-sampai dibuatkan anime dan movienya, selain itu masih banyak lagi judul light novel yang terkenal. Dan pada umumnya, kebanyakan light novel adalah jebolan dari situs syosetu di jepang, yang ditulis oleh para remaja dan pemuda.

Ya, karena pada dasarnya lightnovel ini merupakan novel ringan yang ditujukan untuk kalangan pemuda dan remaja. Maka kebanyakan tema dari light novel ini pastinya masih tidak jauh-jauh dari yang namanya komedi, sekolahan, kekuatan superpower, supernatural, game dan juga percintaan dikalangan remaja dan pemuda.

# Perbedaan webnovel dan light novel

Dari penjelasan yang sudah tersebut diatas. Dapat ditarik kesimpulan, pada dasarnya perbedaan antara webnovel dan lightnovel ini hanya terletak pada bentuk fisik, tempat penerbitan, target pemasaran dan juga harga jual novelnya saja.

- Perbedaan antara webnovel dan lightnovel

1. Bentuk novel | webnovel : data digital, lightnovel : buku.
2. Tempat terbit | webnovel : situs online, lightnovel : toko buku.
3. Target pemasaran | webnovel : semua umur - tergantung rating, lightnovel : umumnya untuk kalangan remaja dan pemuda.
4. Harga jual | webnovel : gratis - berbayar, lightnovel : kebanyakan berbayar.

Ya begitulah kiranya pengertian dari novel, Webnovel dan Light novel. Untuk selanjutnya saya akan membahas tentang genre webnovel di china yang cukup terkenal. Yaitu genre wuxia, xianxia dan xuanhuan. Yang bertema tentang kultivasi dan keganasan para karakter utama dalam memperoleh kekuatan.

# Baca juga :

Apa itu arti dan pengertian isekai ?
Pengertian dan contoh pov 3 - sudut pandang orang ketiga pengamat & serba tahu didalam novel, cerita fiksi, dll
Pengertian dan perbedaan novel wuxia, xianxia dan xuanhuan
Arti mc dan heroine dalam anime, manga, novel & bahasa gaul ala netizen

Artikel terkait

Pengertian dan perbedaan Novel, Webnovel (WN) dan Light novel (LN)
4/ 5
Oleh

2 comments

November 6, 2018 at 12:00 PM delete

Terimakasih atas penjelasan singkatnya

Reply
avatar

Leave your comment