Saturday, July 27, 2019

Pengertian dan contoh pov 3 - sudut pandang orang ketiga pengamat & serba tahu didalam novel, cerita fiksi, dll

Kali ini lanjutan dari topik kemarin, yakni lanjutan dari pov 1 dan pov 2. Alias sudut pandang orang pertama dan kedua yang ada didalam novel dan cerita fiksi. Sekarang waktunya kita membahas mengenai pov 3, atau sudut pandang orang ketiga yang ada di dalam cerita fiksi atau novel.

Pengertian dan contoh pov 3 - sudut pandang orang ketiga pengamat & serba tahu didalam novel, cerita fiksi, dll

# Pengertian Pov 3 - sudut pandang orang ketiga didalam novel, cerita fiksi, dll

Sudut pandang orang ketiga didalam suatu cerita, didalam penggunaannya menggunakan kata ganti orang ketiga. Baik itu kata ganti tunggal semacam dia, ia, maupun kata ganti jamak semisal mereka.

Nah, tujuan dari penggunaan pov 3 atau sudut pandang orang ketiga ini adalah dengan maksud untuk mendeskripsikan suatu karakter dari sudut pandang atau perspektif karakter lainnya. Sebagai contoh mudahnya, misalnya di beberapa novel fantasy yang ada, biasanya di webnovel maupun lightnovel isekai. Kita sering menemukan side character pov. Yang mana didalamnya seorang karakter sampingan menyampaikan pemikirannya mengenai karakter utama yang ada.



Sama seperti pov 1 yang terbagi menjadi dua. Pov ke 3 ini juga terbagi menjadi dua, yang pertama adalah sudut pandang orang ketiga pengamat. Dan yang kedua adalah sudut pandang orang ketiga serba tahu.

- Contoh pov 3 pengamat - Sudut pandang orang ketiga pengamat

Seperti yang sudah tersebut diatas. Side character pov didalam suatu novel merupakan salah satu contoh dari penulisan pov 3 pengamat ini. Dalam artian, seorang karakter mendeskripsikan karakter lain hanya sebatas pengetahuan yang ia tahu. Alias sebatas praduga, dan hasil pengamatannya sendiri yang terbatas. Sebagai contoh ringan dari pov 3 pengamat ini misalnya adalah.

Adventurer pov :

Wow siapa sangka anak kecil itu ternyata seorang petualang tingkat s. Wajar saja aku dibuat bingung dengan seberapa mudahnya ia mengalahkan raja goblin. Selain sering dikira anak kecil, setelah mencari beberapa info. Ternyata dia adalah seorang elf yang sudah berumur diatas 50 tahun.

Ternyata memang sulit menilai kemampuan orang hanya dengan modal melihat penampilannya saja. Ya sudahlah, sepertinya aku harus berjuang lebih keras lagi untuk meningkatkan kemampuanku. Setidaknya perjalananku sebagai seorang petualang masih sangat panjang.

- Contoh pov 3 serba tahu - Sudut pandang orang ketiga serba tahu

Nah, yang terakhir yakni pov 3 serba tahu. Sudut pandang orang ketiga serba tahu ini berperan sebagai narator. Dimana penulis novel atau cerita mendeskripsikan apa-apa yang sedang terjadi dengan berbagai karakter dan berbagai latar kejadian yang ada didalam novel.


Sebagai contoh misalnya, masih didalam novel overgeared chapter 1056.

Bahasa inggris :

Grid made a plan and shouted, “Sticks!”

Was this the feeling when Jin X Gu called Dorae X Mon? Grid was excited every time he called Stick’s name. He had the confidence that Sticks would surely live up to his expectations.

“Ha... Why are you calling during class?”

Sticks was the principal and teacher at the Overgeared Academy. A few days ago, he gave Grid the ‘long-distance communication earphones’ which had been developed at Reidan’s alchemy facility, and this allowed him to hear Grid’s voice within the range of a certain distance. Grid got to the point straight away, “Take me to Reidan.”

Bahasa indonesia :

Grid membuat rencana dan berteriak, "Sticks!"

Apakah ini perasaan ketika Jin X Gu memanggil Dorae X Mon? Grid bersemangat setiap kali dia memanggil nama Stick. Dia memiliki keyakinan bahwa Stick pasti akan memenuhi harapannya.

"Ha ... Kenapa kamu menelpon saat ada pelajaran ?"

Stick adalah kepala sekolah dan guru di Akademi Overgeared. Beberapa hari yang lalu, ia memberi Grid 'earphone komunikasi jarak jauh' yang telah dikembangkan di fasilitas alkimia Reidan, dan ini memungkinkannya untuk mendengar suara Grid dalam jarak jarak tertentu.

Grid langsung ke pokok permasalahan, "Bawa aku ke kota Reidan."

Yap, begitulah contoh dari pov 3 serba tahu. Pada contoh diatas ada kalimat yang mendeskripsikan karakter dan apa yang sedang dilakukannya. Begitulah adanya mengenai sudut pandang orang ketiga serba tahu.

Nah, dengan ini maka komplit sudah pembahasan mengenai pov 1, pov 2, dan juga pov 3. Bagi yang suka nulis di blog dan wattpad, barang kali beberapa postingan yang saya tulis belakangan ini dapat bermanfaat. Cukup sekian dulu, tetap nongkrong saja di blogbiasa.com ini. Semoga berhasil . . .

# Baca juga :

Arti dan macam jenis POV (sudut pandang) dalam novel, cerita fiksi, manga, film, dll
Apa itu pengertian fanfiction, fanfic, ff dan fanficcer ?
Mengenal POV 1 - sudut pandang orang pertama didalam novel, cerita fiksi, dll
Pengertian dan contoh pov 2 (sudut pandang orang kedua) pada novel, cerita fiksi, dll

Artikel terkait

Pengertian dan contoh pov 3 - sudut pandang orang ketiga pengamat & serba tahu didalam novel, cerita fiksi, dll
4/ 5
Oleh

Leave your comment