Thursday, November 22, 2018

8 Penyebab game lag di android dan cara mengatasinya

Saat bermain game di hp android, apapun jenis gamenya. Baik itu game offline seperti minecraft, atau juga game online seperti pubg, aov, ml (mobile legends), free fire, toram dan sebagainya. Terkadang disaat itu juga game menjadi lag, lelet, lemot, lambat, patah-patah dan parahnya malah keluar sendiri (force close).

Nah, sebenarnya apasih yang menyebabkan lagnya suatu game yang ada di hp android ?. Untuk jawaban selengkapnya simak saja penjelasannya di bawah ini.

8 Penyebab game lag di android dan cara mengatasinya

# 8 Penyebab game lag di android

1. Spesifikasi hp android

Memang benar adanya, jika spesifikasi hp android yang anda pakai sangatlah minim. Maka sudah jelas jika disaat anda memainkan berbagai jenis game. Apalagi game-game yang memiliki graphic 3D, dan juga berbagai jenis game online. Maka sudah bisa ditebak akhirnya, yakni game akan menjadi lag, lelet, lemot, lambat dan suka force close.



Hal ini tentunya sangat berbeda jauh jika hp android yang anda miliki memiliki spesifikasi yang tinggi. Karena lag dan sejenisnya akan sangat jarang terjadi. Dan sebaliknya, game akan dapat dimainkan dengan lancar. Bahkan sampai menyentuh fps yang tinggi, misalnya sampai 60 fps. Dengan gerakan dan motion yang sangat halus.

2. Penuhnya memori ram

Jika memori ram sudah penuh. Maka otomatis game yang anda mainkan akan menjadi sering lag dan lemot. Hal ini terjadi karena tidak ada cukup memori untuk menulis data sementara yang dipakai oleh game. Akhirnya ya gitu, game yang anda mainkan akan menjadi lambat bin ngelag.

3. Penuhnya memori internal

Jika memori internal sudah menipis. Hal ini juga dapat membuat game menjadi sering ngelag dan force close. Bahkan jika memori internal di hp android anda sudah penuh sepenuhnya. Maka anda tidak akan bisa membuka dan memainkan berbagai jenis game. Hal ini terjadi karena tidak ada cukup ruang bagi game untuk menulis data yang dihasilkan dari kegiatan ngegame. Akhirnya game akan langsung force close saat dibuka, dengan pesan "memori penuh".

4. Suhu hp android yang terlampau panas / overheat

Jika suhu smartphone android yang anda pakai sudah terlampau panas. Maka hal ini dapat menurunkan performa hardware hp android yang anda pakai. Akibatnya, jika anda bermain game. Maka game yang anda mainkan akan langsung jadi lag.

5. Koneksi internet yang buruk

Sudah lumrah dan wajar adanya. Jika anda sedang asik bermain game online, sebut saja misalnya seperti game pubg, aov, ml dan sejenisnya. Jika koneksi internet tidak stabil dan buruk, maka sudah pasti game online yang anda mainkan akan langsung menjadi ngelag.

6. Banyaknya aplikasi yang aktif di latar belakang

Aplikasi yang berjalan di latar belakang juga dapat membuat game yang anda mainkan menjadi ngelag. Hal ini terjadi karena berbagai kinerja hardware hp android anda. Sebut saja seperti kinerja ram, ikut terbagi dengan proses yang terjadi di latar belakang / background.

Akibat dari kegiatan tersebut, tentunya dapat membuat game yang anda mainkan menjadi ngelag, lelet, lemot dan lambat.


7. Hidupnya proses sinkronisasi

Sama seperti yang tersebut diatas, proses sinkronisasi juga dapat menyebabkan game online menjadi ngelag. Hal ini terjadi karena koneksi internet yang anda pakai ikut terbagi antara proses sinkronisasi dan juga game online yang anda mainkan.

8. Baterai hp yang tinggal sedikit

Jika baterai hp tinggal sedikit. Hal ini juga dapat mempengaruhi kinerja sistem hp android. Jika baterai hp anda misalnya hanya tersisa 10-20%, maka hal ini akan sangat wajar jika disaat anda bermain game. Maka game yang anda mainkan akan menjadi lag, dan fpsnya pun menurun / ngedrop.

Ya begitulah gan ke-8 penyebab utama lagnya game di hp android. Untuk mencegah dan mengatasi hal tersebut, tentunya anda harus bijak dan pintar dalam menggunakan smartphone yang anda miliki. Jangan sampai hpnya saja yang smart, dan orangnya malah tidak smart. Kan lucu jadinya 🤣, cukup sekian dulu, semoga bermanfaat.

# Baca juga :

8 Cara mengatasi minecraft pe / pocket edition yang keluar sendiri (force close)
9 Cara mempercepat hp android yang lemot, lelet bin ngelag
12 Cara agar hp android tidak lag & lemot saat bermain game online / offline
8 Penyebab koneksi internet lambat / lemot di android
13 Cara mengatasi lag saat bermain game AOV (Arena Of Valor) yang patah-patah, ping merah, dc, dll
Penyebab dan Cara mengatasi lag saat bermain game online android
Kenapa hp lemot padahal aplikasi sedikit ? Penyebab & cara mengatasinya !!

8 Penyebab game lag di android dan cara mengatasinya
4/ 5
Oleh

Leave your comment