Wednesday, December 19, 2018

8 Penyebab bad mood yang muncul secara tiba-tiba

Bad mood dapat melanda siapa saja, baik itu pria maupun wanita. Namun saya rasa bad mood yang tanpa sebab dan alasan yang jelas lebih sering menjangkiti kaum hawa atau wanita.

Nah, sebenarnya apa penyebab dari munculnya perasaan bad mood ?. Mengapa cewek, wanita, atau perempuan lebih sering mengalami bad mood daripada cowok, pria bin laki-laki ?. Berikut jawabannya.

8 Penyebab bad mood yang muncul secara tiba-tiba

# Penyebab munculnya bad mood

1. Gangguan hormon

Dimasa-masa remaja, pada masa pubertas. Seseorang seringkali mengalami yang namanya gangguan hormon akibat peralihan dari masa kanak-kanak menuju ke masa dewasa.

Nah, berbagai hormon yang diproduksi tubuh tersebut dapat mempengaruhi emosi seseorang. Sehingga iapun nantinya cenderung akan mengalami yang namanya bad mood.

Apalagi bagi kaum wanita yang sedang PMS (premenstrual syndrome). Pastinya ada saja banyak gangguan yang dapat membuatnya menjadi badmood. Misalnya karena adanya rasa nyeri yang tiba-tiba menyerang, kehilangan selera makan, muncul perasaan galau, dll. Semuanya hal tersebut tentunya dapat memicu yang namanya badmood.



2. Ada masalah

Jika anda sedang punya masalah. Misalnya dibuat kesal oleh kelakuan orang lain, dijahili. Punya pr yang menumpuk, punya tugas kantor yang banyak. Hal ini juga dapat membuat anda menjadi mudah bad mood.

Ya, saya rasa semua orang pernah mengalami kondisi yang seperti ini. Karena ada beban masalah yang ada di depan. Bawaannya setiap detik, menit dan jam selalu saja badmood. Pengen ngacak-ngacak sesuatu.

3. Ada beban di dalam hati

Jika anda menyimpan perasaan di dalam hati, terutama perasaan yang negatif. Misalnya seperti iri, dengki, cinta yang tak terbalas, cinta bertepuk sebelah tangan, rindu yang mendalam, Sering diabaikan pasangan, dan sebagainya.

Hal tersebut juga dapat memicu yang namanya bad mood. Untuk mengatasi ini, mungkin anda dapat mencoba untuk mengeluarkan semua beban yang ada di hati. Cukup sabar, ikhlas dan bersyukur saja. Maka semua perasaan badmood, saya rasa akan cepat menghilang dengan sendirinya.

4. Stress dan banyak pikiran

Stress dan banyak pikiran, apalagi pikiran yang negatif tentang sesuatu. Misalnya anda terlalu memikirkan apa kata orang, penilaian orang, dll. Anda memikirkan apa-apa yang harus dilakukan di hari esok, waktu di sekolah, waktu kerja dll. Memikirkan untuk mengerjakan tugas dan sebagainya sampai berlebihan. Maka hal tersebut juga dapat memicu yang namanya bad mood.

5. Kekurangan vitamin & cairan

Kekurangan vitamin dan cairan tubuh juga dapat memicu munculnya perasaan badmood pada diri seseorang. Misalnya jika anda diwaktu panas terik di siang hari. Anda ingin pergi ke suatu tempat, tapi tidak bisa mendapatkan kendaraan atau angkutan umum. Dan anda pun memutuskan untuk berjalan kaki.

Ditengah teriknya matahari, tentunya suhu yang panas tersebut dapat menimbulkan perasaan negatif atau badmood. Anda banyak berpikir yang tidak-tidak, menyalahkan sesuatu dan sebagainya. Ya, ujung-ujungnya pasti jadi jengkel dan marah-marah ngak jelas.


6. Kurang piknik / kebanyakan ngenolep

Terlalu banyak menyendiri juga dapat memicu munculnya bad mood ini. Jika anda ingin lepas dari unlimited badmood yang melanda anda. Maka sering-seringlah berbagi kebahagiaan dengan orang lain. Ya dalam artian anda harus sering bersosialisasi. Misalnya anda bisa main bersama teman, rekreasi bersama keluarga, dan sebagainya.

7. Sakit

Rasa sakit atau penyakit yang melanda seseorang. Walaupun sakit yang kecil sekalipun, misalnya karena digigit nyamuk, di gigit serangga, di jatuhi cicak dan sebagainya. Kesemua hal tersebut tentunya dapat memunculkan perasaan yang tidak enak di dalam diri anda.

8. Terpengaruh mitos

Nah, misalnya anda percaya dengan sesuatu yang dapat menyebabkan kesialan. Misalnya seperti zodiak, kejatuhan cicak, suara burung hantu, suara petir, dll. Pastinya hal tersebut dapat mempengaruhi perasaan dan pemikiran anda.

Untuk mengatasi badmood yang demikian, maka buang jauh-jauh semua mitos dan tahayul yang anda pernah dengar. Karena tidak ada itu makhluk atau benda yang dapat menimbulkan kesialan dan peruntungan. Kesemuanya hanya Tuhan yang mampu. Jadi anggap saja zodiak, pertanda, dll sama saja dengan dongeng.

Yap, begitulah ke-8 penyebab utama yang biasanya menyebabkan seseorang menjadi bad mood. Kalau perasaan badmood yang muncul secara tiba-tiba, hal tersebut biasanya karena adanya perubahan hormon di dalam tubuh.

Dan yang sering mengalaminya ya tentu para kaum hawa atau wanita. Mereka sering mengalami bad mood karena pengaruh pms, dan segala jenis aktivitas yang ada di dalam dirinya. Hal tersebut tentunya sangat berbanding terbalik dengan kaum pria. Karena mereka jarang sekali mengalami yang namanya badmood. Kecuali jika mereka memiliki bawaan sifat yang perasa dan sensitif, barulah mereka akan sering mengalami badmood juga 😂.

# Baca juga :

Apa itu Bad Mood ? Bagaimana cara mengatasi dan menghilangkan Bad Mood dengan cepat dan mudah ?
5 Ciri-ciri dan gejala bad mood yang sedang melanda wanita / pria
Efek / Dampak buruk akibat sering bad mood

8 Penyebab bad mood yang muncul secara tiba-tiba
4/ 5
Oleh

Leave your comment