Thursday, December 20, 2018

Efek / Dampak buruk akibat sering bad mood

Jika anda keseringan atau terus-terusan merasa bad mood dalam jangka waktu yang cukup lama. Maka hal ini tentunya akan berdampak buruk, akan mengakibatkan berbagai masalah dalam kehidupan anda. Efek atau dampak buruk dari bad mood ini tidak hanya anda sendiri yang merasakan, orang lain, orang disekitar anda tentunya akan terkena dampaknya juga.

Efek / Dampak buruk akibat sering bad mood

Efek buruk yang ditimbulkan dari bad mood ini, selain berdampak pada kesehatan fisik dan psikis. Atau bisa dibilang dapat menimbulkan penyakit di badan dan pikiran. Anda juga akan menerima berbagai dampak buruk yang berkaitan dengan aktivitas bermasyarakat atau sosialisasi. Untuk selengkapnya berikut efek buruk yang ditimbulkan dari keseringan memelihara bad mood.

# Dampak buruk dari bad mood

1. Menimbulkan berbagai jenis penyakit

Bad mood, perasaan tidak enak yang ada didalam hati. Apabila anda pelihara terus-menerus. Maka hal ini akan sangat berbahaya bagi diri anda sendiri. Jika anda selalu bersedih, jengkel, mudah marah ngak jelas dan sebagainya. Maka hal ini akan mempengaruhi kondisi fisik dan psikis anda.



Jika bad mood sudah menjadi kebiasaan, maka anda akan sering mengalami sakit seperti.

- Pusing / sakit kepala

Jika anda sering bad mood, maka anda pastinya akan lebih sering mengalami pusing atau sakit kepala. Entah itu sakit kepala secara menyeluruh, sakit kepala sebelah (migrain). Atau juga mungkin malah sakit kepala karena darah tinggi (hipertensi), akibat keseringan marah-marah.

- Nyeri otot / ketegangan otot dan syaraf

Jika suasana hati anda memburuk, anda sering berpikir negatif, tegang, galau dan sebagainya. Maka tanpa disadari otot di tubuh anda terkadang menjadi menegang. Hal ini juga bisa saja karena dipengaruhi oleh stres dan sejenisnya. Sehingga tanpa disadari di saat itu juga anda akan merasa ketegangan pada otot atau nyeri pada beberapa bagian di tubuh anda.

- Cepat lelah

Karena otot di tubuh anda menegang, maka anda otomatis akan menjadi lebih sering merasa cepat lelah. Terkadang juga malah nafas menjadi tidak teratur, sehingga mengakibatkan anda menjadi salah tingkah ngak jelas.

- Masalah pencernaan

Jika anda sedang bad mood, biasanya larinya ya ke makanan atau camilan yang anda makan. Jika anda di saat badmood malah tidak atau jarang makan, otomatis nanti anda akan sering mengalami sakit maag atau masalah lambung lainnya. Dan begitu juga sebaliknya jika anda malah nyemil makanan sembarangan. Pastinya akan ada banyak masalah yang terjadi di organ pencernaan anda. Entah itu seperti diare, sembelit, dan sejenisnya.

- Insomnia

Terkadang juga, disaat bad mood seseorang akan lebih sering aktif untuk menghibur dirinya. Mungkin saja dengan cara internetan, nonton film, main game, merenung, menyendiri dan sebagainya. Dan tak jarang malah sampai begadang semalaman.

- Stress dan depresi

Perasaan bad mood yabg dipelihara, bad mood yang terjadi secara berkala dan terus menerus. Hal ini akan berujung pada yang namanya stres dan depresi. Jika demikian adanya, maka tambah banyak juga penyakit fisik dan psikis yang akan mengintai anda. Misalnya saja seperti sakit psikomatis yang sulit didiagnosa, hal ini tentunya akan sangat berdampak buruk bagi kehidupan anda


2. Masalah dalam pergaulan / sosialisasi

Jika anda sering bad mood, tentunya hal ini juga akan sangat berdampak pada pergaulan anda sehari-hari. Disaat anda sedang bad mood, tentunya pasangan, teman, tetangga, keluarga dan orang lain akan sering salah paham dan malah menghindari anda.

Apalagi jika taraf ke bad mood an anda sudah parah. Maka otomatis orang disekeliling anda akan mulai menjauh dari anda, dan pastinya akan ada banyak orang yang membicarakan anda dari belakang (nggosip). Hal ini tentunya sangat tidak baik bagi kesehatan psikis anda. Dan juga sangat berdampak buruk bagi orang lain yang sering kena marah oleh anda.

Yap, begitulah. Pada dasarnya keseringan merasa bad mood dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Baik itu bagi kesehatan fisik, maupun kesehatan psikis anda. Selain itu bad mood juga dapat menyebabkan masalah dalam hal sosialisasi, pergaulan atau bermasyarakat.

Jadi kontrollah emosi anda, kontrol perasaan anda, kedepankan akal terlebih dahulu daripada perasaan bad mood yang ngak jelas. Maka dengan ini, saya rasa masalah ke-bad mood'an anda akan dapat segera teratasi. Semoga bermanfaat . . .

# Baca juga :

Apa itu Bad Mood ? Bagaimana cara mengatasi dan menghilangkan Bad Mood dengan cepat dan mudah ?
8 Penyebab bad mood yang muncul secara tiba-tiba
5 Ciri-ciri dan gejala bad mood yang sedang melanda wanita / pria

Efek / Dampak buruk akibat sering bad mood
4/ 5
Oleh

Leave your comment