Thursday, January 3, 2019

Penyebab & Ciri-ciri baterai hp yang sudah rusak, mulai lemah dan bocor

Setiap hari banyak sekali hp yang terjual dipasaran. Khususnya pada hp atau smartphone ber os android dan juga iphone. Nah, dari kesemua hp yang sudah terjual dipasaran. Tentunya ada satu atau dua hp yang mengalami cacat atau error karena ada kesalahan dalam pembuatan, kesalahan dalam pengepakan barang, dan sebagainya. Yang dapat menyebabkan hp tidak berfungsi sebagaimana mestinya, atau rusak sesaat baru dibeli.

Penyebab & Ciri-ciri baterai hp yang sudah rusak, mulai lemah dan bocor

Selain karena adanya cacat pada hp, tentunya faktor terbesar yang menyebabkan kerusakan pada hp android atau juga iphone. Adalah karena kesalahan penggunaan, salah dalam menggunakan hp android atau juga iphone yang dimiliki.

Nah, yang kita bahas kali ini merupakan berbagai penyebab dan juga ciri-ciri atau tanda kerusakan pada baterai hp, terutama pada berbagai jenis batre hp android. Baik itu baterai removable (bisa di bongkar pasang), atau juga baterai tanam (non-removable).

Nah, langsung saja berikut beberapa penyebab rusaknya baterai pada hp android.

# Penyebab rusaknya baterai smartphone android

1. Terlalu sering ngecas / ngecharge baterai

Pada dasarnya, usia baterai hp android tergantung dari seberapa banyak baterai tadi diisi dan juga dihabiskan. Jadi ada countdown, ada kuota, ada hitungan mundur yang menentukan usia panjang pendeknya masa aktif atau pemakaian baterai pada setiap hp android.



Nah, kesimpulannya, semakin anda sering mengecas atau mengisi daya baterai hp. Maka semakin pendek juga masa pakai atau kelayakan baterai tersebut. Dan begitu juga sebaliknya.

Maka dari itu, saran saya. Jika anda ingin mengecas baterai hp android atau juga batre hp lainnya. Jangan lupa untuk mengecas hp jika sisa daya baterai tinggal sedikit. Misalnya hanya tersisa di bawah angka 20%.

Jangan sampai anda mengecas hp pada sisa daya baterai yang 40%, 80%, dan sebagainya. Karena hal ini dapat memperpendek umur baterai hp anda. Dan dapat membuat baterai hp anda menjadi cepat rusak.

2. Ngecas hp sambil mainan hp

Ngecas hp sambil internetan, sambil main game online, dan sebagainya, hal ini sangatlah tidak dianjurkan. Mengapa bisa demikian ?.

Hal tersebut dapat membuat baterai hp android yang anda pakai menjadi cepat rusak. Karena setiap detik selalu saja ada daya baterai yang terisi dan terbuang karena aktivitas dari mainan hp dan juga ngecas hp. Tentunya hal ini dapat menyebabkan baterai menjadi panas, dan juga dapat merusak baterai. Sehingga nantinya umur baterai hp menjadi lebih pendek.

3. Terendam air

Tidak bisa dipungkiri, jika hp anda terendam ke dalam air dalam waktu yang relatif lama. Misalnya karena tidak sengaja terjatuh dan sebagainya. Hal ini dapat membuat berbagai komponen yang ada di dalam hp android anda menjadi konslet.

Jika hp sudah tidak bisa digunakan karena basah dan juga konsleting. Maka otomatis baterai hp anda juga akan ikut rusak. Rusak dan error seperti hp anda yang sudah terendam air.




Untuk mengatasinya, sebelum terlambat. Jika hp anda tidak sengaja nyemplung di air. Langsung saja matikan hp dan keringkan hp android anda. Untuk langka lanjutan, jika hp anda bisa di copot casingnya, langsung saja copot baterai hp android anda. Lalu celupkan hp anda kedalam beras dalam kurun waktu beberapa jam. Agar kelembaban yang terdapat didalam hp dapat segera menghilang. Sehingga nantinya hp dapat kembali digunakan.

4. Terjatuh dari ketinggian

Jika hp anda terjatuh dari ketinggian, atau misalnya kelindas truk lah. Maka otomatis baterai hp anda akan menjadi rusak dan tidak dapat digunakan 🤣.

Jika hp terjatuh dari ketinggian, dan menghantam benda yang keras. Hal ini dapat membuat beberapa komponen hardware yang ada di dalam hp menjadi rusak. Jika komponen yang berkaitan dengan power supply rusak. Maka baterai hp anda tentunya tidak akan bisa di cas. Jadi yang rusak bukan baterai hp anda, akan tetapi hardware / komponen yang ada di dalam hp anda.

5. Overheat

Hp yang sering mengalami overheat, hp android yang bersuhu terlampau panas. Hal ini jika sering terjadi, maka dapat membuat hp dan berbagai komponen yang terdapat didalamnya menjadi rusak.

Jika demikian adanya, maka baterai hp juga akan ikut terdampak, dan ikut-ikutan menjadi bocor dan rusak. Nantinya dalam kurun waktu tertentu akan muncul fenomena seperti ngedropnya daya baterai hp android anda.

# Ciri-ciri baterai hp android yang sudah mulai lemah, rusak dan bocor

Sebenarnya untuk menentukan rusak dan tidaknya baterai hp android cukuplah mudah. Apalagi jika baterai yang ada di hp anda merupakan baterai removable yang bisa dilepas dan dipasang sesuka hati. Maka ciri-ciri fisik dari hp sudah dapat menentukan rusak dan tidaknya baterai hp yang anda miliki.


1. Cepat habisnya daya baterai / ngedrop

Yap, baterai hp yang suka ngedrop walaupun sudah di cas sampai 100%. Saat digunakan setelah ngecas, baterai langsung cepat habis dayanya. Atau hp tiba-tiba mati begitu saja. Maka patut dicurigai, bahwa baterai hp anda sudah mulai menunjukkan tanda-tanda kerusakan.

2. Baterai hp yang tidak mau terisi

Ada kasus dimana, jika hp dicas, walaupun sudah dicoba dengan berbagai jenis charger. Baik itu charger hp original atau tidak. Eh, ternyata baterai tidak mau terisi. Selalu saja menunjukkan angka 0%. Maka patut dicurigai juga, bahwa baterai hp anda sudah rusak dan perlu diganti.

Untuk lebih memastikannya, jika baterai hp anda bisa dicopot / baterai hp removable. Coba dulu pasang baterai hp anda ke hp yang lainnya, Kemudian cas baterai hp anda. Jika daya baterai anda terisi, maka bisa jadi yang rusak adalah hp anda. Lebih tepatnya pada sistem power supply.

3. Baterai yang sudah menggembung

Sudah jelas adanya, jika baterai hp anda sudah hamil 🤣, alias sudah mengembung. Maka sudah dapat dipastikan secara 100%, bahwa baterai hp android anda sudah rusak dan harus segera diganti.

Nah begitulah beberapa penyebab dan ciri-ciri atau tanda dari rusaknya baterai hp. Menurut saya wajar saja jika baterai smartphone itu lebih boros daripada baterai hp batangan / candybar (keypad). Mengapa bisa demikian adanya ?.

Jawabannya sudah jelaslah, smartphone memiliki os dan juga berbagai hardware yang kompleks. Misalnya seperti cpu, gpu, chipset dan sejenisnya yang high end. Sedangkan hp candybar, hp batangan dan sejenisnya tidak memiliki os dan hardware yang ruwet. Sehingga menjadikan hp batangan lebih hemat daya baterai daripada hp yang ber-os. Cukup sekian dulu, semoga bermanfaat.

# Baca juga :

Cara memperbaiki baterai hp android yang ngedrop / cepat habis
Penyebab hp cepat panas & boros baterai / batre cepat habis (smartphone android)
Kenapa hp android cepat panas saat main game / internetan ?
8 Cara agar hp tidak cepat panas saat main game dan internetan
Cara mudah mengatasi hp cepat panas dan batre / baterai cepat habis (boros)
Berapa lama sebaiknya ngecas hp baru ? Xiaomi, samsung, oppo, huawei, asus, dll ?

Penyebab & Ciri-ciri baterai hp yang sudah rusak, mulai lemah dan bocor
4/ 5
Oleh

Leave your comment