Wednesday, January 16, 2019

Ciri, Pengertian dan perbedaan anime seinen dan josei

Setelah kemarin kita sedikit membahas mengenai genre manga dan anime shounen dan juga shoujo. Maka kita akan membahas mengenai genre manga dan anime seinen dan juga josei. Hampir mirip seperti anime shounen dan shoujo, genre anime dan manga seinen dan juga josei ini merupakan genre yang menekankan pada penargetan pemirsa atau para penonton dan pembacanya. Ya sebut saja sebagai target demografi.

Ciri, Pengertian dan perbedaan anime seinen dan josei
Boku dake ga inai machi / Erased

# Anime dan manga seinen

Satu tingkat diatas anime shounen, anime seinen merupakan suatu anime yang ditujukan, atau ditargetkan pemasarannya pada orang-orang, kaum pemuda, laki-laki muda yang kiranya sudah beranjak atau memang sudah berusia dewasa. Sebut saja mudanya sudah tidak remaja lagi, sudah kuliah dan sudah bekerja.



Nah, karena hal inilah maka tema dan plot cerita dari anime dan juga manga seinen ini cukup mendalam, kompleks dan terkadang juga cukup dark. Banyak mengandung unsur yang bernuansa dewasa. Baik itu unsur aksi, pertarungan, sejarah, percintaan, misteri, politik, komedi, slice of life dan sebagainya. Pokoknya plotnya sangat mendalam. Selain itu grafik atau gambar anime seinen juga tidak moe-moe ala anime-anime shounen dan anime yang ditujukan untuk remaja usia sekolah lainnya.

Contoh dari anime yang bergenre seinen ini misalnya seperti parasyte, inuyashiki, drifters, berserk, boku dake ga inai machi, dan sebagainya.

# Anime dan manga josei

Jika kebalikan dari anime manga shounen adalah anime dan manga shoujo. Maka kebalikan dari anime dan manga bergenre seinen ini adalah anime manga bergenre josei.

Anime dan manga josei menargetkan pemirsa atau pemasarannya pada para wanita muda, para perempuan yang sudah beranjak dewasa atau memang sudah berusia dewasa. Misalnya para wanita yang sudah kuliah, bekerja dan sebagainya. Kira-kira usia 20 tahunan lah.


Nah, isi dari anime josei ini hampir mirip dengan anime shoujo. Cuma yang membedakan hanya kerealistisan dan juga topik dan plot cerita yang lebih mendalam. Jadi ceritanya ngak main-main ala cerita komedi anak sekolahan. Pasti ceritanya terasa nyata dan mendalam. Hampir mirip dengan cerita kehidupan.

Untuk Contoh dari anime yang bergenre josei ini cari sendiri saja di google 😂.

Nah, begitulah beberapa ciri, pengertian / arti dari manga dan anime yang bergenre seinen dan juga josei. Semoga bermanfaat.

# Baca juga :

40+ Arti macam genre pada anime dan manga - penjelasan lengkap
Arti / Pengertian dan perbedaan anime shounen dan shoujo beserta contohnya

Artikel terkait

Ciri, Pengertian dan perbedaan anime seinen dan josei
4/ 5
Oleh

Leave your comment