Tuesday, March 12, 2019

5 Cara agar tidak jadi pengangguran setelah lulus sekolah, kuliah, dll

Bagaimanasih caranya agar kita tidak menganggur dan menjadi seorang pengangguran ?. Apa yang harus kita lakukan setelah sekolah / kuliah, agar nantinya tidak menjadi pengangguran ?. Pertanyaan ini tentunya memiliki jawaban yang relatif, semuanya tergantung dari kemauan masing-masing individu.

5 Cara agar tidak jadi pengangguran setelah lulus sekolah, kuliah, dll

# Cara agar tidak jadi pengangguran

Memang pertanyaan yang satu ini terdengar agak lucu dan konyol. Untuk jawabannya sendiri tentu anda sudah mengetahuinya. Cara agar tidak menganggur dan menjadi pengangguran, ya anda haruslah bekerja. Menjadi seorang karyawan maupun berbisnis sendiri.

Nah, untuk mencari pekerjaan memanglah sulit bagi sebagian orang. Begitu juga didalam berbisnis, semuanya membutuhkan modal dan ilmu yang tepat. Tanpa adanya modal usaha, dan ilmu yang mumpuni. Tentunya bisnis yang anda jalankan memiliki resiko besar untuk merugi.



Nah, untuk menghindarkan diri anda dari yang namanya menganggur. Misalnya setelah lulus sekolah atau juga kuliah. Maka anda bisa menempuh berbagai cara yang tersebut dibawah ini.

1. Banyak berteman dan memperluas koneksi dan relasi

Ya, sudah lumrah adanya. Orang-orang yang memiliki banyak teman, hubungan atau juga relasi. Mereka akan cepat sekali untuk mendapatkan pekerjaan maupun rejeki. Karena pada dasarnya, dengan berteman. Kita dapat bahu-membahu, saling membantu untuk memecahkan masalah bersama yang dihadapi. Dalam hal ini yakni mencari pekerjaan.

Jadi saran saya, jika anda masih bersekolah. Selain menuntut ilmu, jangan lupa juga anda harus mencari banyak teman. Harus memperbanyak silaturahmi, dan jangan ngenolep / asik sendiri.

2. Buang rasa malu yang buruk dan gengsi

Penyebab utama dari tingginya angka pengangguran. Selain karena sulitnya lapangan pekerjaan, karena kurangnya ilmu dan keterampilan, dan juga karena kemalasan. Gengsi, atau rasa malu, rasa sombong dan tidak mau menerima pekerjaan yang tidak sesuai dengan yang diharapkan juga berperan penting dalam mencetak angka pengangguran di negeri kita ini.

Banyak kita temui, orang yang tidak mau bekerja, karena alasan gengsi. Karena malu melakukan pekerjaan yang dianggap rendahan dan tidak level. Padahal pekerjaan tersebut sangatlah halal dan baik. Nah, inilah yang harus anda rubah dan diperbaiki.


3. Melihat kedalam diri

Merenunglah, apa sebenarnya yang anda inginkan. Apa yang anda tuju dalam hidup ini. Apa bakat, keterampilan dan kemampuan yang anda miliki. Jika anda sudah mengenal diri sendiri. Maka saya rasa, mencari pekerjaan maupun membuat pekerjaan sendiri akan menjadi terasa lebih mudah.

4. Mencari pekerjaan

Nah, hal ini sudah jelas adanya. Jadi tidak usah dijelaskan secara panjang dan lebar. Jika anda tidak ingin menganggur, ya kerja dong. Cari kerja dimana saja, asalkan pekerjaan tersebut halal dan baik bagi anda. Langsung sikat dan terima saja.

5. Berbisnis

Berbisnis tidak harus memerlukan modal yang besar. Membuka usaha kecil saja juga sudah cukup. Yang penting usaha lancar dan dapat untung yang memuaskan. Maka berbisnis apapun itu, asal halal dan anda menguasai ilmunya. Dijamin, jika sudah rejekinya, nanti pasti anda akan sukses juga.

Sebagai contoh misalnya adalah Blog ini, blogbiasa.com. Untuk membuat blog ini tidak memerlukan modal besar untuk membukanya. Hanya bermodalkan domain seharga 140 ribuan per tahun, dan hosting gratis dari blogger. Saya sudah dapat menghasilkan uang sendiri.

Pada intinya masih banyak jalan untuk menuju kesuksesan. Termasuk didalamnya cara untuk tidak menjadi seorang pengangguran. Cukup sekian dulu, semoga bermanfaat . . .

# Baca juga :

Tutorial / Cara menjadi pengangguran yang sukses dan berkualitas
6 Cara menikmati jadi pengangguran ? Dijamin bahagia

Artikel terkait

5 Cara agar tidak jadi pengangguran setelah lulus sekolah, kuliah, dll
4/ 5
Oleh

Leave your comment