Wednesday, March 13, 2019

Rasanya jadi pengangguran, suka duka jadi pengangguran

Menganggur selama beberapa bulan atau selama satu tahun setelah sekolah. Menurut saya hal ini biasa-biasa saja, tidak ada yang perlu di khawatirkan. Yang gawat adalah ketika anda sudah menjadi pengangguran selama bertahun-tahun. Tentu hal ini akan banyak sekali menimbulkan kesedihan, dan kenangan buruk didalam diri.

Rasanya jadi pengangguran, suka duka jadi pengangguran

Nah, selain kenangan buruk dan menyedihkan. Tentunya ada saja kebahagiaan didalam aktivitas menganggur yang dilakukan oleh seseorang. Jadi intinya, pengangguran tidak mesti identik dengan orang yang miskin, suram dan menyedihkan. Pastilah di suatu waktu ada yang namanya masa bahagia dan ketenangan.

Nah, langsung saja berikut rasanya menjadi seorang pengangguran. Atau suka dan duka menjadi pengangguran.

# Suka duka menjadi pengangguran

1. Setiap hari adalah hari libur

Ya, bagi para pengangguran di luar sana. Setiap hari yang mereka jalani adalah hari libur. Satu, dua hari libur rasanya memang menyenangkan. Apalagi jika kita bisa bermain bersama teman-teman yang ada.

Namun, setelah waktu berlalu, teman-teman yang lain sudah mendapatkan pekerjaan. Dan anda hanya tinggal sendirian, menganggur dan menjadi pengangguran. Tentunya hari libur yang panjang ini, perlahan berubah menjadi hari-hari yang membosankan dan melelahkan.



2. Bingung mau melakukan sesuatu

Ketika kita menganggur, mungkin satu bulan, dua bulan. Kita pasti akan menikmati hari-hari yang ada. Misalnya seperti asik bermain bersama teman, internetan setiap hari, jalan-jalan dan berekreasi, dan lain sebagainya.

Namun, lambat laun. Jika waktu menganggur terus berlalu. Maka akan terjadi yang namanya fase kebingungan. Dimana anda sudah tidak tahu lagi mau melakukan apa. Jadi ya gitu adanya, rasa bosan mendominasi diri kita. Dan dari sinilah banyak pikiran buruk atau prasangka buruk yang mulai bermunculan. Sehingga dari sini akan ada banyak maksiat dan tindak kejahatan yang terbayangkan dan dilakukan.

3. Menjadi bahan pembicaraan para tetangga

Ketika kita menganggur terlalu lama. Maka sudah pasti para tetangga yang kepo dan suka nggosip disana-sini akan mulai membully dan menyindir anda. Mereka akan menggosipkan anda setiap saat. Anda menjadi topik hangat pembicaraan mereka, karena anda sudah menganggur terlalu lama.

Ya, setelah waktu berlalu. Tentunya ada tiga jalan yang biasanya ditempuh oleh para pengangguran ini. Jika dirinya sudah dicibir oleh tetangga, kalau dia tidak mencari kerja, pastilah ia akan menjadi pribadi yang menyedihkan, Semisal stres dan depresi. Atau juga malah berubah menjadi pribadi yang kuat, tahan banting, tidak peduli dengan omongan jelek para tetangga.


4. Banyak pikiran

Ya, ketika kita menganggur dalam waktu yang lama. Setiap hari kebingungan melakukan sesuatu. Pastinya akan ada banyak pikiran yang berseliweran di benak kita. Nah, dari sinilah banyak muncul pemikiran negatif. Yang ujungnya berujung pada berbagai tindakan maksiat, dan juga berbagai prasangka buruk yang merusak diri sendiri.

5. Di marahi anggota keluarga

Jika anda menganggur terlalu lama, anda menjadi beban bagi orang tua dan keluarga. Tentunya, lambat laun orang tua anda dan keluarga anda akan bosan menasehati anda untuk bekerja. Dan pada akhirnya mereka akan lebih sering memarahi anda. Dan pada akhirnya anda sendiri yang menjadi bingung dan panik sendiri. Jika hal ini semakin parah, mungkin orang tua anda bisa jadi malah mengusir anda dari rumah 😭.

Akan tetapi hal ini tentunya tidak berlaku bagi anda yang merupakan anak dari sultan yang memiliki harta 7 turunan yang tidak habis-habis.

6. Banyak ilmu dan wawasan

Banyak waktu luang yang dimiliki oleh para pengangguran ini. Sehingga dari banyaknya waktu luang tersebut. Mereka akan sering banyak mencari ilmu dari berbagai sumber. Misalnya dari internet, semisal dari blog, youtube, sosial media dan sebagainya. Sehingga nantinya dari kumpulan ilmu yang sudah didapatnya. Dan ilmu yang sudah dipelajari secara otodidak.

Mereka para pengangguran ini akan menjadi semakin pandai dan berwawasan luas. Jika mereka pandai memanfaatkan ilmunya. Pastinya mereka akan mencoba untuk berusaha membuka lapangan kerja sendiri, atau mencoba untuk berbisnis. Dan dari sinilah banyak terlahir generasi pengusaha yang sukses. Orang sukses, para bos yang sudah di wisuda dari masa-masa nganggurnya.

Ya cukup sekian dulu. Begitulah kiranya apa-apa yang umumnya dirasakan oleh para pengangguran. Jadi begitulah rasanya jadi pengangguran, suka-dukanya jadi pengangguran. Jika anda punya pengalaman yang lainnya. Silahkan saja tulis di kotak komentar. Semoga bermanfaat . . .

# Baca juga :

Tutorial / Cara menjadi pengangguran yang sukses dan berkualitas
6 Cara menikmati jadi pengangguran ? Dijamin bahagia
5 Cara agar tidak jadi pengangguran setelah lulus sekolah, kuliah, dll

Rasanya jadi pengangguran, suka duka jadi pengangguran
4/ 5
Oleh

Leave your comment