Thursday, April 18, 2019

6 Cara mengatasi dan menghilangkan grogi & gugup saat berbicara dengan orang lain

Gugup dan grogi merupakan sebuah paket lengkap yang biasanya dialami oleh beberapa orang di luar sana. Rasa gugup dan grogi ini biasanya muncul disaat seseorang hendak berbicara dengan orang lain. Baik itu orang asing yang baru dikenal, atasan, lawan jenis, khalayak ramai dan lain sebagainya. Nah, disaat kondisi inilah, sebagian orang yang karena beberapa sebab dan alasan, tidak mampu untuk mengontrol dirinya, sehingga timbul yang namanya gugup dan grogi.

6 Cara mengatasi dan menghilangkan grogi & gugup saat berbicara dengan orang lain

# Gugup

Pada dasarnya seperti yang sudah kita ketahui. Gugup disaat berbicara dan bertindak ditandai dengan gejala umum yang sangat mudah untuk dikenali. Diantaranya seperti cara berbicara yang tergesa-gesa, terbata-bata, gagap dan terdengar tidak jelas. Begitu juga didalam tindakan misalnya, seseorang yang sedang merasa gugup akan sering membuat kesalahan dan bertindak ceroboh. Biasanya hal ini ditandai dengan tindakan yang tergesa-gesa, gemetar dan juga grogi.



# Grogi

Gugup dan grogi ini saya rasa merupakan hal yang sama saja. Grogi merupakan perasaan canggung atau gugup didalam menghadapi suatu situasi / kondisi tertentu. Misalnya seperti berbicara di depan umum, atau berada dihadapan orang banyak. Gejala dari grogi ini ya sama saja dengan gugup. Biasanya ditandai dengan gemetarnya tubuh, perasaan takut, bingung, dan lain sebagainya (demam panggung).

# Cara mengatasi dan menghilangkan grogi & gugup saat berbicara dengan orang lain

1. Latihan berbicara

Yap, jika anda tidak ingin membuat beberapa kesalahan yang fatal, misalnya seperti perkataan yang memalukan, kasar dan sebagainya. Maka sebelum anda aktif berbicara dengan orang lain. Setidaknya anda sudah harus bisa mengontrol emosi diri anda. Anda harus memiliki sedikit banyak pengalaman berbicara dengan banyak orang dalam segala usia.

Hal ini bertujuan untuk menghilangkan rasa canggung, gugup dan grogi anda. Misalnya seperti dalam interview, pidato, Presentasi, dan lain sebagainya. Intinya pengalamanlah yang utama.

2. Sering aktif bersosialisasi

Biasanya orang yang mudah gugup dan grogi ini didominasi oleh orang-orang yang kelewat pemalu dan minder. Mereka jarang bergaul dan bersosialisasi, sehingga nanti akibatnya akan berimbas atau berdampak pada kehidupan sosial orang tersebut. Misalnya dia akan kesulitan dalam bergaul dan berbicara dengan orang lain.

Akibatnya, nanti orang yang model begini akan sering merasa gugup dan grogi disaat berbicara atau berhadapan dengan orang lain, dan khususnya jika berada ditempat umum yang banyak orangnya. Pasti mereka akan mengalami banyak kesulitan dan masalah. Misalnya seperti malu ngak jelas, grogi, dan gugup berlebihan.

Maka dari itu, disini sosialisasi itu sangatlah penting guna untuk memperlancar proses kehidupan anda didalam masyrakat. Jika anda orangnya sangat pemalu, mudah gugup dan grogi. Mungkin anda termasuk kedalam golongan nak nolep yang kurang dalam hal pergaulan / kuper ?.

3. Berpikiran positif

Biasanya orang yang mudah merasa canggung dan gugup. Didalam benaknya, mereka disaat dihadapkan dengan orang lain. Misalnya disaat ingin berbicara atau berada di keramaian. Mereka akan selalu memikirkan segala kemungkinan buruk yang ada. Misalnya seperti "Baju gue bagus ngak ya, gue bau ngak ya, kenapa orang-orang pada lihatin ane", dan seterusnya.

Intinya pola pikir itu sangatlah penting. Jadi, untuk mencegah datangnya rasa gugup dan grogi yang berlebihan. Maka anda diharuskan untuk selalu berpikiran positif, berpikiran yang baik-baik, berbaik sangka / husnudzan.

4. Merencanakan skenario

Jika anda tidak ingin mengalami rasa canggung dan gugup. Maka sebelum keluar rumah atau disaat ingin berbicara dengan orang lain. Misalnya disaat ingin interview dan juga presentasi. Maka usahakanlah anda untuk membuat sejumlah rancangan skenario pembicaraan dan kejadian yang kiranya akan anda alami.

Misalnya, jika anda ingin beli telur di warung. Ya buat terlebih dahulu, kisi-kisi pertanyaan yang ingin anda tanyakan ke penjaga warung / toko. Begitu juga disaat anda ingin interview pekerjaan, maka anda harus mempersiapkan juga berbagai kemungkinan yang akan ditanyakan dan dibicarakan disaat interview. Dengan ini, maka saya rasa rasio tingkat kegugupan dan grogi akan dapat ditekan dan teratasi dengan mudah.


5. Bersiap diri

Selain mempersiapkan bahan pembicaraan dan juga skenario apa yang akan dilakukan. Tidak ada salahnya jika anda juga mempersiapkan hal-hal lainnya yang dapat meningkatkan rasa percaya diri anda. Misalnya seperti penampilan, raut muka, tata rambut, dan lain sebagainya. Dengan ini, maka rasa gugup dan grogi, tentu akan dapat diminimalisir.

6. Berdoa

Setelah berusaha semaksimal mungkin, jangan lupa juga anda untuk berdoa kepada Tuhan yang maha esa. Agar segala urusan yang anda kerjakan dapat dilancarkan. Anda dipermudah dalam berbuat kebaikan, termasuk didalamnya dalam hal berbicara dan juga bertindak.

Dengan ini maka sudah komplitlah semua usaha anda. Dan semoga saja anda dan saya admin blogbiasa.com ini diberikan banyak kemudahan didalam urusan berbicara dan berhadapan dengan orang banyak ini, agar nantinya tidak mudah menjadi gugup dan grogian lagi. Cukup sekian dulu, semoga bermanfaat .. .

# Baca juga :

Cara mengatasi gemetar saat gugup, grogi, atau nervous
7 Cara menghilangkan rasa gugup yang berlebihan dengan mudah
4 Cara mengatasi gugup saat berbicara di depan umum, & segala situasi
Penyebab gugup, penyebab rasa gugup saat berbicara, di depan umum, dll
Apa itu gugup ? Pengertian sifat gugup ? Ciri orang gugup ?

6 Cara mengatasi dan menghilangkan grogi & gugup saat berbicara dengan orang lain
4/ 5
Oleh

Leave your comment