Tuesday, April 16, 2019

Kelebihan dan kekurangan game Pay to win (p2w)

Game online apapun jenisnya, baik itu game mmorpg, game fps, game survival, game battle royale, moba, game strategi, game building dan sebagainya. Jika sudah berurusan dengan yang namanya pay to win, atau main game harus topup dulu biar char gamenya jadi gg. Tentunya hal ini akan banyak memicu kontroversi dikalangan para gamer.

Kelebihan dan kekurangan game Pay to win (p2w)

Pasalnya, seperti yang umum sudah diketahui oleh banyak orang. Tentu game online yang free to play / free to win (f2w) lebih banyak diminati oleh para gamer di luar sana. Karena jika game mmo, moba, battle royale dan sebagainya tidak ada itu yang namanya topup item premium yang menambah stat atau skill karakter game. Maka tentu game akan lebih menarik dan dirasa lebih adil. Karena setiap pemain yang memainkan game tersebut, murni bermain game dengan mengandalkan skill pribadi dan juga kerjasama dalam tim. Tanpa ada cheat yang bernama topup atau pay to win.



Nah, menurut anda apa sajakah kekurangan dan kelebihan dibalik game online yang berbasis pay to win ini ?. Untuk selengkapnya simak saja penjelasannya di bawah ini :

# Kekurangan game pay to win

1. Kesulitan dalam memainkan game

Ya sudah jelas gan, bagi para pemain game gratisan. Barisan pemain misqueen yang tidak bisa topup didalam game. Tentu game pay to win ini akan sangat menyulitkan jika terus dimainkan. Karena karakter game para free player tentunya akan sangat mudah kalah atau tertinggal jauh dengan para player sultan yang mengandalkan uangnya untuk topup dan mengembangkan karakter gamenya dengan cepat.

Ibaratnya jika di suruh pvp, para penikmat game gratisan ini hanya memakai armor rendahan. Sedangkan para sultan, memakai equipment yang full enchant dan bertingkat tinggi. Sehingga dalam sekali serang saja. Para sobat misqueen ku tentu akan langsung kalah / auto lose. Sungguh sangat tidak adil sekali game pay to win ini.

2. Permainan dirasa tidak adil

Seperti yang sudah tersebut diatas. Pada dasarnya game pay to win ini tidaklah adil. Karena siapa yang punya uang, maka dialah yang akan menjadi top player / pemain tingkat atas. Sedangkan yang tidak memiliki uang, tentu karakter gamenya hanya akan menjadi bahan bullyan semata.

3. Cepat bosan

Jika anda merupakan pemain gratisan. Tentu anda akan cepat merasa bosan dengan game pay to win ini. Karena segala aktivitas yang anda jalani didalam game selalu dibatasi dengan yang namanya topup, gacha dan sejenisnya.

4. Dead game

Game pay to win yang tidak memberikan update secara berkala, atau tidak mengadakan event secara berkala. Tentu lama-kelamaan game ini akan menjadi game yang ditinggalkan. Karena para free player sudah tidak mau memainkan game ini. Dan akhirnya hanya ada sedikit sekali player sultan yang bertahan didalam game, karena mereka sudah banyak menghabiskan uang untuk bermain game tersebut. Dari sini tentu, developer game akan mengalami kebangkrutan. Karena gamenya sudah ditinggalkan oleh banyak pemain game.

# Kelebihan game pay to win

1. Fitur game yang lebih menarik

Biasanya game pay to win ini banyak menyediakan fitur yang lebih menarik dibandingkan dengan game yang berbasis free to play. Jadi, ya gitu lebih menarik gamenya gan. Sehingga dapat membuat banyak orang yang ingin mencoba bermain game pay to win ini.

2. Untuk menghibur diri

Bagi para jomblo yang kaya raya di luar sana. Tentu game pay to win ini merupakan salah satu cara untuk menghibur dirinya sendiri. Dengan aktif bermain didalam game online. Setidaknya uang yang di bakar untuk topup dalam game, dapat membuat sedikit kebahagiaan didalam hidupnya.


3. Biar dikira sultan

Ada juga tipe orang yang gila dengan pujian dan juga kedudukan. Mereka pamer, suka menyombongkan diri. Mereka bermain game pay to win ini untuk menunjukkan eksistensi dirinya. Mereka seolah memunculkan sebuah persepsi, "Saya ini orang kaya loh". Begitu lah gan.

4. Mencari nama / ngepansos

Ada juga orang yang bermain game pay to win dan rajin topup demi mendapatkan rank, guna untuk menyebarkan namanya sendiri. Guna untuk memperoleh ketenaran. Misalnya hal ini sering dilakukan oleh para youtuber di luar sana. Mereka melakukan hal ini dengan tujuan agar banyak mendapatkan subscriber dan juga viewer.

Nah, begitulah kurang lebih beberapa kelebihan dan kekurangan dari yang namanya game pay to win. Menurut anda sendiri, kira-kira bagus ngak game pay to win itu ?. Atau malah menjengkelkan ?. Silahkan tulis pendapat anda di kotak komentar. Cukup sekian dulu, semoga bermanfaat . . .

# Baca juga :

Arti f2w dan p2w dalam dunia game online
Apa itu bit ?, Arti game 8 bit, 16 bit, 32 bit, 64 bit
Cara agar tidak cepat bosan saat main game offline & online
8 Suka duka bermain game mmorpg / game online

Kelebihan dan kekurangan game Pay to win (p2w)
4/ 5
Oleh

Leave your comment