Friday, June 7, 2019

Apa itu RNG ?, Arti sistem rng dalam game online, mmorpg, serta mitos-mitosnya

Didalam dunia video game, khususnya pada game yang berbasis rpg dan juga gacha. Ada itu sebuah istilah yang cukup terkenal didalam game tersebut. Istilah tersebut namanya adalah RNG. Dan dulu lucunya saya sempat mengira arti dari rng didalam game ini adalah "Rengginang" 😂. Hal ini terpikirkan oleh saya sendiri, karena banyak chat yang bertebaran di dalam sebuah game mmo yang saya ikuti yang menyalahkan sistem rng ini.

Apa itu RNG ?, Arti sistem rng dalam game online, mmorpg, serta mitos-mitosnya
Kasumi sssr mode kucing kampung

Saya kira sistem rng ini memang macam rengginang, buka toples biskuit yang bagus, ternyata isinya zonk. Dan dari sini tentu banyak orang yang kecewa. Dan begitu pula adanya didalam game online. Banyak yang menyebutkan istilah rng ini sebagai sebuah sistem yang menjengkelkan. Karena semua hal yang ada didalam game harus ditempuh dengan jalur gacha atau untung-untungan.

# Apa itu RNG ?

Didalam game online sendiri, rng yang dimaksud disini adalah kependekan kata atau singkatan dari "Random Number Generator". Jadi didalam sistem rng ini, kesemuanya mengandalkan keberuntungan didalam memainkan game, Alias modal luck doang. Segala sistem yang ada didalam game harus didapat dengan persentase dapat / drop rate yang sangat minim. Tidak lebih dari 2% misalnya.



Contoh penggunaan sistem rng ini biasanya terdapat pada sistem game yang berhubungan dengan drop item, nempa equip, ngracik potion / alchemy, gacha kostum-card dan sebagainya.

Contoh mudah dari game online di hp android yang menggunakan sistem rng adalah game laplace m. Game ini dari mulai drop item waktu ngeraid bos, encan equip, identifikasi equip, gacha kostum, masak food dan sebagainya semuanya mengandalakan keberuntungan. Dan tentu game macam ini sangat menjengkelkan. Karena jika anda partyan dan ngeraid bos sama-sama, dan ketika saat itu juga ada player yang afk dan dapat equip yang bagus dari drop item. Maka sudah jelas hal ini sangat tidak menguntungkan bagi siapapun juga.

# Kekurangan sistem rng

Banyak sekali kekurangan dan kerugian sistem rng ini yang dapat dirasakan oleh para pemain game. Diantaranya misalnya seperti :

1. Rasio drop rate yang sangat kecil dan tidak wajar.
2. Topup menjadi salah satu jalan mematikan rng.
3. Rasa kesal, jengkel dan marah ketika gagal negagacha, enchant, refine item, dll.
4. Game dirasa seperti zud¥ karena selalu mengandalkan luck doang.
5. Dan masih banyak yang lainnya . . .


# Mitos-mitos yang ada pada game bersistem rng

Banyak sekali mitos-mitos yang bertebaran didalam game yang berbasis rng ini. Diantaranya seperti :

1. Ngegacha tengah malam.
2. Ngeraid bos separty ma bot.
3. Enchant item, refine item, ngegacha setelah mt game.
4. Upgrade item / eq rame-rame sambil ngumpul-ngumpul.
5. Ngegacha di hari-hari khusus, misalnya malam jumat kliwon 😂.
6. Dan sebagainya.

Pokoknya begitulah gan yang namanya sistem RNG. Yang jelas game yang sistemnya rng ini sangat tidak bersahabatlah bagi para free player atau pemain gratisan seperti kita. Cukup sekian dulu pembahasan kali ini, semoga bermanfaat . . .

# Baca juga :

Apa itu meta / metagame ? Arti meta dalam game mmo, moba, mobile legend, aov, dll
Arti f2w dan p2w dalam dunia game online
Tips gacha di game agar selalu hoki, beruntung dan tidak dapat ampas
Apa itu mt ?, Arti mt dalam game online, situs web, dll

Apa itu RNG ?, Arti sistem rng dalam game online, mmorpg, serta mitos-mitosnya
4/ 5
Oleh

Leave your comment