Sunday, June 9, 2019

Cara menghadapi orang yang tidak mau kalah bicara, berargumen, bertindak, dll

Adakalanya kita menemui orang yang kalau melakukan segala sesuatu selalu saja semaunya sendiri, seenaknya sendiri dan tidak mau mengalah kepada orang lain. Orang atau teman macam begini cenderung keras kepala, sulit diatur dan cukup menjengkelkan.

Cara menghadapi orang yang tidak mau kalah bicara, berargumen, bertindak, dll

Kalau sudah menyangkut masalah pembicaraan, pasti ujung-ujungnya mengarah ke perdebatan. Saling adu argumen, opini dan debat kusir yang ngak jelas. Kalau mengarah pada suatu perbuatan atau tindakan, pasti si dia akan memutuskan segala sesuatu dengan pandangannya sendiri tanpa peduli dengan pendapat orang lain.



Hal ini tentu sangat merepotkan gan. Untuk menghadapi orang yang macam begini, yakni orang yang maunya menang sendiri. Anda dapat mencoba berbagai hal yang tersebut di bawah ini.

# Cara menghadapi orang yang tidak mau kalah bicara, berargumen, bertindak, dll

1. Lihat masalahnya

Jika anda menemui orang yang suka seenaknya sendiri, maka lihat terlebih dahulu duduk perkaranya. Apakah orang tersebut adalah orang yang dapat diandalkan, berpengetahuan dan berpengalaman ?. Atau hanya orang yang berlagak sok tahu dan sok pintar saja ?.

Jika orang tersebut memang berpengalaman dan berpengetahuan, maka harap dimaklumi saja kelakuannya tersebut. Hargai pendapatnya, kalau cocok ikuti, kalau enggak ya tinggalkan.

2. Lihat tipe orangnya

Dan jika orang tersebut adalah tipe orang bodoh yang selalu berlagak sok tahu, sok pintar dan sok menjadi orang tua. Atau istilah dijawanya yaitu nueki, atau sok serba tahu dan menggurui. Maka tinggalkan saja orang macam ini. Karena pasti ujung-ujungnya jika anda beradu pendapat, tidak akan pernah masuk dan sampai ilmunya.

Hal ini hanya buang-buang tenaga saja. Karena pada dasarnya mereka sudah tidak mau lagi mendengar berbagai pendapat atau opini yang anda utarakan. Alias si dianya termakan dengan ego dan kebodohannya sendiri. Si dia merasa sok paling benar dan sok paling tahu.

3. Jauhi perdebatan

Apapun alasannya, yang namanya perdebatan itu tidaklah baik, Karena dapat memicu perpecahan. Apalagi jika yang didebat adalah masalah sepele yang tidak jelas. Sudah begitu debat kusir saling ngotot satu sama lain. Tentu hal ini dapat memicu amarah dan permusuhan.


Walaupun anda merasa benar sekalipun, jika anda sudah berdebat dengan orang yang tidak berilmu. Lebih baik tinggalkan saja, atau istilahnya yang waras ngalah saja dulu. Karena sampai kapanpun mereka yang kurang berilmu dan keras kepala dengan pendapat pribadinya sendiri. Akan sulit menerima kata-kata apapun itu juga yang anda bicarakan.

Yang penting anda sudah menyampaikan kebenaran, ya sudah. Ngak usah debat panjang lebar dengan orang yang sudah tidak nyambung dan tidak mau mencerna serta menghargai pendapat orang lain.

4. Abaikan dan tinggalkan

Seperti yang tersebut diatas. Kalau ada orang yang seenaknya sendiri, jika anda tidak mampu untuk merubahnya. Misalnya sekedar memberi saran, masukan atau tindakan. Ya, lebih baik anda diam dan abaikan saja. Daripada nantinya anda jadi ribet dan repot sendiri.

# Penyebab orang menjadi seenaknya sendiri dan tidak mau mengalah

Banyak sekali latar belakang yang membuat seseorang mengembangkan kepribadian seperti demikian. Bisa jadi orang tersebut menjadi egois dan keras kepala, karena didalam hidupnya si dia dimasa lalu selalu dibohongi orang lain. Selalu dimanfaatkan dan dianggap remeh oleh orang lain. Dan bisa jadi juga karena mereka terlalu dimanja oleh keluarganya ?. Intinya semua kembali ke lingkungan hidup dan cara didik orang tua masing-masing.

Cukup sekian dulu, begitulah kiranya beberapa cara untuk menghadapi orang yang tidak mau mengalah dan seenaknya sendiri. Semoga bermanfaat . . .

# Baca juga :

7 Cara menghadapi & menyadarkan orang yang keras kepala
Arti posesif, teman, pacar, pasangan, orang tua, cowok-cewek posesif
5 Ciri-ciri teman yang posesif serta penyebabnya

Cara menghadapi orang yang tidak mau kalah bicara, berargumen, bertindak, dll
4/ 5
Oleh

Leave your comment