Friday, July 26, 2019

Mengenal POV 1 - sudut pandang orang pertama didalam novel, cerita fiksi, dll

Kemarin kita sudah membahas mengenai pengertian dari pov alias sudut pandang yang ada didalam novel, cerpen, dll. Nah kali ini mari kita membahas lebih dalam mengenai POV 1 atau sudut pandang orang pertama.

Dengan adanya pembahasan ini, semoga saja saya dan anda semua para pembaca yang suka menulis cerita fiksi. Baik itu berupa fanfic, novel ringan, dll dapat menambah pengetahuannya sedemikian rupa. Sehingga nantinya novel yang anda tulis menjadi lebih baik lagi. Apalagi bagi anak-anak yang biasa nongkrong di wattpad, semoga saja dapat lebih bermanfaat. Yap, langsung saja, berikut pembahasannya.

Mengenal POV 1 - sudut pandang orang pertama didalam novel, cerita fiksi, dll

# POV 1 - Sudut pandang orang pertama

Yap, seperti yang sudah kita bahas kemarin. Pada dasarnya sudut pandang orang pertama atau pov (point of view) 1 didalam penggunaannya menggunakan kata ganti orang pertama aku, saya dan kami didalam sebuah cerita.

Nah, dengan menggunakan kata ganti aku atau juga kami didalam cerita. Maka penggambaran karakter yang ada seolah-olah ikut terjun dan terlibat langsung kedalam cerita yang ada.



Pada intinya penulisan cerita yang menggunakan sudut pandang orang pertama ini, si karakter utama seolah berada langsung di tempat kejadian. Mengalami penggalan cerita tersebut secara langsung. Dan Menceritakan proses cerita yang terjadi pada dirinya sendiri.

Nah, dan pada umumnya pov 1 atau sudut pandang orang pertama pada cerita fiksi terbagi menjadi dua. Yakni sudut pandang orang pertama karakter utama / tokoh utama dan juga sudut pandang orang pertama karakter sampingan.

Sebagai contoh, misalnya seperti cerita yang ada didalam novel overgeared chapter 1056 yang didalamnya terdapat penulisan lengkap mengenai sudut pandang orang pertama karakter utama dan sampingan, serta sudut pandang orang kedua dan juga sudut pandang orang ketiga serba tahu. Untuk contoh kalimatnya nanti saya tuliskan satu persatu.

- Sudut pandang orang pertama karakter utama

Nah, yang namanya karakter utama, sang mc, main character, tokoh utama. Maka sudah jelas adanya, yang menggunakan kata ganti aku, saya, dan kami ini yang terlibat didalamnya ya si mc itu sendiri. Alias si pemeran utama didalam novel yang ikut terlibat didalam suatu kejadian yang ada. Sebagai contoh misalnya . . .

Bahasa inggris :

I never dreamed that I couldn’t go up by even one level.

From level 399 onward, the amount of experience required to level up seemed to double.

Isn’t this a point where I can’t level up through hunting ?
Bahasa Indonesia :

Aku tidak pernah menyangka bahwa aku tidak bisa naik tingkat bahkan untuk satu level.

Dari level 399 dan seterusnya, jumlah pengalaman yang diperlukan untuk naik level tampaknya berlipat ganda.

Bukankah ini titik di mana aku tidak bisa naik level melalui berburu ?.

Nah yang diatas merupakan sedikit penggalan cerita yang mana si karakter utama, yakni grid (Karakter utama di novel overgeared) sedang berpikir mengenai level karakter gamenya yang sulit sekali untuk bertambah, dikarenakan pengalaman / exp yang didapat dari berburu monster sangatlah sedikit.

- Sudut pandang orang pertama karakter sampingan

Selain karakter utama, tentunya didalam sebuah cerita fiksi apalagi didalam sebuah novel. Tentunya ada side character atau karakter sampingan yang ikut mewarnai dan mengisi cerita yang ada didalam novel tersebut. Nah disaat sang karakter sampingan ini ikut terlibat langsung didalam cerita, dan didalam cerita dituliskan kata ganti orang pertama aku atau kami dengan maksud untuk menggantikan nama karakter sampingan ini. Maka hal inilah yang disebut sebagai sudut pandang orang pertama karakter sampingan.


Sebagai contohnya misalnya adalah . ..

Bahasa inggris :

“This is the last island.” (Pov 1 karakter sampingan)

He revealed himself as the 10th great demon. (Pov 3 serba tahu)

“My name is Leraje. I am one of the 33 rulers who control hell.” (Pov 1 karakter sampingan)

Leraje covered half of his face with a deep hat. The red lips made a sharp contrast to the pale skin. (Pov 3 serba tahu)

“I am a great ruler who combines power and strategy. The proof is that I easily made it to the 66th island. Huhut.” (Pov 1 karakter sampingan)
Bahasa Indonesia :

"Ini adalah pulau terakhir." (Pov 1 karakter sampingan)

Dia menyatakan dirinya sebagai iblis besar ke-10. (Pov 3 serba tahu)

“Namaku Leraje. Aku adalah salah satu dari 33 penguasa yang mengendalikan neraka. " (Pov 1 karakter sampingan)

Leraje menutupi setengah wajahnya dengan topi yang dalam. Bibir merah membuat kontras yang tajam dengan kulit pucat. (Pov 3 serba tahu)

“Saya adalah penguasa hebat yang menggabungkan kekuatan dan strategi. Buktinya saya mudah mencapai pulau ke-66. Hahaha. " (Pov 1 karakter sampingan)

Nah, penggalan cerita diatas menceritakan seorang great demon leraje yang sedang menghadapi challenge atau ujian di pulau yang ke-66. Si leraje didalam cerita dituliskan menggunakan kata ganti orang pertama aku, karena memang penulisan ceritanya menggunakan sudut pandang orang pertama karakter sampingan. Lagipula leraje ini salah satu musuh yang kiranya akan dikalahkan oleh grid sang karakter utama.

Nah, begitulah penjelasan singkat mengenai pov ke 1 atau sudut pandang orang pertama. Untuk selanjutnya kita akan membahas mengenai pov 2 (sudut pandang orang kedua) dan pov 3 (sudut pandang orang ketiga). Jadi tetap nongkrong di blogbiasa.com ini ya. Jangan sampai ketinggalan untuk update info menarik selanjutnya. Semoga bermanfaat . . .

# Baca juga :

Arti dan macam jenis POV (sudut pandang) dalam novel, cerita fiksi, manga, film, dll
Apa itu pengertian fanfiction, fanfic, ff dan fanficcer ?
Apa itu roleplay (RP) ? Cara bermain & istilah dalam roleplay & roleplayer
Arti mc dan heroine dalam anime, manga, novel & bahasa gaul ala netizen

Artikel terkait

Mengenal POV 1 - sudut pandang orang pertama didalam novel, cerita fiksi, dll
4/ 5
Oleh

Leave your comment