Thursday, July 25, 2019

Arti dan macam jenis POV (sudut pandang) dalam novel, cerita fiksi, manga, film, dll

Istilah POV seringkali kita temui diberbagai jenis cerita fiksi yang ada. Baik itu berupa cerpen, novel, manga dan sebagainya. Pastinya didalam cerita tersebut ada yang namanya pov. Nah istilah POV ini merupakan sebuah istilah yang pada dasarnya menggunakan bahasa inggris. Jadi bagi anda orang indo yang kurang begitu mengerti mengenai bahasa inggris tentunya agak kesulitan memahami istilah pov ini. Apalagi bagi para pelajar smp, sma, dkk. Tentunya agak sedikit membingungkan 😁.

Arti dan macam jenis POV (sudut pandang) dalam novel, cerita fiksi, manga, film, dll

# Arti POV

POV sendiri merupakan sebuah singkatan atau kependekan kata dari "Point Of View". Didalam bahasa indonesia sendiri pov ini kita lebih mengenalnya dengan istilah sudut pandang.

Nah, biasanya yang namanya sudut pandang itu terbagi menjadi 3. Yakni sudut pandang orang pertama, sudut pandang orang kedua dan sudut pandang orang ketiga.

# Macam jenis pov - sudut pandang didalam sebuah novel dan cerita fiksi

+ Sudut pandang orang pertama

Sudut pandang orang pertama terdiri dari dua hal. Yakni sudut pandang orang pertama tokoh utama / karakter utama (mc). Dan yang kedua adalah sudut pandang pertama karakter sampingan.

- Sudut pandang orang pertama tokoh utama

Didalam cerita, sudut pandang orang pertama menggunakan kata aku, saya atau kami didalam penulisan ceritanya. Pada intinya penulisan cerita yang menggunakan sudut pandang pertama ini, si karakter utama seolah berada langsung di tempat kejadian. Mengalami penggalan cerita tersebut secara langsung. Menceritakan proses cerita yang terjadi pada dirinya. Sebagai contoh misalnya . .



I would rather fight against the 15 kingdoms then offer them a tribute. I am not such cowardy man. I'd better die than have to live like a slave. Brothers shall we fight to the death.

Aku lebih memilih untuk bertarung dengan 15 kerajaan daripada memberikan upeti kepada mereka. Aku bukanlah seorang pengecut. Aku lebih baik mati daripada hidup seperti seorang budak. Saudara-saudara ayo kita berjuang sampai titik darah penghabisan.

- Sudut pandang orang pertama karakter sampingan

Sudut pandang orang pertama didalam cerita juga seringkali mengambil sudut pandang dari karakter sampingan. Biasanya si karakter sampingan didalam sebuah novel, misalnya di dalam light novel. Selain kejadian yang menimpa sang karakter utama, tentunya karakter sampingan juga diceritakan sedemikian rupa apa yang sedang dialaminya.

Misalnya si tokoh utama sedang bertarung mati-matian melawan demon lord. Nah, si karakter sampingan misalnya lagi berada di kerajaan buat bertahan dari serangan pasukan demon lord. Nah, kejadian yang dialami dan dirasakan si karakter sampingan inilah yang diceritakan didalam novel. Dan menjadi sudut pandang orang pertama karakter sampingan.

+ Sudut pandang orang kedua

Sudut pandang orang kedua ini didalam penulisannya menggunakan kata kamu. Didalam tujuan penulisan cerita, kisah yang ada didalam novel yang menggunakan sudut pandang orang kedua seolah mengajak para pembaca untuk menjadi karakter utama didalam suatu novel atau cerita yang ada. Sebagai contoh misalnya. . .

Coba saja kamu bayangkan jika kamu berada di posisiku. Kamu tidak tahu menahu dengan masalah yang menimpa seniormu. Tiba-tiba saja kamu dipanggil senior dan di titipi sebuah box misterius, lalu si senior pergi dengan tergesa-gesa. Pastinya kamu jadi bingung kan ?.

Nah ini cerita ini belum berakhir. Sesaat kemudian tiba-tiba datang tetua dengan muka merah, sambil marah-marah menoleh ke box misterius itu. Dan langsung saja kamu di tuduh dengan berbagai tuduhan yang sama sekali tidak kamu kerjakan. Nah, dari sini tentu kamu ingin protes, dan mengelak. Tapi apa daya bukti sudah ada di depan mata.

Begitulah kiranya yang sekarang aku alami. Rasanya sakit tapi tidak berdarah. 😭


+ Sudut pandang orang ketiga

Sudut pandang orang ketiga ini berisi tentang seorang karakter yang menceritakan karakter lain dari sudut pandangnya sendiri. Ya pada intinya sudut pandang orang ketiga ini bercerita tentang seorang karakter yang menceritakan karakter lainnya. Dan biasanya didalam penggunaannya, didalam penulisan sudut pandang orang ketiga ini menggunakan kata dia, atau mereka.

Dan tentunya sama seperti sudut pandang orang pertama. Sudut pandang orang ketiga ini terbagi menjadi dua. Yaitu sudut pandang orang ketiga pengamat dan serba tahu.

- Sudut pandang orang ketiga pengamat

Didalam novel kita tentunya mengenal yang namanya side character pov. Biasanya didalam cerita light novel. Sang karakter sampingan membagikan pandangan atau pemikirannya seputar kehidupan sang tokoh utama atau karakter lainnya. Sebagai contoh misalnya.

Aku kira tama-chan adalah seorang gadis desa biasa-biasa saja. Tapi siapa sangka ternyata dia adalah seorang petualang tingkat S. Jujur saja aku terkejut, tapi aku sangat senang bisa berteman dan separty dengannya.

- Sudut pandang orang ketiga serba tahu

Nah, biasanya sudut pandang ini berperan seolah sebagai orang atau sesuatu yang serba tahu. Sebut saja misalnya di dalam cerita xianxia sebagai orang yang kultivasinya mencapai tingkat atas. Sehingga si dia tahu akan kejadian yang menimpa semua orang yang ada di suatu planet / realm. Kalau contoh mudahnya, misal di film kartun spongebob, si sudut pandang ketiga serba tahu ini ya mirip si narator yang menceritakan kehidupan di bikini bottom.

Ya begitulah gan penjelasan lengkap mengenai arti dari POV beserta macam jenis pov / sudut pandang yang ada didalam cerita fiksi. Semoga bermanfaat . . .

# Baca juga :

Apa itu arti dan pengertian isekai ?
Pengertian dan perbedaan Novel, Webnovel (WN) dan Light novel (LN)

Artikel terkait

Arti dan macam jenis POV (sudut pandang) dalam novel, cerita fiksi, manga, film, dll
4/ 5
Oleh

Leave your comment