Tuesday, August 13, 2019

10 Cara mengatasi rasa takut ketika di rumah sendirian

Saat-saat paling menakutkan bagi sebagian orang adalah ketika mereka dihadapkan dengan kondisi sendirian. Terutama bagi anda yang berada di rumah sendirian. Tentunya untuk mengatasi dan melawan rasa takut yang muncul didalam hati sangatlah diperlukan. Agar nantinya anda tidak menjadi ketakutan dan kesepian lagi saat ditinggal sendirian di rumah.

10 Cara mengatasi rasa takut ketika di rumah sendirian

Nah, langsung saja berikut beberapa tips untuk mengatasi ketakutan anda ketika sedang sendirian di rumah.

# Cara mengatasi rasa takut saat sendirian di rumah

Sebenarnya untuk mengatasi rasa takut ketika berada di rumah sendirian, anda tentunya diharuskan terlebih dahulu untuk mengetahui akar masalah penyebab munculnya ketakutan anda. Nah, jika anda sudah menemukan penyebab rasa takut anda. Tentunya untuk mencegah, melawan dan mengatasi rasa takut anda ketika berada didalam rumah sendirian akan menjadi lebih mudah. Nah, maka dari itu sebelumnya anda dapat membaca artikel yang satu ini (4 Penyebab munculnya rasa takut saat sendirian di rumah).

1. Menghidupkan televisi

Ketika sendirian didalam rumah, adakalanya dengan hanya menghidupkan televisi. Hal ini akan menambah suasana ramai didalam rumah. Walaupun televisi tersebut sama sekali tidak ditonton 😂, yang terpenting suara berisik bermacam-macam acara didalam televisi dapat menambah keberanian kita untuk menghadapi suasana sepi dan sendiri saat di rumah.

2. Bermain game

Salah satu cara untuk mengalihkan perhatian ketika berada didalam rumah sendirian, Yakni dengan cara bermain game. Baik itu game offline maupun game online. Semuanya boleh dimainkan, asal pikiran negatif dapat ditiadakan.

Jika anda keasikan bermain game, Maka otomatis waktu berlalupun tidak akan terasa. Dan berada di rumah sendirian tidak akan menjadi masalah lagi, bagi anda-anda yang penakut ini.



3. Internetan, ngemedsos, chattingan, ngeyoutube

Sama seperti bermain game, dengan bermain media sosial, asik browsing di google maupun ngeyoutube. Hal ini juga dapat membuat diri kita menjadi nyaman walaupun dihadapkan dengan kondisi sendirian di rumah.

4. Menyalakan lampu

Bagi anda yang takut dengan kegelapan malam. Misalnya takut adanya hantu dan sejenisnya. Maka dengan cara menghidupkan banyak lampu di rumah, menerangi setiap kamar yang ada. Hal ini juga dapat membantu menurunkan kecemasan dan ketakutan anda ketika berada didalam rumah sendirian.

5. Berpikiran positif

Menjauhi pikiran negatif, semisal takut dengan hantu, takut ada maling dan sebagainya. Hal ini juga dapat membantu diri anda, dan membuat diri anda menjadi lebih berani disaat berada didalam rumah sendirian.

6. Mengunci jendela dan pintu

Dengan memastikan keamanan didalam rumah. Dengan cara mengunci semua jendela dan pintu rumah yang ada. Hal ini juga dapat menenangkan diri anda dari adanya ancaman semisal maling dan rampok.


7. Beribadah

Banyak sholat dan mengaji, maupun mendengarkan ceramah atau juga mendengarkan lantunan Alquran. Hal ini juga dapat menenangkan hati dan membuat anda tidak merasa takut lagi ketika berada sendirian didalam rumah.

8. Beraktivitas

Bersih-bersih kamar, mengerjakan pr, bekerja, menyibukkan diri agar tidak menganggur dan sebagainya. Hal ini juga dapat mencegah munculnya berbagai perasaan negatif yang ada. Sehingga nantinya anda tidak akan lagi ketakutan ketika ditinggal dirumah sendirian.

9. Bermain bersama teman

Ketika anda merasa sepi sendirian, alangkah baiknya anda bermain bersama teman sebaya anda. Misalnya keluar rumah dan main bareng teman, atau ajak teman untuk main ke rumah. Tentunya bukan teman lawan jenis ya, karena hal ini malah berbahaya.

10. Tidur

Solusi terakhir untuk mengatasi dan melawan rasa takut anda ketika sendirian di rumah, adalah dengan cara tidur. Jika anda tidur, maka waktu akan terasa berjalan lebih cepat. Setelah anda membuka mata, tak tahunya pagi hari sudah tiba saja. Dan kengerian dimalam haripun dapat anda lewati dengan tenang dan damai.

Nah, dengan ke-10 cara yang tersebut diatas. Maka segala masalah anda yang berhubungan dengan ketakutan saat berada sendirian didalam rumah akan segera teratasi dengan mudah.

# Baca juga :

Cara ampuh menghilangkan rasa takut pada hantu (Di semua kondisi, pada anak, dll)
6 Tips agar kos-kosan aman dari maling / pencurian
Apakah hantu itu ada atau tidak (Di dalam agama dan sains) ?
9 Cara mengatasi bosan, gabut, kesepian di malam hari

Artikel terkait

10 Cara mengatasi rasa takut ketika di rumah sendirian
4/ 5
Oleh

Leave your comment