Wednesday, August 14, 2019

Apa itu QC ? Pengertian Quality control (QC) didalam perusahaan / industri

Quality Control atau yang lebih sering disebut dengan singkatan kata QC merupakan sebuah elemen penting yang wajib ada di setiap perusahaan atau industri yang bergerak dibidang manufaktur / produksi. Tanpa adanya seorang QC yang bertugas didalam perusahaan industri, maka sudah jelas ujungnya. Yakni berbagai produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan atau industri akan keluar dari jalur atau standar yang sebelumnya sudah ditentukan. Dalam artian berbagai produk yang dihasilkan nantinya memiliki kualitas yang jauh berbeda dari yang sebelum-sebelumnya.

Apa itu QC ? Pengertian Quality control (QC) didalam perusahaan / industri

# Pengertian QC (Quality Control)

Apa itu QC ?. QC atau quality control jika diterjemahkan kedalam bahasa indonesia maka akan memiliki arti "Pengendali kualitas" atau juga lebih sering dikenal dengan "Pengendali mutu". Berdasarkan pengertian diatas, QC atau Quality Control ini adalah seseorang atau kelompok yang bertugas untuk mengendalikan mutu atau kualitas suatu produk yang ada didalam perusahaan dan industri.

Nah, QC didalam suatu perusahaan terdiri dari seseorang maupun kelompok yang bertugas untuk memeriksa kelayakan suatu produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Mereka memastikan segala jenis kegiatan produksi di suatu industri. Mereka menginspeksi kelayakan sebelum, selama dan sesudah jalannya proses produksi. Agar nantinya berbagai produk yang dihasilkan sesuai standar yang sudah ditetapkan.



Nah, setiap orang atau kelompok yang bekerja di bidang Quality Control ini. Mereka memiliki sebuah buku pedoman panduan kerja yang dikenal dengan nama Quality Manual. Didalam buku panduan tersebut terdapat berbagai aturan yang menjelaskan berbagai standar kerja maupun kinerja peralatan yang kiranya harus dipenuhi oleh semua intansi dan departemen yang terkait didalam suatu perusahaan. Agar nantinya setiap proses jalannya manufaktur produksi didalam industri berjalan sesuai dengan standar. Sehingga nantinya, produk yang dihasilkan akan memiliki kualitas yang baik, kualitas yang sama dengan standarisasi yang sebelumnya ditetapkan.

# Tugas Quality Control

Ya pada intinya Seorang QC didalam suatu perusahaan dan industri ini. Bertugas sebagai pengawas atau pengendali kualitas produksi. Agar nantinya segala jenis produk yang dihasilkan oleh perusahaan dapat diterima dengan baik, sesuai dengan standar, tanpa ada cacat atau perbedaan.


Dari berbagai tulisan yang tersebut diatas, dapat kita simpulkan. Bahwasanya pada setiap perusahaan dan industri pada intinya memiliki perbedaan prosedur didalam melakukan tugas Pengendalian mutu. Misalnya antara perusahaan pembuat roti dengan pembuat minuman ringan. Tentunya proses pengendalian mutunya juga sangat jauh berbeda.

Dan diantara perbedaan yang ada tersebut. Kesemuanya memiliki kesamaan didalam melakukan tugasnya. Yakni diantaranya adalah dengan cara proses Inspeksi / validasi dan juga pengecekan sample / verifikasi suatu produk. Untuk selengkapnya akan saya bahas didalam artikel mengenai Tugas dan tanggung jawab QC (Quality Control).

# Baca juga :

Apa itu freelancer & kerja freelance ? pengertian, cara kerja, tugas, gaji, dan contoh pekerjaan freelance baik online dan offline (di rumah)
Apa itu reseller ? pengertian, cara kerja, syarat, contoh, keuntungan dan kerugian menjadi reseller (Baik online & di dunia nyata)
Tips jadi pengangguran sukses, kaya raya dan bahagia
Cara beradaptasi dengan karyawan lama / rekan kerja di tempat kerja baru

Artikel terkait

Apa itu QC ? Pengertian Quality control (QC) didalam perusahaan / industri
4/ 5
Oleh

Leave your comment