Wednesday, August 28, 2019

7 Ciri-ciri wibu menurut para netizen dan orang awam

Apakah seseorang yang hanya nonton anime, atau juga kebetulan pakai foto profil bergambar anime langsung dicap sebagai seorang wibu ?. Hal ini memang benar adanya, namun untuk ciri dan pengertian wibu yang sesungguhnya, hal ini sama sekali tidak dibenarkan.

7 Ciri-ciri wibu menurut para netizen dan orang awam

Namun, apalah daya masyarakat kita memang mudah sekali dengan yang namanya menjudge orang. Mudah memvonis dan berburuk sangka. Terutama didalam hal yang bernama wibu ini. Dan parahnya banyak orang pansos di media sosial yang bangga dan mengaku-ngaku sebagai wibu. Sehingga menjadikan citra wibu ini semakin buruk di masyarakat.

Mungkin anda pernah mendengar istilah wibu bau bawang, wibu psikopat, wibu gue banget, dan sejenisnya. Hal inilah yang kiranya melekat dibenak orang awam. Mereka menganggap para wibu ya seperti demikian adanya. Padahal sebenarnya si tidak dibenarkan 😂.



# Ciri-ciri wibu menurut para netizen dan orang awam

Nah, berikut ini kiranya berbagai ciri para wibu menurut para netizen dan orang yang awam. Terutama didalam kasus orang-orang yang dianggap sebagai wibu di sosial media semisal di facebook, wa, dan sejenisnya.

1. Wibu nolep

Yap, kebanyakan orang menganggap para wibu ini sebagai orang-orang yang gagal didalam bermasyarakat. Mereka beranggapan bahwa orang yang kuper, jarang bergaul, suka menyendiri adalah seorang wibu. Hal ini terjadi karena banyaknya anak remaja yang ngechuuni sambil meniru berbagai karakter yang katanya 6u3 8@n83t. Semisal seperti si hachiman, oreki, ayanokouji, dkk. Dan parahnya, banyak anak-anak yang mengaku bangga menjadi seorag wibu dengan karakter yang seperti demikian. Misalnya jadi sosok yang pendiam, dan cool. Sambil koar-koar di medsos dan mengaku sendiri bahwa dirinya adalah seorang wibu.

2. Memakai foto profil bergambar anime

Sudah jelas adanya, bagi para netizen di indonesia, atau mungkin di seluruh dunia ?. Jika ada seseorang yang memakai foto profil bergambar anime di akun media sosialnya. Maka otomatis orang tersebut akan dicap sebagai seorang weebs / wibu.

3. Memakai nama bernuansa jejepangan

Selain foto profil yang bergambar anime. Nama akun sosial media yang menggunakan unsur jejepangan. Semisal seperti ada kata chan, kun, sensei, senpai, dll. Atau ada nama ala orang jepang semisal seperti airi, hana mitsui, sora, haru, shiro, kuro dll. Maka otomatis orang tersebut akan dicap sebagai wibu oleh para netizen.

4. Mengetik komentar dengan bahasa jepang

Jika anda sedikit tahu saja dengan bahasa jepang, semisal iseng ngetik kata baka, arigatou, watashi, boku, kyaa, ikuzo, dll. Pastilah para netizen dan teman-teman pengguna akun media sosial lainnya. Akan langsung mencap anda sebagai seorang weeaboo / wibu.

Begitu juga ketika anda berbicara sedikit saja dengan menggunakan bahasa jepang. Orang awam lain, semisal teman anda yang tidak begitu mengenal dunia anime, dkk. Pasti juga akan mencap dan menganggap anda sebagai seorang wibu. Tidak peduli apa ceritanya, entah anda guru bahasa jepang sekalipun. Asal ngetik komen dan berbicara dengan bahasa jepang. Maka ya jadi auto wibulah anda di mata para netizen.


5. Nonton anime

Nah, ini sudah pasti sering terjadi. Apapun film animenya, entah itu film anime komedi, maupun yang tragedi dan sebagainya. Asalkan anda menshare klip video, atau juga full video anime di media sosial. Atau juga anda sekedar ngepost status dan berbagi cerita seputar anime yang anda suka dan baru anda tonton. Para netizen langsung saja menjudge anda sebagai seorang wibu.

7 Ciri-ciri wibu menurut para netizen dan orang awam

6. Baca manga

Sama halnya dengan menonton anime, orang yang suka ngeshare screenshot manga yang dibacanya di media sosial. Atau mungkin anda menanyakan rekomendasi manga apa yang bagus di berbagai grup media sosial yang tidak ada unsur animenya. Maka para netizen juga akan menganggap anda sebagai seorang wibu.

7. Memakai masker

Entah kenapa yang namanya para wibu identik dengan yang namanya masker. Hal ini diperparah dengan banyaknya para otaku wibu yang sering memakai masker ketika berada di event jejepangan. Semisal di acara cosplay, dan budaya jepang lainnya.

Nah, ketika anda iseng upload foto di medsos yang didalamnya terdapat foto anda yang sedang memakai masker. Maka jangan heran, jika nantinya anda akan dicap sebagai seorang wibu oleh para netizen.

Kurang lebih begitulah anggapan orang awam mengenai para wibu ini. Entah anda seorang wibu atau bukan, intinya jika anda melakukan ke-7 hal yang tersebut diatas. Maka otomatis para netizen akan langsung menganggap dan menyebut anda sebagai seorang wibu.

# Baca juga :

Arti & Ciri-ciri anak Animers / Anime lovers
19 Fakta anak anime, animers, wibu, otaku dan sejenisnya
11 Sifat & Ciri-ciri cowok cewek otaku anime akut
11 Ciri-Ciri seorang wibu, vvibu, weeaboo

Artikel terkait

7 Ciri-ciri wibu menurut para netizen dan orang awam
4/ 5
Oleh

Leave your comment