Saturday, August 3, 2019

7 Persamaan & perbedaan manga, manhwa dan manhua

Manga, manhwa dan manhua. Diantara ketiga jenis komik ini memiliki persamaan dan juga perbedaan yang cukup mencolok. Untuk persamaan diantara manga, manhwa dan juga manhua tidak perlu dibahas. Karena kita tahulah ketiganya sama-sama komik 😂. Nah, maka dari itu, yang kita bahas cukup perbedaan di antara ketiganya saja.

7 Persamaan & perbedaan manga, manhwa dan manhua

# Perbedaan di antara Manga, manhwa dan juga manhua

Berikut beberapa perbedaan mendasar yang ada didalam manga, manhwa dan juga manhua.

1. Tempat asal

Dari tempat asalnya, manga merupakan sebuah komik yang berasal dari jepang. Manhwa berasal dari korea selatan. Sedangkan manhua berasal dari china.



2. Teknik penggambaran

Penggambaran karakter didalam manga kebanyakan bergaya ala anime. Sedangkan pada manhwa karakternya banyak yang digambarkan mirip dengan orang korea, dan agak realistis. Sedangkan didalam manhua, banyak jenisnya. Ada yang mirip dengan anime, ada juga yang berciri khas ala budaya china, dan banyak juga penggambaran yang realistis, dan detail mendekati manusia pada umumnya.

3. Isi cerita

Banyak sekali cerita dan genre yang terdapat didalam manga. Yang paling sering kita temui misalnya seperti genre shounen, shoujo, seinen, josei dan berbagai subgenre lainnya. Yang terdiri dari banyak kategori, baik itu romansa, komedi, action, supernatural, sci-fi dan sebagainya.

Didalam manhwa banyak kita temui cerita seputar dunia kehidupan sehari-hari, cerita seputar dunia game, perkotaan, kiamat, dan sejenisnya.

Sedangkan didalam cerita manhua banyak kita temui yang bercerita tentang dunia persilatan, kungfu dan juga kultivasi.

4. Pewarnaan

Pewarnaan didalam manga banyak yang kita temui hanya berisi goresan gambar hitam putih saja. Sedangkan didalam manhwa dan juga manhua banyak didalamnya yang bergambar warna, full color, dari mulai background sampai karakternya. Dan bahkan untuk manhua penggambaran dan pewarnaannya sangatlah mendetail.


5. Cara membaca

Untuk membaca Manga, cara membacanya di mulai dari arah kanan ke kiri. Sedangkan untuk membaca manhwa biasanya diawali dari kiri ke kanan atau juga dari atas ke bawah, semisal seperti manhwa webtoon. Sedangkan untuk manhua yang asalnya dari china cara membacanya diawali dari kiri ke kanan sama seperti manhwa. Dan ada juga yang sama seperti manga yakni dari kanan ke kiri. Dan biasanya ini manhua yang asalnya dari hongkong dan taiwan.

6. Penamaan tempat dan karakter

Untuk nama karakter didalam manga, manhwa dan juga manhua tentunya sangat jelas berbeda. Hal ini karena dipengaruhi oleh budaya dan bahasa.

Misalnya untuk nama pasaran didalam manga seperti sora, haru, kuro, shiro, hikari, dll. Nama karakter di dalam manhwa misalnya ada embel-embel kim nya. Sedangkan untuk manhua cukup bervariasi. Dan tentunya masih menggunakan nama ala orang china. Semisal seperti memakai awalan, meng, xiao, dan dugu.

7. Bahasa

Bahasa asli dari manga, manhwa dan juga manhua juga jelas berbeda. Misalnya untuk manga menggunakan bahasa jepang. Manhwa menggunakan bahasa korea. Dan manhua menggunakan bahasa china.

Nah, begitulah kiranya perbedaan yang cukup mendasar didalam manga, manhwa dan juga manhua. Untuk contoh dari ketiganya yang cukup mudah dikenali sangat banyak sekali. Misalnya didalam manga ada yang berjudul one piece, one punch man, shingeki no kyojin, dll. Untuk judul manhwa misalnya ada the gamer, god of highschool, lookism, noblesse, solo leveling dll. Dan untuk manhua misalnya ada tales demons and gods, Doulou Dalu series, battle through the heavens, dll.

# Baca juga :

Arti canon, non canon & filler dalam anime dan manga
Pengertian manga, manhwa dan manhua
8 Keuntungan dan manfaat menonton anime dan baca manga
8 Dampak buruk / dampak negatif anime dan manga bagi generasi muda

Artikel terkait

7 Persamaan & perbedaan manga, manhwa dan manhua
4/ 5
Oleh

Leave your comment