Saturday, August 3, 2019

Pengertian manga, manhwa dan manhua

Anda seorang otaku, anime lovers, wibu dan sejenisnya ?. Anda pastilah mengenal dengan istilah buku bergambar yang bernama manga ?. Nah, jika memang benar adanya. Tentunya anda juga pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Manhwa dan juga manhua ?. Ketiga jenis komik tersebut cukup terkenal dan sering kita lihat di dunia maya.

Pengertian manga, manhwa dan manhua

Namun, apakah anda tahu pengertian, perbedaan dan persamaan dari ketiga jenis komik tersebut ?. Jika anda tidak mengetahuinya. Maka langsung saja berikut penjelasannya.

# Arti manga

Manga dibaca mangga (buah mangga). Merupakan sebuah komik yang berasal dari jepang. Buku bergambar, buku cerita bergambar, alias komik yang memiliki ciri khas penggambaran ala jepang. Sebut saja memiliki gambar ala anime-anime.



Dan perlu diketahui juga, orang yang menggambar manga dan membuat manga disebut juga sebagai seorang Mangaka.

# Arti Manhwa

Manhwa merupakan sebuah komik yang asalnya dari korea selatan. Layaknya manga, didalam manhwa juga terdapat sebuah ciri khas penggambaran karakter dan cerita ala orang korea. Dan pada umumnya orang yang menggambar dan membuat manga dapat juga disebut sebagai Manhwaga.

# Arti manhua

Manhua merupakan sebutan komik yang ada di china. Sama seperti manga dan juga manhwa. Manhua sendiri juga kental dengan teknik penggambaran dan cerita yang berciri khas ala negeri tirai bambu / china. Dan orang yang menggambar serta membuat manhua disebut juga sebagai Manhuajia.

Nah untuk persamaan dan perbedaan diantara manga, manhwa dan manhua ini akan saya bahas di postingan berikutnya.

# Baca juga :

Arti canon, non canon & filler dalam anime dan manga
3 Syarat menjadi seorang otaku
8 Keuntungan dan manfaat menonton anime dan baca manga
8 Dampak buruk / dampak negatif anime dan manga bagi generasi muda

Artikel terkait

Pengertian manga, manhwa dan manhua
4/ 5
Oleh

Leave your comment