Tuesday, June 11, 2019

Arti canon, non canon & filler dalam anime dan manga

Canon yang dimaksud disini bukan yang berhubungan dengan printer, foto, senjata maupun mesin foto kopi dan sebagainya ya. Apalagi jika yang dibahas adalah mengenai kanon yang berhubungan dengan salah satu karakter anime detektif cilik yang sebut saja namanya adalah canon edogawa :v, tentu ini sama sekali tidak nyambung gan.

Arti canon, non canon & filler dalam anime dan manga

Nah, canon, non canon dan filler yang dimaksud disini adalah hal yang berhubungan dengan episode yang ditampilkan didalam anime. Baik itu serial anime per season, maupun anime berkelanjutan yang tidak mengenal musim ?. Misalnya yang mudah disini adalah seperti anime naruto, one piece dan dragon ball.

Nah langsung saja begitu saja basa-basinya, berikut ini adalah beberapa pengertian dari yang namanya canon, non canon dan juga filler didalam dunia anime dan juga manga.



# Apa itu arti canon dalam anime ?

Istilah canon didalam anime ini ditujukan kepada setiap episode yang ada didalam anime. Yang mana di setiap scene dan adegan ceritanya asli ada didalam cerita dan scene yang ada didalam manga maupun light novel yang ditulis oleh pengarang asli anime tersebut.

Jadi, berbagai jenis scene, adegan, percakapan, dan cerita asli yang ada di dalam manga maupun novel asli karangan author. Misalnya manga asli one piece karya eiichiro oda, manga naruto karya masashi khisimoto, atau juga dragon ball karya akira toriyama. Kesemuanya dituangkan sama persis kedalam sebuah episode anime. Nah, itulah yang disebut sebagai canon.

# Apa itu arti non canon dalam anime ?

Kebalikan dari canon yang merupakan episode anime asli yang sesuai dengan karya author pembuat cerita didalam anime. Anime non canon ini bercerita mengenai anime yang sama sekali tidak dibuat oleh si author asli pembuat cerita anime tersebut. Alias bisa dibilang fan made, buatan orang lain selain author asli.

Contoh mudahnya misalnya didalam anime dragon ball. Yang mana anime dragon ball z itu adalah anime canon. Dan anime dragon ball gt adalah anime non canon.

Begitu juga misalnya seperti berbagai jenis anime yang tidak menampilkan adegan cerita yang sama persis seperti di manga atau lightnovel asli. Maka hal ini juga dapat disebut sebagai anime non canon. Contohnya jika di anime memiliki adegan ending atau inti cerita yang dibuat berbeda dengan di manga atau juga di novel. Maka hal ini juga dapat disebut sebagai anime non-canon.


# Apa itu arti filler dalam anime ?

Filler ini jika diartikan dari bahasa inggris ke bahasa indonesia, memiliki arti "pengisi". Mudahnya, filler didalam anime ini artinya sebagai sebuah episode yang sama sekali tidak pernah dibuat dan ditulis oleh pengarang resmi anime tersebut. Sebut saja sebagai episode tambahan, episode selingan, episode buatan yang dibuat oleh pihak studio anime guna untuk tujuan tertentu. Misalnya untuk menambah jumlah episode anime, untuk sekedar break / istirahat dari arc cerita asli yang ada di anime, dan masih banyak yang lainnya.

Nah, begitulah simpelnya arti dan perbedaan dari canon, non canon dan filler didalam anime. Semuanya cukup mudah untuk dimengerti. Cukup sekian dulu pembahasan di blogbiasa.com kali ini. Mungkin selanjutnya saya akan membahas mengenai istilah lain dalam dunia anime dan manga. Jadi tetap rajin mampir di blog ini ya. Semoga bermanfaat . ..

# Baca juga :

Arti anime ova, oav, ona, oad dan oda serta perbedaannya
Arti mc dan heroine dalam anime, manga, novel & bahasa gaul ala netizen
Apa itu BD ? Arti anime BD, perbedaan anime BD dan biasa / TV
Arti ara ara, yare yare, sate sate dalam anime berbahasa jepang

Arti canon, non canon & filler dalam anime dan manga
4/ 5
Oleh

Leave your comment