Saturday, August 10, 2019

Cara berhenti menjadi seorang wibu & otaku - 99% berhasil

Banyak alasan bagi para wibu dan otaku anime untuk pensiun. Misalnya karena mereka sudah mengalami dampak buruk dari yang namanya kecanduan anime, terlalu banyak baca manga dan novel sehingga banyak membuang waktu. Karena sering di bully netizen, di bully teman, karena tidak punya teman, ngenolep, banyak maksiat, umur sudah lanjut dan beranjak tua, sudah berkeluarga dan masih banyak yang lainnya.

Cara berhenti menjadi seorang wibu & otaku - 99% berhasil

Intinya banyaklah sisi negatif dari menjadi seorang wibu dan otaku ini. Dan dari sekian banyak dampak negatif yang ada. Tentunya yang paling sering dirasakan oleh para wibu dan otaku ini adalah kesepian, jones dan juga membuang banyak waktu / menyia-nyiakan waktu.

Yak, kembali ketopik utama kita. Jadi intinya bagaimanasih caranya agar anda dapat berhenti dari dunia jejepangan. Berhenti jadi wibu dan otaku ?. Langsung saja berikut tata caranya.

# Cara mengatasi wibu dan otaku, cara berhenti jadi wibu dan otaku

1. Niat dan tekad yang kuat untuk berubah

Langkah pertama untuk berhenti jadi otaku dan wibu terletak pada niat. Jika anda bersungguh-sungguh untuk berubah dan ingin keluar dari dunia jejepangan. Maka segala usaha yang nantinya akan anda tempuh akan menjadi terasa ringan, begitupula sebaliknya.



2. Menghapus semua anime dan juga membuang semua benda yang berhubungan dengannya

Hapus semua anime dan juga koleksi anime manga yang ada didalam hp maupun komputer anda. Berhentilah mendekati anime, manga dan segala hal lain yang bernuansa jepang. Coba cari kesibukan lain yang sama sekali tidak ada unsur jejepangannya.

Kalau anda sayang untuk menghapus dan membuang koleksi yang berhubungan dengan anime. Semisal seperti manga, buku, poster, bantal, action figure 😂, dll. Ya tinggal jual saja semua benda tersebut. Pada intinya singkirkan sejauh mungkin dari kehidupan anda.

3. Keluar dari semua perkumpulan dan komunitas para otaku dan wibu

Untuk mencegah niatan anda untuk kembali kedalam dunia perwibuan. Untuk mencegah anda menjadi fanatik dengan dunia anime dan sejenisnya. Maka anda diharuskan untuk menjauh dari semua orang dan lingkungan yang dapat mengingatkan kembali dunia anime dan perwibuan.

Dalam hal ini, anda diharuskan untuk keluar dari berbagai forum dan grup di media sosial yang berhubungan dengan anime. Dan juga carilah teman baru yang sama sekali tidak mengenal dunia anime.

4. Mencari kesibukan baru

Cari hobi lain yang tidak ada hubungannya dengan dunia anime dan juga jejepangan. Misalnya yang tadinya anda sehari-hari selalu nonton anime, baca manga, baca light novel dan sebagainya. Maka cobalah untuk mencari kesibukan atau aktivitas lain. Semisal seperti bersepeda, mancing, berkebun, nongkrong dengan tetangga - teman sekampung dan sebagainya.


5. Mencari teman baru yang tidak sehobi

Yap, carilah teman baru yang kiranya dapat membawa dampak positif kepada anda. Dalam hal ini tentunya teman baru tersebut tidak akan membuat anda kembali kedalam dunia otaku dan juga wibu. Semisal seperti orang yang sholeh, para pecinta lingkungan, aktivis sosial, dan sejenisnya.

6. Bekerja

Sibukkan diri anda dengan bekerja, cari pekerjaan yang dapat menyibukkan anda. Mulailah pikirkan masa depan. Jangan terlalu banyak membuang-buang waktu yang ada. Masa tua dan kemiskinan itu kejam bro. Jadi pikirkanlah masa depan anda.

7. Berkeluarga

Yup, dengan berkeluarga, mencari pendamping hidup. Suami-istri dan hadirnya anak didalam kehidupan anda. Tentunya sedikit banyak aktivitas ngewibu anda dapat segera berkurang. Dan dengan perlahan anda akan disibukkan dengan urusan rumah tangga. Kemudian tentunya ucapkanlah selamat tinggal pada dunia otaku dan juga perwibuan.

8. Banyak-banyak beribadah

Perdalam ilmu agama, cari teman yang sholeh, perbanyak beribadah, mendekatkan diri dengan Tuhan, jauhi dunia anime dan manga. Kalau perlu misalkan ikuti program pondok pesantren dan sejenisnya. Maka dengan ini masalah yang berhubungan dengan wibu dan otaku akan menghilang dari kehidupan anda.

Yap, pada intinya begitulah cara yang cukup ampuh untuk berhenti dan pensiun dari dunia perwibuan. Yang paling penting dari ke-8 poin diatas, tentunya adalah dengan menjaga niatan anda. Kalau niat anda sudah kuat, niat untuk berubah sudah bulat dan istiqomah. Maka saya yakin, 99% pasti anda akan berhenti jadi seorang wibu dan otaku. Semoga bermanfaat..

# Baca juga :

3 Syarat menjadi seorang otaku
8 Kekurangan / dampak negatif otaku
11 Ciri-Ciri seorang wibu, vvibu, weeaboo
Dampak positif menjadi wibu menurut para wibu / weeaboo

Artikel terkait

Cara berhenti menjadi seorang wibu & otaku - 99% berhasil
4/ 5
Oleh

Leave your comment