Wednesday, August 14, 2019

Tugas-tugas dan tanggung jawab quality control di perusahaan, industri, pabrik

Beberapa waktu yang lalu kita sudah membahas mengenai pengertian dari QC atau quality control ini. Nah, untuk selanjutnya yang akan kita bahas adalah mengenai tugas-tugas, wewenang dan tanggung jawab Quality control. Langsung saja berikut penjelasannya .. .

Tugas-tugas dan tanggung jawab quality control di perusahaan, industri, pabrik

# Tugas utama Pekerja di Bagian Quality Control

Seperti yang sudah saya sebutkan di artikel sebelumnya. Jadi pada umumnya tugas utama dari seorang yang bekerja sebagai quality control adalah untuk menginspeksi, memvalidasi, mengecek dan juga memverifikasi sebelum, selama dan sesudah jalannya suatu produksi didalam suatu perusahaan, industri maupun pabrik. Agar nantinya proses dan hasil produksi berjalan sesuai dengan standarisasi yang sudah ditentukan.



# Tugas-tugas dan tanggung jawab Quality Control (QC)

Tugas-tugas dan berbagai prosedur yang digunakan oleh tim Quality control didalam suatu perusahaan tentunya berbeda-beda dari satu perusahaan ke perusahaan yang lainnya. Namun, tentunya dalam tingkat standarisasi suatu perusahaan akan memperhatikan kaidah-kaidah aturan yang sudah ada. Misalnya harus sesuai dengan standar ISO 9001, ISO 9002, dan sebagainya.

Sebagai contoh, misalnya tugas dari seorang Quality control di pabrik garment tentunya sangat berbeda dengan tugas quality control di pabrik roti, atau juga di proyek jalan, proyek pembangunan, bidang it, wom finance, j&t dan sebagainya. Kesemuanya memiliki prosedur standarisasi Quality control yang berbeda-beda. Dan kesemuanya biasanya sudah tercetak didalam buku panduan Quality Manual yang berisi sejumlah aturan mengenai kinerja dan kerja standar dari berbagai instasi dan departemen yang terkait didalam suatu perusahaan.


Untuk selengkapnya berikut beberapa tugas yang yang biasanya dikerjakan oleh petugas Quality Control.

1. Menentukan kualitas standar kelayakan dari suatu produk maupun jasa yang akan di produksi di perusahaan.
2. Memantau seluruh aktivitas produk yang di produksi oleh suatu perusahaan, industri, pabrik.
3. Memonitor jalannya proses produksi didalam perusahaan.
4. Menganalisis dan menguji kualitas produk yang dihasilkan, agar sesuai dengan standarisasi yang sudah ditetapkan.
5. Memastikan bahan baku produksi, maupun kualitas produk yang sudah jadi agar sesuai dengan standar perusahaan.
6. Mendokumentasikan hasil tes dan inspeksi produk perusahaan.
7. Membuat analisis dari catatan sejarah dokumentasi hasil tes, dan inspeksi produk, agar bermanfaat untuk perkembangan hasil produksi di masa yang akan datang.
8. Mengidentifikasi berbagai masalah yang ada didalam proses produksi dan juga hasil produksi yang ada di perusahaan.
9. Merekomendasikan perbaikan proses didalam produksi dan jasa guna untuk kebaikan hasil produksi di masa yang akan datang.
10. Meloloskan maupun mencegah dan menangguhkan proses dan hasil produksi di dalam perusahaan / industri.

Nah, kurang lebih begitulah tugas-tugas yang dikerjakan oleh bagian Quality control yang terdapat didalam perusahaan, industri maupun pabrik. Intinya tugas dari pekerja di bidang Quality control ini adalah untuk memastikan standarisasi suatu produk yang akan dihasilkan di suatu perusahaan. Sehingga pada akhirnya mereka bertanggung jawab didalam menginspeksi, memvalidasi dan memverifikasi proses produksi dan hasil produksi yang dikerjakan didalam perusahaan, industri ataupun pabrik.

# Baca juga :

Apa itu freelancer & kerja freelance ? pengertian, cara kerja, tugas, gaji, dan contoh pekerjaan freelance baik online dan offline (di rumah)
Apa itu QC ? Pengertian Quality control (QC) didalam perusahaan / industri
Tips jadi pengangguran sukses, kaya raya dan bahagia
Cara beradaptasi dengan karyawan lama / rekan kerja di tempat kerja baru

Artikel terkait

Tugas-tugas dan tanggung jawab quality control di perusahaan, industri, pabrik
4/ 5
Oleh

Leave your comment