Sunday, September 1, 2019

Mengapa banyak orang yang jadi otaku dan wibu ?

Apa alasan yang menyebabkan seseorang sampai menjadi wibu dan otaku ?. Mengapa mereka kok tiba-tiba bisa menjadi seorang wibu dan otaku ?. Kira-kira apa penyebabnya ya ? 🤔. Nah, kali ini kita akan menjawab kesemua pertanyaan yang disebutkan tadi.

Mengapa banyak orang yang jadi otaku dan wibu ?

Pada dasarnya seseorang yang menjadi wibu dan otaku, tidak langsung menjadi seperti demikian sedari lahir. Karena pastinya ada sebab atau alasan yang membuat mereka berubah menjadi seperti demikian. Diantara penyebab yang melatarbelakangi seseorang untuk berubah menjadi otaku dan wibu adalah seperti ini.

# Mengapa banyak orang yang jadi otaku dan wibu ?

1. Tontonan televisi di waktu kecil

Di era tahun 90an dan 2000an, banyak sekali acara anime dan kartun yang ditayangkan diberbagai stasiun televisi di indonesia. Sebagai contoh misalnya ada inuyasha, detective conan, ninja hatori, lets & go (tamiya), captain tsubasa, dan masih banyak yang lainnya.

Hal inilah salah satu dari sekian banyak faktor yang membuat seseorang menjadi wibu dan otaku. Karena sudah terpengaruh oleh tontonan anime sejak dini.



2. Pengaruh orang tua

Nah seperti apa yang tersebut diatas, dari tontonan sejak dini inilah. Maka kedepannya, di masa sekarang banyak sekali generasi wibu yang terlahir. Dari bapak-ibu yang lahir di tahun 90an, dan kemudian mereka memiliki anak. Tak khayal nantinya kesukaan si bapak dan ibu mengenai anime akan diwariskan di anaknya. Misalnya diajak nobar bareng di nekopoi 😂, kidding mank. Maksudnya diajak nonton film anime kesukaan, semisal seperti naruto dan one piece. Nah begitulah asal muasal banyaknya populasi wibu dan otaku di indonesia. Karena mereka mendapatkan pengaruh atau gen wibu dari bapak dan emaknya 😂.

3. Pengaruh lingkungan

Lingkungan pergaulan, misalnya di sekolah atau di tempat main. Misalnya seperti di tempat nongkrong, di warnet dan sejenisnya. Jika hal ini, didalamnya banyak anak yang suka nonton anime dan juga ngewibu. Otomatis hobi kebanyakan orang tersebut akan tertular kepada orang awam yang sama sekali tidak mengenal dunia anime dan perwibuan.

Dari sini, dari pengaruh lingkungan, dari ajakan teman untuk nonton anime bareng dan sejenisnya. Maka generasi otaku dan wibu juga ikut terlahir.


4. Ketidaksengajaan

Banyaknya meme yang beredar di media sosial, maupun banyaknya foto profil kartun yang dipakai oleh para wibu. Nah, dari sini akan memicu rasa keingintahuan orang awam untuk menjelajahi dunia anime yang terasa baru baginya. Apalagi jika foto profil anime yang dipakai oleh para wibu cukup buka-bukaan. Nah, tentunya orang awam, netizen yang masih bayi juga lama-lama akan terjerumus kedalam dunia perwibuan.

5. Karena keadaan

Karena keadaan yang memaksa, misalnya jika anda ingin tenar, ingin diakui teman, ingin dapat uang, dan sebagainya. Maka bisa saja ada orang yang seperti ini nantinya menjadi wibu dan otaku. Misalnya seperti para youtuber, pemilik situs download anime dan sebangsanya. Mereka meamanfaatkan momen dan ketenaran anime untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Namun, eh ternyata mereka kebablasan sehingga menjadi wibu dan otaku akut.

Begitulah kira-kira 5 faktor penyebab yang seringkali membuat orang awam menjadi wibu dan otaku.

# Baca juga :

Kepribadian seorang otaku - sifat dan sikap para otaku
Potret kehidupan sehari-hari para wibu dan otaku zaman now
7 Ciri-ciri wibu menurut para netizen dan orang awam
Apa itu pengertian dan perbedaan antara wibu dan otaku, dan mana yang lebih baik di antara keduanya ?

Artikel terkait

Mengapa banyak orang yang jadi otaku dan wibu ?
4/ 5
Oleh

Leave your comment