Thursday, August 22, 2019

Potret kehidupan sehari-hari para wibu dan otaku zaman now

Tiap hari, tambah tahun kelihatanya populasi dari klan wibu dan otaku ini semakin meningkat saja. Terutama dikalangan anak-anak dan remaja, saya temui diberbagai grup anime dan otaku yang ada di media sosial. Terutama di facebook, kebanyakan didominasi oleh anak-anak sd dan smp di bawah usia 16 tahun. Dan mirisnya berbagai anime yang dibahas disana menuju ke arah anime yang ada nuansa kucing-kucingannya 😂, alias hentong gan. Miris lah pokoknya, generasi bangsa tambah hari semakin parah saja rusaknya.

Yup, kembali ke topik utama kita kali ini. Jadi pada dasarnya keseharian dan kehidupan para wibu dan otaku anime ini setiap tahun selalu saja memiliki perbedaan dan perubahan. Sebagai contoh misalnya, para wibu di zaman old atau jaman dahulu. Mereka seringkali menikmati berbagai acara anime shounen, dll yang membangkitkan semangat. Sebut saja contohnya seperti anime lets and go / tamiya, beyblade, dragon ball z, hunter x hunter, dll. Namun, wibu di zaman sekarang cenderung sudah ngak beres otaknya. Isinya ngeres semua, kalau ngak anime e(h!! Ya hentong yang dibahas.

Langsung saja berikut beberapa kegiatan atau aktivitas yang wibu dan otaku anime lakukan di kesehariannya.

# Kelakuan sehari-hari para wibu dan otaku abad 21

Potret kehidupan sehari-hari para wibu dan otaku zaman now

1. Tiap hari selalu nonton anime, baca manga, dan baca novel

Yup, banyak wibu dan otaku yang sudah kecanduan dengan ketiga hal ini. Yakni yang pertama adala anime, yang kedua adalah manga, dan ketiga adalah novel. Semisal seperti webnovel dan lightnovel isekai.

Para otaku dan wibu sudah tidak bisa lepas lagi dari salah satu diantara ketiga hal yang tersebut diatas. Otomotis, dengan ini maka para wibu, setiap hari pasti melakukan salah satu hal tersebut. Atau mungkin melakukan semuanya ?.

Sebagai contoh misalnya seperti nonton anime maraton berepisode dan berseason-season, sampai misalnya 25 jam sehari semalam nonstop 😂. Dan seterusnya . ..

Potret kehidupan sehari-hari para wibu dan otaku zaman now

2. Tiap hari selalu online

Yang kedua, tentunya para otaku dan wibu sudah tidak bisa lagi terlepas dari yang namanya dunia maya, atau dunia internet. Mereka di kesehariannya selalu saja aktif online. Terutama sering nongkrong di berbagai komunitas wibu dan otaku yang ada di media sosial. Baik itu misalnya di facebook, wa (whatsapp), line, dan berbagai forum online lainnya.



Mereka paling tidak setiap waktu pasti sibuk scroll-scroll halaman fb, guna untuk membaca berbagai update dan postingan terbaru yang ada di berbagai grup otaku anime yang ada.

Potret kehidupan sehari-hari para wibu dan otaku zaman now

3. Tidak bisa lepas dari depan layar kaca

Yang ketiga, para otaku dan wibu ini sudah tidak bisa lagi lepas dari yang namanya tv, laptop, hp, smartphone dan segala hal yang ada layar kacanya 😂. Anggap saja di keseharian para wibu dan otaku anime ini. Mereka selalu aktif untuk nonton anime, aktif di medsos, main game bernuansa jejepangan. Macam game idol dan lagu-laguan, seperti bang dream, love live, honkai impact, toram, dll. Intinya segala aktivitasnya kebanyakan berada di depan layar lah.

Potret kehidupan sehari-hari para wibu dan otaku zaman now

4. Ngenolep dan bangga dengannya

Banyak para wibu yang ngenolep, jadi neet, jadi hikikomori, mengurung diri di rumah, di kamar, dan menjauh dari pergaulan yang ada hanya demi menikmati hobi dan kesendiriannya. Terutama didalam hobi yang ada hubungannya dengan jejepangan. Didalam ini termasuk yang namanya anime, manga, game, tokusatsu, drama jepang, dan sebagainya.

Ada diantara mereka yang berbangga dengan kondisi ini. Dan merasa diri mereka mirip dengan beberapa karakter utama atau mc yang ada di dalam anime. Mereka adalah mc yang katanya gue banget, cool, keren dan sebagainya.

Namun, banyak juga sih yang menyesal dan ingin segera keluar dari zona nyaman / cangkangnya. Sehingga banyak kita temui para wibu otaku nolep yang kebanyakan selalu aktif di dunia maya. Garang dan berani di media sosial, dan berbanding terbalik dengan keadaan sebenarnya di dunia nyata.

Misalnya di medsos orangnya aktif, suka bercanda, dll. Padahal aslinya sadboy, kesepian, dan sering galau dengan kehidupannya 😭. Ada juga yang ngebarbar di medsos, hanya untuk menghibur hatinya yang lelah dan sepi. Jadinya harap maklum banyak wibu yang kadang ngetoxic di media sosial.

Potret kehidupan sehari-hari para wibu dan otaku zaman now

5. Sering mengkhayal dan ngechuunibyo

Banyak wibu dan otaku segala usia yang sering mengkhayalkan hidupnya dan berandai-andai yang kiranya jauh sekali dari harapan dan kenyataan yang ada. Biasanya mereka sering mengkhayal untuk :

- Punya pacar, istri, suami, cewek / cowok yang asalnya dari jepang.
- Punya adik yang imut bin kawaii yang suka ngomel baka-baka.
- Punya kakak perempuan yang cantik dan sedikit omes.
- Punya emak / ibu yang cantik mirip karakter nn!|f.
- Bisa masuk kedunia anime.
- Ingin waifu / husbunya hidup di dunia nyata.
- Ingin jadi raja harem.
- Ingin punya kekuatan super ala mc anime.
- Ingin masuk ke isekai.
- dll

Pokoknya begitulah beberapa khayalan yang sering diimpikan oleh para wibu dan otaku anime di luar sana. Dan banyak dari mereka yang sering berbagi pengalaman khayalannya tersebut di komunitas, grup, dan forum otaku wibu di media sosial yang ada.

Potret kehidupan sehari-hari para wibu dan otaku zaman now

6. Melakukan banyak hal yang sama setiap saat di berbagai media sosial yang ada

Yup, sekali lagi para wibu dan otaku anime ini seringkali melakukan berbahai hal yang sama di kesemua media sosial yang ada. Baik itu di facebook, di wa, di twitter, di forum anime lain. Mereka ini seringkali melakukan kebiasaan yang sama. Diantara kebiasaan-kebiasaan para wibu ini misalnya adalah :

- Suka membanding-bandingkan kekuatan karakter anime

Banyak orang yang mengaku wibu, ketika di medsos seringkali mereka mendebat hal yang tidak terlalu berguna. Salah satunya ya mengenai karakter anime mana yang paling kuat dan hebat. Misalnya yang paling sering didebat adalah seperti :

+ Saitama vs Goku
+ Sakura vs Hinata
+ Rimuru 2hand vs mc anime isekai lainnya
+ Lord kazuma vs Lord subaru

Dan masih banyak yang lainnya.


- Perang waifu di medsos

Siapa yang tidak kenal dengan chitoge dan onodera, atau mungkin juga diantara rem dan emilia ?. Dan banyak lagi yang semisalnya. Para wibu ini selalu saja mendebat waifu mana yang paling baik di setiap musimnya. Dan bahkan sampai-sampai mereka bertengkar hebat, dan terbagi menjadi berkubu-kubu hanya gara-gara membela waifu 2dnya tersebut.

- Banyak protes dan berkata ampas

Modal nonton anime bajakan, baca manga di situs yang tidak resmi, baca novel terjemahan dan tidak beli lagi. Nah begitulah adanya, Dan banyak diantara para wibu ini yang seringkali berkata ampas di setiap postingan mengenai anime yang sedang dibahas orang.

Entah apa tujuannya, kalau memang animenya ampas sih boleh-boleh saja. Tapi kalau tujuannya sekedar ngebait, kan jadi bikin kisruh suasana gan. 😂

- What anime ?

Setiap ada orang yang memposting gambar karakter atau scene anime di media sosial. Di saat itu juga banyak orang yang bertanya what anime ?, Anime apaan ?, Episode berapa ?, Dan sebagainya.

Jikalau keinginan mereka tidak dikabulkan, otomatis auto report berjamaah. Terutama hal ini terkait dengan berbagai anime yang di rasa dapat mempersatukan para wibu dan otaku ini. Anime pemersatu ini tentunya masih berada di jalan setan ya gan 😂. Tidak ada link auto report, ngak ngasih kode nuklir auto hangus.

Nah, kalau anda bertanya apa itu arti kode nuklir yang di maksud para wibu dan otaku anime. Saya ngak mau ngasih tahu karena berbahaya ya.

Potret kehidupan sehari-hari para wibu dan otaku zaman now

- Ngaku-ngaku wibu zaman old

Banyak anak kemarin sore yang lahirnya tahun 2000an, baru mengenal anime di sekitar tahun 2014an. Eh, sudah ngaku-ngaku jadi wibu zaman old. Mereka seeingkali berpura-pura mengangkat topik anime legendaris semisal seperti ninja hatori, kapten tsubasa, doraemon, death note, dragon ball, sinchan, dll.

Padahal sebenarnya banyak anime jadul yang keluar di tv indo pada tahun 90an-2010 an yang cukup legendaris. Semisal seperti inuyasha, samurai x, hunter x hunter, kekaishi, saint seiya, kinikuman, chibi marukochan, hamtaro, lets and go, bakugan, blue dragon, fairy tail, gintama, cyborg kurochan, dll yang mereka sama sekali ngak tahu eksistensinya.

- Menyarankan anime yang ngak bener

Ketika ada wibu otaku yang noob bertanya mengenai rekomendasi anime apa yang kiranya menarik. Misalnya ada orang yang minta rekomendasi anime komedi, slice of life, romance, dll. Atau juga minta rekomendasi anime genre lain semisal shounen, shoujo, dll. Pasti ujung-ujungnya yang disarankan adalah anime BNP. Anime paling cursed di seluruh dunia gan.

- Ribut bahas scene battle anime yang paling epic

Nah ini salah satu penyakit wibu jaman now. Di setiap grup anime di media sosial. Saya temui selalu saja ada orang yang posting dan membandingkan mengenai scene pertarungan, atau scene paling epic yang ada di anime.

Misalnya mereka selalu membanggakan scene pertarungan di anime demon slayer / kimetsu no yaiba. Naruto vs pain, madara vs aliansi ninja, kirito vs heathcliff, dan sebagainya.

Intinya pada ribut sendirilah. Ribut masalah sepele megenai scene anime mana yang memiliki momen paline epic. Terutama didalam scene anime pertarungan dan shounen.

- Pura-pura Minta foto dan gambar anime

Banyak kita temui berbagai postingan di media sosial yang di posting oleh para otaku dan wibu ini. Yang intinya mereka mengemis meminta foto dan gambar karakter anime yang imut, kawai, gambar cosplayer, dll. Dan kebanyakan diantaranya cuma pura-pura semata. Dan tujuan dari mereka cuma nyari bahan buat b@c0|_ saja. Ujung-ujungnya pasti minta link dan kode nuklir.

Dah cukup sekian dulu gan, jadi panjang kalau diterusin. Intinya banyak hal absurd, ngak jelas dan aneh yang dilakukan oleh para wibu ini. Terutama buat wibu dan otaku yang akut. Pastinya makin parah juga keanehan mereka, misalnya seperti ngoleksi action figure yang harganya berjuta-juta. Tiduran sambil meluk bantal dakimakura bergambar waifu / husbu. Ngidol, ngevent, pakai masker kalau keluar rumah, dll. Banyak lah pokoknya .. ..

# Baca juga :

Arti & Ciri-ciri anak Animers / Anime lovers
Ini dia 5 Cara mengatasi nolep / no life dengan cepat dan mudah
5 Kelebihan dan manfaat menjadi seorang otaku
19 Fakta anak anime, animers, wibu, otaku dan sejenisnya

Artikel terkait

Potret kehidupan sehari-hari para wibu dan otaku zaman now
4/ 5
Oleh

Leave your comment